Tutorial Nasi Hainan Ati Ampela Enak

Nasi Hainan Ati Ampela. Resep Nasi goreng Ati Ampela sebenarnya hampir sama dengan Nasi goreng biasa.hanya ada penambahan ati ampela dan urutan dalam memasaknya. Lihat juga resep Ati ampela masak kecap enak lainnya. Kalau kamu pencinta olahan ati ampela, gak ada salahnya mencoba membuatnya jadi nasi bakar., nasi hainam ialah makanan khas Indonesia, dan pada dasarnya sama seperti makanan Indonesia lainnya yang memiliki banyak sekali tipe. Padahal telah ada beraneka tipe variasi, pada dasarnya nasi hainam merupakan nasi yang ditim yang kemudian ditambahi dengan pelbagai bumbu untuk kenikmatan yang lebih lagi.

Selain itu, masing-masing resep mempunyai ciri khas tersendiri. Kau dapat kok mencoba satu atau mungkin seluruh jenis nasi hainam yang ada. Bahan-bahannya juga gampang didapat. Berikut ini merupakan salah satu resep nasi hainam yang bisa kau coba lho.

Nasi Hainan Ati Ampela Cara membuat nasi goreng ati ampela pedas enak bikinnya jangan terlalu lama nanti malah atinya jadi kering. bahan utama nasi. Log in or Create an account to see photos of Nasi Goreng Ati Ampela. Nasi bakar adalah nasi dengan bumbu rempah yang dibungkus daun pisang dan dibakar, sehingga aromanya harum sekali dan rasanya gurih. Nah, rupanya memasak Nasi Hainan Ati Ampela simpel tapi dengan 12 dan 7 langkah mudah, dengan rasa istimewa rasa kafe bisa kau lakukan di rumah. Seperti apa resepnya?

Bahan yang Digunakan untuk Memasak Nasi Hainan Ati Ampela

Sekiranya membahas nasi hainam, lazimnya akan seketika terbayang dengan nasi yang berwarna gelap kecoklatan. Namun sebetulnya ada variasi nasi hainam yang berwarna jelas sebab tidak menerapkan kecap. nasi hainam ini disebut dengan nasi hainam oriental. Jikalau Anda penikmat makanan gurih, Anda mesti mencoba sajian yang satu ini.

Bumbu-bumbu yang diperlukan diantaranya merupakan minyak wijen, saos tiram, serta kecap inggris. Sebagai isiannya, Anda bisa menambahkan udang kupas, bakso ikan, dan telur ayam. Atau juga dapat memakai daging ayam, sosis, dan otak-otak tim, serta sayuran seperti wortel, kacang polong, dan jagung pipil. Selain menyehatkan, tampilan nasi hainam ini malah akan jadi lebih menarik.

  1. Anda butuh 4 cup dari beras.
  2. Anda butuh 5 pasang dari ati ampela.
  3. Persiapan 1 batang dari daun bawang, potong 1/2 cm.
  4. Yang dibutuhkan 4 siung dari bawang putih, cincang halus.
  5. Yang dibutuhkan 1 cm dari jahe, iris tipis seperti korek api.
  6. Persiapan 1 sachet dari saos tiram.
  7. Anda butuh 1/2 sdt dari merica bubuk.
  8. Yang dibutuhkan secukupnya dari kaldu instant.
  9. Yang dibutuhkan secukupnya dari garam.
  10. Persiapan 1 1/2 sdm dari tepung tapioka.
  11. Persiapan secukupnya dari minyak goreng.
  12. Persiapan secukupnya dari air.

Banyak variasi isian untuk nasi bakar, tak terkecuali isian ati ampela. Selain disandingkan dengan nasi hangat, ati ampela sangat cocok jadi isian nasi bakar. Nasi bakar ati ampela yang anda buat sendiri di rumah dapat disajikan sebagai menu makan siang atau makan malam. Bahkan untuk berbagai acara keluarga, nasi bakar dapat menjadi nasi kotak yang unik dan banyak diminati.

Cara Membuat Nasi Hainan Ati Ampela

  1. Dalam wadah campur ati ampela, saos tiram, merica bubuk, garam, kaldu instant jahe dan tepung tapioka. Aduk rata dan diamkan kira-kira 30 menit dan sisihkan..
  2. Cuci beras dalam mangkok rice cooker hingga bersih lalu tiriskan. Kemudian tambahkan air secukupnya seperti memasak nasi seperti biasanya..
  3. Tumis bawang putih hingga harum dan berwarna kuning keemasan. Setelah itu masukkan tumisan bawang putih tadi kedalam beras..
  4. Kemudian masukkan ati ampela yang sudah dimarinasi tadi. Jangan diaduk, agar nasi bisa matang secara merata..
  5. Masukkan mangkok rice cooker lalu tutup. Kemudian klik tombol ke posisi cook. Tunggu hingga tombol berubah ke posisi warm..
  6. Setelah nasi matang, masukkan irisan daun bawang lalu aduk rata..
  7. Tata nasi hangat di atas piring saji, letakkan ati ampela diatasnya dan taburi dengan bawang goreng..

Yuk, coba resep olahan nasi lainnya yang bisa anda buat di rumah. Nasi hainan merupakan masakan Tionghoa yang sering dikaitkan dengan masakan Malaysia atau Singapura, dan juga ditemui di negara tetangga Thailand, serta juga di wilayah Hainan, China. Nah kali ini kita bakal memasak nasi hainam ayam panggang spesial yang bisa kamu coba. Kuncinya yaitu merebus ati ampela dengan rempah-rempah aromatik. Karena ati ampela bisa mengeras bila dimasak terlalu lama, sebelum mengolahnya kamu harus pastikan untuk menumis racikan bumbu halus sampai benar-benar matang dan tidak berbau langu.

Sebaiknya kita memakai nasi yang kering untuk membuat nasi hainam. Maksud dari nasi kering yaitu nasi yang suadah di masak sehari sebelumnya,sehingga nasi tersebut memiliki tekstur lebih keringdan gampang di masak. Dan dapat di taruh di dalam lemari es atau kulkas selama sebagian jam gar tekstur nasi tersebut kenyal.

Sebaiknya gunakan wajan yang lebih lebar pada saat memsak nasi hainam. Ini bertujuan agar segala bahan atau komposisi nasi hainam dapat tercampur total. Wajan yang lebar hal yang demikian bertujuan untuk mencegah nasi hainam dan isinya berhamburan keluar dikala di aduk.

Dan pakai api besar pada dikala detik Anda mau mengakhiri memasak nasi hainam. Jikalau semua bumbu telah tercampur dengan nasi,baru api bisa di besarkan dengan menggunakan kompor yang bertekanan tinggi, dan nasi di aduk dengan cepat hingga hmapir gosong. Dengan pedoman sudah mulai keluar asap dan bebauan bumbu semakin tercium.

Sebab tersebut bertujuan agar nasi hainam restaurant rasanya lebih enak dan membikin ketagihan, aroma dari nasi hainam hal yang demikian betul-betul berbeda dengan nasi hainam lainnya yang di masak dengan kompor rumah. Teknik hampir gosong ini sulit di lakukan bagi Anda, yang sebelumnya belum terbiasa memasak nasi hainam dengan teknik tersebut. Wangi-wangian, kalau sedikit saja telat, maka nasi hainam akan over cook dan tak enak untuk di makan.

Satu hal yang perlu di ingat, bahwa nasi hainam restaurant terasa lebih enak, karena aromanya yang betul-betul khas. Temperatur hal yang demikian di hasilkan dari temperatur yang amat panas oleh api saat pemasakan. Yang tinggi memiliki tujuan untuk mencegah nasi agar tidak melekat pada wajan dan juga membuat nasi menjadi kering.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *