Resep Nasi tumpeng rice cooker Lezat

Nasi tumpeng rice cooker. Nasi tumpeng is a traditional Indonesian rice dish usually seen at festive occasions like wedding, birthday party or any important celebrations. Pasti menu yang satu ini suka buat sahabat puan malas nih untuk masaknya! Tapi tenang aja, Hari ini saya mau bagi dan Share menu NASI KUNING yang., Nasi tumpeng ialah makanan khas Indonesia, dan pada dasarnya sama seperti makanan Indonesia lainnya yang memiliki banyak sekali ragam. Meski telah ada bermacam-macam macam jenis, pada dasarnya nasi tumpeng ialah nasi yang ditumpeng yang kemudian ditambahi dengan bermacam-macam bumbu untuk kenikmatan yang lebih lagi.

Selain itu, masing-masing resep mempunyai ciri khas tersendiri. Anda dapat kok mencoba satu atau mungkin seluruh variasi nasi tumpeng yang ada. Bahan-bahannya juga gampang didapat. Berikut ini ialah salah satu resep nasi tumpeng yang dapat kau coba lho.

Nasi tumpeng rice cooker I have tried with rice cooker and it worked as well. Langkah membuat tumpeng nasi kuning rice cooker ini bisa dilihat lebih detail di YouTube Mainingroom TV ya Sobat Pemburu Resep. Nasi Tumpeng is a cone-shaped Indonesian rice dish with side dishes (vegetables and meat). Nah, rupanya memasak Nasi tumpeng rice cooker sederhana melainkan dengan 21 dan 5 langkah mudah, dengan rasa istimewa rasa resto bisa Anda lakukan di rumah. Seperti apa resepnya?

Bahan yang Digunakan untuk Membuat Nasi tumpeng rice cooker

Sekiranya membahas nasi tumpeng, umumnya akan segera terbayang dengan nasi yang berwarna gelap kecoklatan. Tapi hakekatnya ada macam nasi tumpeng yang berwarna terang sebab tidak menggunakan kecap. Nasi tumpeng ini disebut dengan nasi tumpeng oriental. Jikalau Anda penikmat makanan gurih, Anda seharusnya mencoba sajian yang satu ini.

Bumbu-bumbu yang dibutuhkan diantaranya ialah minyak wijen, saos tiram, serta kecap inggris. Sebagai isiannya, Anda dapat menambahkan udang kupas, bakso ikan, dan telur ayam. Atau juga bisa memakai daging ayam, sosis, dan otak-otak tumpeng, serta sayuran seperti wortel, kacang polong, dan jagung pipil. Kecuali menyehatkan, tampilan nasi tumpeng ini pun akan jadi lebih menarik.

  1. Anda butuh dari Bahan :.
  2. Yang dibutuhkan 1 liter dari beras.
  3. Yang dibutuhkan 3 bungkus kecil dari santan instan (sy pake kara).
  4. Persiapan dari Bumbu :.
  5. Yang dibutuhkan 4 lembar dari daun salam.
  6. Persiapan 3 batang dari serai (geprek simpulkan).
  7. Yang dibutuhkan 1 lembar dari daun pandan (simpulkan).
  8. Yang dibutuhkan 2 ruas jari dari lengkoas(geprek).
  9. Persiapan dari Bumbu (yang di haluskan) :.
  10. Persiapan 4 buah dari cabe merah.
  11. Persiapan 3 siung dari bawang putih.
  12. Persiapan 5 siung dari bawang merah.
  13. Anda butuh 1 bungkus dari merica bubuk.
  14. Anda butuh 2 bungkus dari ketumbar bubuk.
  15. Yang dibutuhkan 6 butir dari kemiri (ude di goreng).
  16. Anda butuh secukupnya dari Garam.
  17. Persiapan secukupnya dari Gula.
  18. Anda butuh secukupnya dari Penyedap rasa.
  19. Anda butuh 4 ruas dari kunyit.
  20. Anda butuh dari Air secukupnya biasa kita masak nasi d rice cooker.
  21. Yang dibutuhkan dari Minyak goreng untuk menumis bumbu.

Traditionally featured in selamatan ceremonies of Java, Bali and Madura. Sebentar lagi si kakak ulang tahun tapi masih bingung mau masak apa? Di Indonesia, keberadaan nasi tumpeng identik dengan berbagai acara penting. Sebenarnya gak juga lho, coba deh ikuti resep bikin nasi tumpeng dan cara membuatnya dengan mudah dan enak seperti di bawah ini!

Cara Membuat Nasi tumpeng rice cooker

  1. Cuci beras sampai bersih.Kasi air sampai terendam.sisihkan.
  2. Tumis bumbu halus sampe harum tambahkan bumbu2 yg laennya daun salam,lengkoas,serai,daun pandan aduk2 kasi air secukupnya kita masak nasi masukan garam,gula,penyedap rasa,setelah mendidih kasi santan.cek rasa.sisihkan.
  3. Beras yang di rendem tadi buang air rendamannya.saring kuah yang d masak tadi lalu tuang ke beras.masak sampai matang.
  4. Setelah matang.biarin aja dlu d rice cooker tunggu 20 menit agar kadar air berkurang..
  5. Keluarkan nasi kreasiin sendiri suka2 ati ya…selesai.mudah kan??selamat mencoba.

Ketika sudah dimasukkan ke dalam rice cooker, masukkan bumbu halus. Penanak nasi (rice cooker) adalah pilihan yang mudah dan efektif digunakan untuk memasak nasi. Saat ini, ada banyak penanak nasi yang dilengkapi fitur penghangat sehingga tetap bisa menjaga nasi tetap hangat setelah matang. Anda tidak perlu mengawasi penanak nasi setiap saat hingga nasi. Sedangkan kalau menggunakan rice cooker nasi liwet ini gak akan ada kerak nasinya huhuhu.

Sebaiknya kita mengaplikasikan nasi yang kering untuk membuat nasi tumpeng. Maksud dari nasi kering ialah nasi yang suadah di masak sehari sebelumnya,sehingga nasi hal yang demikian mempunyai tekstur lebih keringdan mudah di masak. Dan dapat di taruh di dalam lemari es atau kulkas selama beberapa jam gar tekstur nasi hal yang demikian kenyal.

Sebaiknya pakai wajan yang lebih lebar pada ketika memsak nasi tumpeng. Ini bertujuan agar segala bahan atau komposisi nasi tumpeng bisa tercampur total. Wajan yang lebar tersebut bertujuan untuk mencegah nasi tumpeng dan isinya berhamburan keluar dikala di aduk.

Dan pakai api besar pada ketika detik Anda berharap mengakhiri memasak nasi tumpeng. Jika semua bumbu sudah tercampur dengan nasi,baru api dapat di besarkan dengan memakai kompor yang bertekanan tinggi, dan nasi di aduk dengan kencang hingga hmapir gosong. Dengan pertAnda telah mulai keluar asap dan wewangian bumbu semakin tercium.

Karena tersebut bertujuan agar nasi tumpeng restaurant rasanya lebih enak dan membuat ketagihan, wangi-wangian dari nasi tumpeng hal yang demikian amat berbeda dengan nasi tumpeng lainnya yang di masak dengan kompor rumah. Teknik hampir gosong ini sulit di lakukan bagi Anda, yang sebelumnya belum terbiasa memasak nasi tumpeng dengan teknik hal yang demikian. Bebauan, jikalau sedikit saja terlambat, maka nasi tumpeng akan over cook dan tak sedap untuk di makan.

Satu hal yang perlu di ingat, bahwa nasi tumpeng restaurant terasa lebih enak, sebab bebauannya yang benar-benar khas. Temperatur tersebut di hasilkan dari temperatur yang benar-benar panas oleh api dikala pemasakan. Yang tinggi mempunyai tujuan untuk mencegah nasi supaya tidak menempel pada wajan dan juga membuat nasi menjadi kering.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *