Resep Nasi Kuning a.k.a Yellow Rice Super

Nasi Kuning a.k.a Yellow Rice. Nasi kuning (Indonesian for: "yellow rice"), or sometimes called nasi kunyit (Indonesian for: "turmeric rice"), is an Indonesian fragrant rice dish cooked with coconut milk and turmeric, hence the name nasi kuning (yellow rice). Nasi kuning (yellow rice) is a traditional Indonesian rice dish cooked with coconut milk and turmeric that is usually eaten during special events. In Indonesia, Nasi Kuning is very famous., Nasi kuning yaitu makanan khas Indonesia, dan pada dasarnya sama seperti makanan Indonesia lainnya yang memiliki banyak sekali macam. Sedangkan sudah ada beragam tipe ragam, pada dasarnya nasi kuning yaitu nasi yang dikuning yang kemudian ditambahi dengan bermacam-macam bumbu untuk kenikmatan yang lebih lagi.

Kecuali itu, masing-masing resep mempunyai ciri khas tersendiri. Anda bisa kok mencoba satu atau mungkin seluruh tipe nasi kuning yang ada. Bahan-bahannya juga mudah diperoleh. Berikut ini yakni salah satu resep nasi kuning yang bisa Anda coba lho.

Nasi Kuning a.k.a Yellow Rice This Nasi Kuning can be translated as Indonesian Style Yellow Fragrant Rice or Festive Yellow Rice. Why is it called festive? because It's to be served at Indonesian traditional parties, such as housewarming, welcoming guest. This is also good for anniversaries. Nah, rupanya memasak Nasi Kuning a.k.a Yellow Rice sederhana tetapi dengan 9 dan 7 langkah mudah, dengan rasa istimewa rasa cafe dapat kau lakukan di rumah. Seperti apa resepnya?

Bahan yang Digunakan untuk Membuat Nasi Kuning a.k.a Yellow Rice

SeAndainya membahas nasi kuning, biasanya akan langsung terbayang dengan nasi yang berwarna gelap kecoklatan. Melainkan sesungguhnya ada ragam nasi kuning yang berwarna terang karena tidak menerapkan kecap. Nasi kuning ini disebut dengan nasi kuning oriental. Apabila Anda penikmat makanan gurih, Anda semestinya mencoba sajian yang satu ini.

Bumbu-bumbu yang diperlukan diantaranya adalah minyak wijen, saos tiram, serta kecap inggris. Sebagai isiannya, Anda bisa menambahkan udang kupas, bakso ikan, dan telur ayam. Atau juga dapat menerapkan daging ayam, sosis, dan otak-otak kuning, serta sayuran seperti wortel, kacang polong, dan jagung pipil. Kecuali menyehatkan, tampilan nasi kuning ini bahkan akan jadi lebih menarik.

  1. Anda butuh 5 cup dari beras.
  2. Persiapan dari Kunyit Basah sekitar 1 bj / sekitar 1 jari telunjuk panjangnya.
  3. Yang dibutuhkan dari Kunyit bubuk sekitar 1 sdm peres.
  4. Yang dibutuhkan dari Sere 2-3 btg, geprekkk.
  5. Yang dibutuhkan 5 lembar dari Daun Salam.
  6. Anda butuh 5-6 lembar dari Daun Jeruk.
  7. Persiapan dari Daun Pandan 3 lembar, ikat simpul.
  8. Yang dibutuhkan dari Garam sekitar 2 sdt (tdk full yaa).
  9. Yang dibutuhkan dari Santan Kara kotak 2 box yg ukuran 200 ml klo gak salah.

In my family, we have a tradition. This yellow rice or Indonesian calls 'Nasi Kuning' usually only serves for festive occasion and shaped into a cone with different sidedish. But since I live in Slovenia, I don't wait for special day to make it. Eventhough takes time for me to cook different side dishes.

Cara Membuat Nasi Kuning a.k.a Yellow Rice

  1. Cuci bersih smua bahan diatas termasuk Beras paling utama harus di cuci bersih..
  2. Blender halus kunyit basah dan kunyit bubuk tambah air sedikit saat ingin blender agar jadinya betul2 halusss..
  3. Siapkan teflon yg agak tinggi (jika ada).. masukkan beras yg sdh dicuci bersih, daun pandan, daun salam, daun jeruk, sere geprek dan kunyit yg sdh di blend halus, tambah kan santan kara 2 box.. tambah air lagi sekitar 2 box ato bisa lebih (pakai box santan kara tadi) Air nya harus sama banyak dgn beras yaa.. aduk rata agar santan nya tercampur dgn air.. tambah garam.. lalu masak diatas kompor dengan api kecil saja..
  4. Saat masih awal2 tdk perlu selalu di aduk tapiii saat air sdh menyusut hrs sering di aduk biar gak gosong ato lengket di panci. Masak hingga air nya kering..
  5. Setelah kering air nya.. pindahkan ke panci kukusan..
  6. Panci kukusan nya harus di panaskan terlebih dahulu yaa.. jadi saat sdh mau di pindahkan ke panci kukusan, air kukusan nya harus sdh mendidih lalu kukus sampe matang.. kurang lebih sekitar 30 – 45 menit. Aduk skali2 yaa.. SELESAI !!.
  7. Untuk santan kara bisa di sesuaikan selera saja yaa.. sy suka nasi kuning yg agak berasa santan nya makanya sy pakai 2 box 😃.

Heat oil in a saucepan over medium-high heat. Nasi kuning, literally "yellow rice" in Indonesian, gets its festive golden color from turmeric. As the showpiece of a major celebration such as a wedding or anniversary, the rice is molded into an inverted cone and served on a bed of banana leaves together with a grand spread of meat and vegetable. Löydä HD-arkistokuvia ja miljoonia muita rojaltivapaita arkistovalokuvia, -kuvituskuvia ja -vektoreita Shutterstockin kokoelmasta hakusanalla Nasi Kuning Yellow Rice Typical Indonesian. Tuhansia uusia ja laadukkaita kuvia joka päivä.

Sebaiknya kita menggunakan nasi yang kering untuk membikin nasi kuning. Maksud dari nasi kering yakni nasi yang suadah di masak sehari sebelumnya,sehingga nasi hal yang demikian mempunyai tekstur lebih keringdan mudah di masak. Dan dapat di taruh di dalam lemari es atau kulkas selama sebagian jam gar tekstur nasi tersebut kenyal.

Sebaiknya gunakan wajan yang lebih lebar pada dikala memsak nasi kuning. Ini bertujuan supaya segala bahan atau komposisi nasi kuning dapat tercampur sempurna. Wajan yang lebar tersebut bertujuan untuk mencegah nasi kuning dan isinya berhamburan keluar ketika di aduk.

Dan gunakan api besar pada saat detik Anda berharap mengakhiri memasak nasi kuning. SeAndainya seluruh bumbu sudah tercampur dengan nasi,baru api bisa di besarkan dengan menerapkan kompor yang bertekanan tinggi, dan nasi di aduk dengan pesat hingga hmapir gosong. Dengan tAnda sudah mulai keluar asap dan wangi-wangian bumbu semakin tercium.

Sebab tersebut bertujuan agar nasi kuning restaurant rasanya lebih sedap dan membikin ketagihan, wangi-wangian dari nasi kuning tersebut amat berbeda dengan nasi kuning lainnya yang di masak dengan kompor rumah. Teknik hampir gosong ini sulit di lakukan bagi Anda, yang sebelumnya belum terbiasa memasak nasi kuning dengan teknik hal yang demikian. Wangi-wangian, jikalau sedikit saja terlambat, karenanya nasi kuning akan over cook dan tak sedap untuk di makan.

Satu hal yang perlu di ingat, bahwa nasi kuning restaurant terasa lebih sedap, karena bebauannya yang sangat khas. Suhu tersebut di hasilkan dari suhu yang sangat panas oleh api ketika pemasakan. yang tinggi memiliki tujuan untuk mencegah nasi supaya tidak merekat pada wajan dan juga membikin nasi menjadi kering.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *