Panduan Membuat Nasi Uduk Bunga Telang Lezat

Nasi Uduk Bunga Telang. Nasi Uduk Bunga Telang—⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ Pernah mendengar bunga telang? Adalah kembang yang biasa ditemui di tepi hutan. Nasi Uduk Bunga Telang rasanya sama mirip nasi uduk biasa cuma ya itu warnanya aja asli dari bunga telangnya., Nasi uduk yaitu makanan khas Indonesia, dan pada dasarnya sama seperti makanan Indonesia lainnya yang memiliki banyak sekali ragam. Sedangkan telah ada berjenis-jenis ragam tipe, pada dasarnya nasi uduk yakni nasi yang diuduk yang kemudian ditambahi dengan beraneka bumbu untuk kenikmatan yang lebih lagi.

Selain itu, masing-masing resep mempunyai ciri khas tersendiri. Kau dapat kok mencoba satu atau mungkin segala jenis nasi uduk yang ada. Bahan-bahannya juga gampang didapat. Berikut ini ialah salah satu resep nasi uduk yang dapat Anda coba lho.

Nasi Uduk Bunga Telang Campuran bunga yang satu ini akan memberikan rasa khas yang unik dan berbeda. NASI UDUK BUNGA TELANG gurih. enak banget loh. Nasi uduk indonesia dan ayam goreng metode marinasi desaku. Nah, rupanya memasak Nasi Uduk Bunga Telang sederhana namun dengan 9 dan 5 langkah mudah, dengan rasa istimewa rasa kafe dapat Anda lakukan di rumah. Seperti apa resepnya?

Bahan yang Dibutuhkan untuk Membuat Nasi Uduk Bunga Telang

Jika membahas nasi uduk, biasanya akan langsung terbayang dengan nasi yang berwarna gelap kecoklatan. Namun hakekatnya ada jenis nasi uduk yang berwarna jelas sebab tidak menerapkan kecap. Nasi uduk ini disebut dengan nasi uduk oriental. Kalau Anda penikmat makanan gurih, Anda mesti mencoba sajian yang satu ini.

Bumbu-bumbu yang dibutuhkan diantaranya adalah minyak wijen, saos tiram, serta kecap inggris. Sebagai isiannya, Anda bisa menambahkan udang kupas, bakso ikan, dan telor ayam. Atau juga dapat memakai daging ayam, sosis, dan otak-otak uduk, serta sayuran seperti wortel, kacang polong, dan jagung pipil. Kecuali menyehatkan, tampilan nasi uduk ini bahkan akan jadi lebih menarik.

  1. Yang dibutuhkan 500 gr dari beras cuci bersih.
  2. Anda butuh 10 lembar dari bunga talang.
  3. Anda butuh 1 bungkus dari santan kara 65ml.
  4. Persiapan 1 batang dari sere.
  5. Yang dibutuhkan 2 lembar dari daun jeruk.
  6. Persiapan 1 lembar dari daun salam.
  7. Yang dibutuhkan 1 bungkus dari kaldu bubuk (sesuai selera).
  8. Yang dibutuhkan 1 sdt dari garam halus.
  9. Persiapan 1 liter dari air (100 ml untuk rebus bunga telang) ini ukuran perkira.

Nasi uduk komplet siap untuk disantap. Itulah lima resep nasi uduk yang lezat dan tidak lupa juga cara membuatnya yang gampang sehingga kamu bisa coba bikin di rumah. Mau masak yang mana dulu, nih? Download aplikasi resep masakan Yummy App untuk mendapatkan beragam referensi bahan.

Cara Membuat Nasi Uduk Bunga Telang

  1. Siapkan semua bahan yang di butuhkan. Rebus bunga telang dengan 100 ml air sampai keluar warna nya selama kurang lebih 10 menit..
  2. Lalu masukkan air rebusan bunga telang tadi kedalam panci yang sudah di beri beras sere daun dalam dan daun jeruk serta santan dan air secukupnya sesuai uk memasak nasi biasanya ya jangan terlalu banyak dan juga sikit. Oh ya saya masak di panci biasadulu ya. Bisa langsung pakai rice cooker..
  3. Masak dengan api kecil lalu tutup. Masak kurlep 25 menitan..
  4. Lalu pindahkan nasi ke dandang kukusan bisa di alaskan daun pisang biar lebih nikmat. Tutup dan masak kurang lebih 15 menitan lagi sampai nasi nya lembut..
  5. Setelah matang siap disatap bersama lauk pauk yang ada dan di sukai selamat mencoba.

Nasi uduk sendiri adalah nasi yang diolah dengan cara dikukus menggunakan santan dan dibumbui pala, merica, jahe, dan daun serai. Coba deh liat nasi uduk satu ini! Warna nasi uduk ini diperoleh dari bahan alami lho, yakni dari bunga telang dan juga ubi ungu. Ya, warna nasinya yang kebiruan berasal dari bunga telang. Ditambah bumbu-bumbu, hmm tambah endeus rasanya!

Sebaiknya kita mengaplikasikan nasi yang kering untuk membuat nasi uduk. Maksud dari nasi kering ialah nasi yang suadah di masak sehari sebelumnya,sehingga nasi hal yang demikian memiliki tekstur lebih keringdan gampang di masak. Dan dapat di taruh di dalam lemari es atau kulkas selama beberapa jam gar tekstur nasi hal yang demikian kenyal.

Sebaiknya pakai wajan yang lebih lebar pada dikala memsak nasi uduk. Ini bertujuan agar segala bahan atau komposisi nasi uduk bisa tercampur total. Wajan yang lebar tersebut bertujuan untuk mencegah nasi uduk dan isinya berhamburan keluar dikala di aduk.

Dan gunakan api besar pada saat detik Anda ingin mengakhiri memasak nasi uduk. Kalau semua bumbu telah tercampur dengan nasi,baru api dapat di besarkan dengan menerapkan kompor yang bertekanan tinggi, dan nasi di aduk dengan pesat hingga hmapir gosong. Dengan petunjuk telah mulai keluar asap dan aroma bumbu kian tercium.

Sebab hal yang demikian bertujuan agar nasi uduk restaurant rasanya lebih sedap dan membuat ketagihan, bebauan dari nasi uduk tersebut betul-betul berbeda dengan nasi uduk lainnya yang di masak dengan kompor rumah. Teknik hampir gosong ini susah di lakukan bagi Anda, yang sebelumnya belum terbiasa memasak nasi uduk dengan teknik hal yang demikian. Aroma, jikalau sedikit saja terlambat, karenanya nasi uduk akan over cook dan tak sedap untuk di makan.

Satu hal yang perlu di ingat, bahwa nasi uduk restaurant terasa lebih enak, karena aromanya yang betul-betul khas. Suhu hal yang demikian di hasilkan dari suhu yang sungguh-sungguh panas oleh api saat pemasakan. yang tinggi mempunyai tujuan untuk mencegah nasi agar tidak merekat pada wajan dan juga membikin nasi menjadi kering.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *