Cara Membuat Tumpeng Mini Nasi Uduk Pandan Mantab

Tumpeng Mini Nasi Uduk Pandan. Paper Bag Nasi Kotak / Tumpeng Mini. Ingin tahu satu resep nasi tumpeng mini yang lezat? Ayo, kita simak resepnya berikut ini!, Nasi tumpeng yaitu makanan khas Indonesia, dan pada dasarnya sama seperti makanan Indonesia lainnya yang memiliki banyak sekali variasi. Meskipun telah ada beragam jenis ragam, pada dasarnya nasi tumpeng ialah nasi yang ditumpeng yang kemudian ditambahi dengan berbagai bumbu untuk kenikmatan yang lebih lagi.

Kecuali itu, masing-masing resep memiliki ciri khas tersendiri. Kau dapat kok mencoba satu atau mungkin segala tipe nasi tumpeng yang ada. Bahan-bahannya juga gampang didapat. Berikut ini yakni salah satu resep nasi tumpeng yang dapat kau coba lho.

Tumpeng Mini Nasi Uduk Pandan Selain tumpeng mini, kami menyediakan teman-teman kecil lainnya yang membuat acara anda menjadi sangat spesial. Kami menyediakan Tumpeng Mini, Tumpeng Besar, Nasi Box, Nasi kotak, Nasi Jenggo hingga Prasmanan. Cari produk Nasi Tumpeng lainnya di Tokopedia. Nah, rupanya memasak Tumpeng Mini Nasi Uduk Pandan sederhana melainkan dengan 50 dan 11 langkah mudah, dengan rasa istimewa rasa kafe bisa kau lakukan di rumah. Seperti apa resepnya?

Bahan yang Digunakan untuk Memasak Tumpeng Mini Nasi Uduk Pandan

Sekiranya membahas nasi tumpeng, biasanya akan seketika terbayang dengan nasi yang berwarna gelap kecoklatan. Melainkan hakekatnya ada macam nasi tumpeng yang berwarna jelas karena tak memakai kecap. Nasi tumpeng ini disebut dengan nasi tumpeng oriental. Apabila Anda penikmat makanan gurih, Anda mesti mencoba sajian yang satu ini.

Bumbu-bumbu yang dibutuhkan diantaranya yaitu minyak wijen, saos tiram, serta kecap inggris. Sebagai isiannya, Anda bisa menambahkan udang kupas, bakso ikan, dan telur ayam. Atau juga dapat menggunakan daging ayam, sosis, dan otak-otak tumpeng, serta sayuran seperti wortel, kacang polong, dan jagung pipil. Selain menyehatkan, tampilan nasi tumpeng ini bahkan akan jadi lebih menarik.

  1. Yang dibutuhkan dari Nasi Uduk Pandan:.
  2. Anda butuh 500 gram dari beras.
  3. Yang dibutuhkan 150 ml dari sari daun pandan.
  4. Yang dibutuhkan 400 ml dari santan encer.
  5. Persiapan 1 lembar dari daun pandan, ikat simpul.
  6. Anda butuh 3 lembar dari daun jeruk purut.
  7. Persiapan 3 lembar dari daun salam.
  8. Anda butuh 1 batang dari serai, geprek.
  9. Yang dibutuhkan Secukupnya dari garam halus.
  10. Yang dibutuhkan dari Bihun Goreng:.
  11. Yang dibutuhkan 1 keping dari bihun jagung.
  12. Persiapan 2 siung dari bawang putih, haluskan.
  13. Anda butuh 1 buah dari wortel kecil, potong korek api.
  14. Persiapan 1 batang dari daun bawang, cincang.
  15. Persiapan 50 ml dari air bersih.
  16. Yang dibutuhkan Secukupnya dari garam halus, merica bubuk, gula pasir & kaldu jamur.
  17. Yang dibutuhkan dari Sambal Goreng Kentang Pete:.
  18. Yang dibutuhkan 3 buah dari kentang uk.besar, potong dadu & goreng 1/2 kering.
  19. Yang dibutuhkan 1 papan dari pete.
  20. Yang dibutuhkan 100 ml dari air bersih.
  21. Anda butuh Secukupnya dari garam halus, merica bubuk, gula pasir & kaldu jamur.
  22. Persiapan dari 🌿 Bumbu Halus:.
  23. Anda butuh 6 butir dari bawang merah.
  24. Persiapan 3 siung dari bawang putih.
  25. Anda butuh 2 buah dari cabe merah besar.
  26. Persiapan 3 buah dari cabe rawit.
  27. Anda butuh 2 butir dari kemiri.
  28. Yang dibutuhkan dari 🌿 Bumbu Cemplung:.
  29. Yang dibutuhkan 1 lembar dari daun salam.
  30. Anda butuh 2 lembar dari daun jeruk purut.
  31. Anda butuh 1 batang dari serai, geprek.
  32. Yang dibutuhkan 1 ruas jari dari lengkuas, geprek.
  33. Yang dibutuhkan dari Telur Dadar:.
  34. Yang dibutuhkan 2 butir dari telur ayam.
  35. Persiapan 1 siung dari bawang putih, haluskan.
  36. Yang dibutuhkan 1 batang dari daun bawang, cincang.
  37. Anda butuh Secukupnya dari garam halus, merica bubuk & kaldu jamur.
  38. Persiapan dari Orek Tempe:.
  39. Yang dibutuhkan 2 papan dari tempe uk.kecil, potong kecil2 & goreng 1/2 kering.
  40. Persiapan 1 buah dari cabe merah besar, iris serong tipis.
  41. Anda butuh 100 ml dari air bersih.
  42. Yang dibutuhkan Secukupnya dari garam halus, merica bubuk, gula pasir & kaldu jamur.
  43. Persiapan dari 🌿 Bumbu halus:.
  44. Yang dibutuhkan 6 butir dari bawang merah.
  45. Persiapan 3 siung dari bawang putih.
  46. Yang dibutuhkan 2 buah dari cabe merah besar.
  47. Anda butuh 1/2 buah dari tomat merah uk.sedang.
  48. Anda butuh 3 buah dari cabe rawit.
  49. Yang dibutuhkan 1 butir dari kemiri.
  50. Anda butuh 1/4 sdt dari ketumbar bubuk.

Jual beli online aman dan nyaman hanya di Tokopedia. Learn how to make nasi tumpeng mini made with aromatic turmeric rice. Can be cooked in rice cooker, stove, and instant pot. Nasi tumpeng is a traditional Indonesian rice dish usually seen at festive occasions like wedding, birthday party or any important celebrations.

Cara Membuat Tumpeng Mini Nasi Uduk Pandan

  1. NASI UDUK PANDAN: Beras dicuci bersih, pindahkan ke panci, tuangi sari daun pandan + santan, tambahkan garam halus, daun pandan, daun salam, daun jeruk purut & serai, aduk rata. Koreksi rasa, jika sudah pas, nyalakan api sedang cenderung kecil. Aron beras hingga santan menyusut. Sambil sesekali diaduk agar tidak gosong. Matikan api..
  2. Panaskan dandang pengukus. Jika sudah beruap. Masukkan nasi aron, buat lubang di tengah-tengah nasi & kukus -+ 35 menit. Angkat & matikan api..
  3. BIHUN GORENG: Seduh bihun dengan air panas hingga mengembang, tiriskan. Tumis bawang putih dengan secukupnya minyak goreng hingga harum. (maaf ngga ada poto nya mama' lupa cekrek 😂)..
  4. Masukkan wortel, tuangi air & bumbui garam halus, merica bubuk, gula pasir & kaldu jamur. Masak hingga wortel setengah matang. Masukkan bihun & daun bawang, aduk rata. Koreksi rasa. Jika sudah pas. Matikan api..
  5. SAMBAL GORENG KENTANG PETE: tumis bumbu halus dengan secukupnya minyak goreng hingga harum. Masukkan bumbu cemplung, tumis lagi hingga bumbu matang..
  6. Tuangi air, bumbui garam halus, merica bubuk, gula pasir & kaldu jamur. Didihkan. Masukkan kentang & pete, aduk rata. Masak hingga menyusut. Jangan lupa koreksi rasa. Jika sudah pas. Matikan api..
  7. TELUR DADAR: Kocok semua bahan hingga rata. Panaskan sedikit minyak pada wajan teflon. Lalu tuang satu sendok sayur, ratakan. Balik agar matang merata, lalu gulung & potong-potong..
  8. OREK TEMPE: tumis bumbu halus dengan secukupnya minyak goreng hingga matang. Tuangi air, bumbui garam halus, merica bubuk, gula pasir & kaldu jamur, aduk rata & didihkan..
  9. Masukkan tempe + irisan cabe merah besar, aduk rata. Masak hingga menyusut. Koreksi rasa. Jika sudah pas. Matikan api..
  10. Penyelesaian: siapkan piring, cetak Nasi Uduk Pandan & siap disajikan dengan lauk-lauk pendampingnya..
  11. Yuk mari makan 😄…

Masukkan nasi ke dalam panci pengukus. Kukus nasi hingga benar-benar matang atau tanak. Nasi uduk komplet khas Betawi. pegipegi.com. Tumpeng mini kini hadir di tengah masyarakat yang ingin mengubah citra makanan untuk hantaran dan bekal yang bisa dibawa pulang setelah menghadiri suatu acara. Tumpeng mini sangat cocok untuk berbagai macam acara, seperti ulang tahun, lamaran, pernikahan.

Sebaiknya kita menerapkan nasi yang kering untuk membuat nasi tumpeng. Maksud dari nasi kering merupakan nasi yang suadah di masak sehari sebelumnya,sehingga nasi hal yang demikian memiliki tekstur lebih keringdan gampang di masak. Dan dapat di taruh di dalam lemari es atau kulkas selama beberapa jam gar tekstur nasi tersebut kenyal.

Sebaiknya pakai wajan yang lebih lebar pada dikala memsak nasi tumpeng. Ini bertujuan supaya semua bahan atau komposisi nasi tumpeng bisa tercampur sempurna. Wajan yang lebar hal yang demikian bertujuan untuk mencegah nasi tumpeng dan isinya berhamburan keluar saat di aduk.

Dan pakai api besar pada dikala detik Anda berkeinginan mengakhiri memasak nasi tumpeng. Jikalau semua bumbu telah tercampur dengan nasi,baru api dapat di besarkan dengan memakai kompor yang bertekanan tinggi, dan nasi di aduk dengan pesat hingga hmapir gosong. Dengan pedoman telah mulai keluar asap dan bebauan bumbu semakin tercium.

Sebab hal yang demikian bertujuan agar nasi tumpeng restaurant rasanya lebih nikmat dan membikin ketagihan, aroma dari nasi tumpeng tersebut benar-benar berbeda dengan nasi tumpeng lainnya yang di masak dengan kompor rumah. Teknik hampir gosong ini sulit di lakukan bagi Anda, yang sebelumnya belum terbiasa memasak nasi tumpeng dengan teknik hal yang demikian. Aroma, jika sedikit saja telat, maka nasi tumpeng akan over cook dan tidak nikmat untuk di makan.

Satu hal yang perlu di ingat, bahwa nasi tumpeng restaurant terasa lebih nikmat, sebab wewangiannya yang betul-betul khas. Temperatur hal yang demikian di hasilkan dari temperatur yang benar-benar panas oleh api dikala pemasakan. Yang tinggi mempunyai tujuan untuk mencegah nasi supaya tak merekat pada wajan dan juga membuat nasi menjadi kering.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *