Tutorial Membuat Nasi Tumpeng beras plus ketan wangi dan pulen Lezat

Nasi Tumpeng beras plus ketan wangi dan pulen. Resep Nasi Kuning untuk Nasi Tumpeng, Wangi, Pulen dan Bikin Tambah Terus! Hallo Youtube, hari ini Ibu Endang membuat TUMPENG dengan bahan BERAS KETAN untuk resep dan cara membuatnya ada di dalam video yah. Dan rasanya ga diragukan lagi sih, nasinya pulen, gurihnya pas, wangi rempahnya juga ga berlebihan., Nasi tumpeng ialah makanan khas Indonesia, dan pada dasarnya sama seperti makanan Indonesia lainnya yang mempunyai banyak sekali jenis. Meski sudah ada beragam tipe tipe, pada dasarnya nasi tumpeng ialah nasi yang ditumpeng yang kemudian ditambahi dengan beragam bumbu untuk kenikmatan yang lebih lagi.

Kecuali itu, masing-masing resep mempunyai ciri khas tersendiri. Kau bisa kok mencoba satu atau mungkin semua ragam nasi tumpeng yang ada. Bahan-bahannya juga gampang didapatkan. Berikut ini yakni salah satu resep nasi tumpeng yang dapat kau coba lho.

Nasi Tumpeng beras plus ketan wangi dan pulen Sambil menunggu nasi yang sedang dikukus, Anda dapat campurkan santan dan kunyit. Sebenarnya, resep nasi tumpeng dengan resep nasi kuning itu sama. Yang membuat perbedaan adalah bentuk akhirnya. Nah, terbukti memasak Nasi Tumpeng beras plus ketan wangi dan pulen sederhana tapi dengan 10 dan 6 langkah mudah, dengan rasa istimewa rasa restoran dapat Anda lakukan di rumah. Seperti apa resepnya?

Bahan yang Diperlukan untuk Memasak Nasi Tumpeng beras plus ketan wangi dan pulen

Kalau membahas nasi tumpeng, lazimnya akan segera terbayang dengan nasi yang berwarna gelap kecoklatan. Namun sebenarnya ada jenis nasi tumpeng yang berwarna jelas karena tidak menerapkan kecap. Nasi tumpeng ini disebut dengan nasi tumpeng oriental. Jikalau Anda penikmat makanan gurih, Anda sepatutnya mencoba sajian yang satu ini.

Bumbu-bumbu yang dibutuhkan diantaranya ialah minyak wijen, saos tiram, serta kecap inggris. Sebagai isiannya, Anda bisa menambahkan udang kupas, bakso ikan, dan telur ayam. Atau juga bisa mengaplikasikan daging ayam, sosis, dan otak-otak tumpeng, serta sayuran seperti wortel, kacang polong, dan jagung pipil. Kecuali menyehatkan, tampilan nasi tumpeng ini malah akan jadi lebih menarik.

  1. Persiapan 3 cup dari beras.
  2. Yang dibutuhkan 1/2 cup dari beras ketan.
  3. Persiapan dari Kara (saya ga beli kelapa, males keluar lagi 😅).
  4. Anda butuh 1 ruas dari kunyit.
  5. Anda butuh 1 ruas dari lengkuas.
  6. Persiapan 2 batang dari sereh.
  7. Yang dibutuhkan 3 lembar dari daun salam.
  8. Persiapan 3 lembar dari daun jeruk.
  9. Anda butuh 1 lembar dari daun pandang.
  10. Persiapan 1/2 sdt dari perasan jeruk nipis.

Gunakan beras yang berkualitas bagus, bersih dan pulen supaya hasilnya lebih legit dan lezat. Cara membuat nasi tumpeng putih: Pertama-tama campur beras ketan dan beras biasa, kukus hingga setengah matang, kemudian masukkan kedalam panci. Cuci dulu berasnya, lalu rendam supaya bisa lebih cepat matang. Perhatikan takaran beras dan jumlah air atau santan.

Cara Membuat Nasi Tumpeng beras plus ketan wangi dan pulen

  1. Cuci beras ketan dan rendam paling sebentar 1jam (lebih baik lagi jika semalam).
  2. Cuci beras dan siapkan semua bumbu. Kunyit diparut dan nanti diambil airnya saja. Gunakan saringan ya.
  3. Kukus selama ±15menit beras+beras ketan. Pastikan dandang sudah panas. Tutup..
  4. Disebelahnya masukan kara/santan kelapa kental di penggorengan. Masukan semua bumbu tadi kecuali jeruk nipis. Ini saya contohkan proses perasan kunyit. Jangan sampe ampasnya ikut masuk. Santan harus selalu diaduk jangan sampai pecah dan harus mendidih baru matikan api..
  5. Setelah warnanya sesuai yang diinginkan, lalu masukan beras yg tadi dikukus ke dalam penggorengan. Aduk ke dalam santan. Beri garam, bila perlu penyedap dan sedikit gula pasir (gula saya skip karena ga suka manis) lalu beri air jeruk nipis agar warna tetap mengkilat dan cantik.
  6. Lalu aronan nasi dimasukan lagi ke panci kukusan. Kukus sampai matang.jadi deh…

Ketika sudah dimasukkan ke dalam rice cooker, masukkan bumbu halus. Pastikan bumbu halus cukup larut agar bisa meresap dengan rata. Cara pembuatannya nasi tumpeng ini diproses dengan dua tahapan yaitu pengukusan dan perebusan. Untuk proses perebusan atau pengaronan beras yang telah dicuci bersih, cukup dicampurkan dengan bumbu-bumbu dan santan, setelah itu baru dilakukan pengukusan agar aroma. Kalau beras putih tidak dicuci bersih, nanti nasi jadi tidak pulen dan menggumpal.

Sebaiknya kita memakai nasi yang kering untuk membuat nasi tumpeng. Maksud dari nasi kering yakni nasi yang suadah di masak sehari sebelumnya,sehingga nasi tersebut mempunyai tekstur lebih keringdan mudah di masak. Dan bisa di taruh di dalam lemari es atau kulkas selama beberapa jam gar tekstur nasi tersebut kenyal.

Sebaiknya pakai wajan yang lebih lebar pada dikala memsak nasi tumpeng. Ini bertujuan agar semua bahan atau komposisi nasi tumpeng bisa tercampur total. Wajan yang lebar hal yang demikian bertujuan untuk mencegah nasi tumpeng dan isinya berhamburan keluar saat di aduk.

Dan pakai api besar pada dikala detik Anda mau mengakhiri memasak nasi tumpeng. Sekiranya segala bumbu telah tercampur dengan nasi,baru api bisa di besarkan dengan mengaplikasikan kompor yang bertekanan tinggi, dan nasi di aduk dengan pesat sampai hmapir gosong. Dengan pertAnda sudah mulai keluar asap dan aroma bumbu kian tercium.

Sebab hal yang demikian bertujuan agar nasi tumpeng restaurant rasanya lebih enak dan membikin ketagihan, wangi-wangian dari nasi tumpeng tersebut sangat berbeda dengan nasi tumpeng lainnya yang di masak dengan kompor rumah. Teknik hampir gosong ini susah di lakukan bagi Anda, yang sebelumnya belum terbiasa memasak nasi tumpeng dengan teknik hal yang demikian. Bebauan, jikalau sedikit saja telat, maka nasi tumpeng akan over cook dan tidak enak untuk di makan.

Satu hal yang perlu di ingat, bahwa nasi tumpeng restaurant terasa lebih nikmat, karena aromanya yang sangat khas. Temperatur hal yang demikian di hasilkan dari temperatur yang sungguh-sungguh panas oleh api dikala pemasakan. Yang tinggi mempunyai tujuan untuk mencegah nasi supaya tak menempel pada wajan dan juga membuat nasi menjadi kering.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *