Tutorial Nasi ayam hainan rice cooker Mantab

Nasi ayam hainan rice cooker. Menu yang simpel nasi dan lauk sudah menjadi satu, cocok untuk semua anggota keluarga, bahkan sampai balita pun menyukai-nya. Resep nasi ayam hainan super simple masak pakai rice cooker. Hainanese Chicken Rice 海南鸡饭 – Pressure Cooker., nasi hainam adalah makanan khas Indonesia, dan pada dasarnya sama seperti makanan Indonesia lainnya yang mempunyai banyak sekali variasi. Walaupun telah ada bermacam tipe ragam, pada dasarnya nasi hainam yakni nasi yang ditim yang kemudian ditambahi dengan pelbagai bumbu untuk kenikmatan yang lebih lagi.

Kecuali itu, masing-masing resep memiliki ciri khas tersendiri. Anda dapat kok mencoba satu atau mungkin seluruh jenis nasi hainam yang ada. Bahan-bahannya juga gampang didapatkan. Berikut ini ialah salah satu resep nasi hainam yang bisa Anda coba lho.

Nasi ayam hainan rice cooker Rice (for chicken rice) wash rice (using a metal strainer with small holes. Pour the rice in it and run it under the water from the tap. saute garlic, shallot & ginger until aromatic. add pandan leaves In the same wok, add washed rice. mix in salt & chicken stock. mix all ingredients for few minute. Lihat juga resep Nasi hainan rice cooker enak lainnya. Nah, rupanya memasak Nasi ayam hainan rice cooker sederhana melainkan dengan 24 dan 6 langkah mudah, dengan rasa istimewa rasa cafe bisa Anda lakukan di rumah. Seperti apa resepnya?

Bahan yang Digunakan untuk Memasak Nasi ayam hainan rice cooker

SeAndainya membahas nasi hainam, biasanya akan lantas terbayang dengan nasi yang berwarna gelap kecoklatan. Tapi sebetulnya ada macam nasi hainam yang berwarna terang karena tidak menerapkan kecap. nasi hainam ini disebut dengan nasi hainam oriental. Jikalau Anda penikmat makanan gurih, Anda harus mencoba sajian yang satu ini.

Bumbu-bumbu yang diperlukan diantaranya merupakan minyak wijen, saos tiram, serta kecap inggris. Sebagai isiannya, Anda dapat menambahkan udang kupas, bakso ikan, dan telur ayam. Atau juga bisa menerapkan daging ayam, sosis, dan otak-otak tim, serta sayuran seperti wortel, kacang polong, dan jagung pipil. Selain menyehatkan, tampilan nasi hainam ini bahkan akan jadi lebih menarik.

  1. Persiapan dari Nasi.
  2. Anda butuh 3 cup dari Beras.
  3. Anda butuh 1 ruas dari Jahe geprek (2-3cm).
  4. Yang dibutuhkan 1-2 batang dari Serai.
  5. Anda butuh secukupnya dari Garam.
  6. Persiapan 3 siung dari bawang putih goreng.
  7. Persiapan Sedikit dari air rebusan ayam.
  8. Persiapan dari Ayam.
  9. Yang dibutuhkan 4 potong dari ayam kampung (saya sayap 2, dada 2).
  10. Anda butuh 2 batang dari daun bawang, bag.putih iris besar, bag.hijau iris kecil.
  11. Persiapan 1 ruas dari Jahe geprek (2-3 cm).
  12. Yang dibutuhkan 1 buah dari Bawang bombay (belah 4).
  13. Persiapan dari Garam.
  14. Persiapan dari Kaldu jamur/royco.
  15. Yang dibutuhkan secukupnya dari Lada.
  16. Anda butuh dari Air untuk merebus.
  17. Anda butuh dari Saus cocolan.
  18. Anda butuh 1 sdm dari minyak wijen.
  19. Anda butuh 4 sdm dari shoyu/kecap asin.
  20. Anda butuh 1 sdm dari kecap manis.
  21. Yang dibutuhkan 2 siung dari bawang putih goreng.
  22. Persiapan dari Pelengkap.
  23. Yang dibutuhkan Pak dari coy rebus.
  24. Persiapan dari Sambal cocolan.

Resep 'nasi hainan ricecooker' paling teruji. Resep Nasi Ayam Hainan – Jika sebelumnya saya sudah berbagi mengenai Resep Ayam Hainan yang sering disebut ayam rebus Pek Cam Ke. Baca Juga : Resep Nasi Uduk Rice Cooker Komplit Khas Betawi Super Gampang, No Ribet dan Anti Gagal. Cara membuat resep nasi ayam hainan ini.

Cara Membuat Nasi ayam hainan rice cooker

  1. Pertama buat ayam rebus dulu. Didihkan sekitar 1,5L air, masukkan ayam, jahe geprek, potongan bawang bombay, dan potongan daun bawang bagian putihnya saja. Rebus sekitar 20 menit atau sampai empuknya sesuai selera..
  2. Sambil merebus ayam kita siapkan tumisan untuk nasi hainan. Bawang putih semuanya dihaluskan. Panaskan 3 sdm minyak goreng, lalu masukkan jahe geprek. Tumis jahe sampai wanginya keluar dan sedikit berubah warna. Lalu masukkan bawang putih, goreng sampai kuning keemasan. Kalau sudah matang, sisihkan setengah bagian bawang putih goreng untuk saus cocolan..
  3. Siapkan dan cuci bersih beras seperti mau masak biasa, lalu masukkan jahe dan bawang putih yg sudah di goreng. Minyaknya ikut masuk juga gak apa. Kasih garam 1sdt atau sesuai selera. Nah untuk air masak berasnya saya pake setengah air biasa, setengah air kaldu rebusan ayam. Masukin rice cooker deh pencet cook jangan lupa🤣.
  4. Sekarang kita siapkan saus cocolan ya, campur semua bahan aja langsung ya kecap asin, kecap manis, bawang putih goreng, minyak wijen. Khusus saus ini kalo bisa bahan jangan ada yg skip ya karna kuncinya ini ada di saus sama kuah rebusan ayam kalo menurut saya..
  5. Oke saus udah siap, nasi lagi di masak, kita balik lagi ke ayam bun. Kalo udah 20 menit lewat, bisa diangkat dan disisihkan ya ayamnya. Kompor jangan matiin dl kita sekalian rebus pok choy. Pokchoy matang kita sisihkan, terus kita test rasa kuah lagi deh. Kalo udah pas, masukkin potongan daun bawang yang hijau lalu matikan kompor..
  6. Penyajiannya kalo saya cetak nasi, terus mangkuk cetakannya kita pake buat wadah kuah. Susun ayam, nasi, pokchoy, dan bisa jg tambah telur rebus kalo mau. Untuk sambal bisa rebus bawang putih 2 siung, cabai rawit 5, cabai merah 3, terus blender sama garam sm gula. Abis itu sambal kasih jeruk kunci 1sdt dan sedikit air jadi sambalnya encer ya. Gak ada jeruk kunci bisa pake cuka makan aja. Selesai selamat makan~.

Membuat nasi ayam hainan yang praktis dengan menggunakan rice cooker. I am a nasi ayam (chicken rice) lover and for me this is the best 'halal' nasi ayam that I've known. The food is marvelous and the place is very clean. The Nasi hainan is really tasty, combine with the boiled or roasted chicken. They serve several menus as well for beef and vegetables.

Sebaiknya kita menerapkan nasi yang kering untuk membuat nasi hainam. Maksud dari nasi kering merupakan nasi yang suadah di masak sehari sebelumnya,sehingga nasi hal yang demikian mempunyai tekstur lebih keringdan gampang di masak. Dan bisa di taruh di dalam lemari es atau kulkas selama sebagian jam gar tekstur nasi tersebut kenyal.

Sebaiknya pakai wajan yang lebih lebar pada saat memsak nasi hainam. Ini bertujuan agar segala bahan atau komposisi nasi hainam bisa tercampur total. Wajan yang lebar hal yang demikian bertujuan untuk mencegah nasi hainam dan isinya berhamburan keluar saat di aduk.

Dan pakai api besar pada saat detik Anda ingin mengakhiri memasak nasi hainam. Sekiranya segala bumbu sudah tercampur dengan nasi,baru api dapat di besarkan dengan memakai kompor yang bertekanan tinggi, dan nasi di aduk dengan kencang hingga hmapir gosong. Dengan pedoman telah mulai keluar asap dan aroma bumbu kian tercium.

Sebab tersebut bertujuan agar nasi hainam restaurant rasanya lebih nikmat dan membuat ketagihan, aroma dari nasi hainam tersebut betul-betul berbeda dengan nasi hainam lainnya yang di masak dengan kompor rumah. Teknik hampir gosong ini sulit di lakukan bagi Anda, yang sebelumnya belum terbiasa memasak nasi hainam dengan teknik tersebut. Bebauan, kalau sedikit saja telat, maka nasi hainam akan over cook dan tidak enak untuk di makan.

Satu hal yang perlu di ingat, bahwa nasi hainam restaurant terasa lebih sedap, karena wewangiannya yang sangat khas. Temperatur tersebut di hasilkan dari suhu yang sungguh-sungguh panas oleh api dikala pemasakan. Yang tinggi memiliki tujuan untuk mencegah nasi supaya tak melekat pada wajan dan juga membikin nasi menjadi kering.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *