Resep Nasi Ayam Hainan Sederhana Super

Nasi Ayam Hainan Sederhana. Meski komponen utama ayam hainan adalah ayam itu sendiri, namun kunci utama kelezatan terletak pada nasi dan kuah kaldu yang dihidangkan bersama sajian ayam. Lihat juga resep Nasi hainam ayam enak lainnya. Nasi ayam Hainam (Hanzi: 文昌雞, hanyu pinyin: wénchāngjī) merupakan masakan Tionghoa yang sering dikaitkan dengan masakan Malaysia atau Singapura, dan juga ditemui di negara tetangga Thailand, serta juga di wilayah Hainan, China., nasi hainam merupakan makanan khas Indonesia, dan pada dasarnya sama seperti makanan Indonesia lainnya yang mempunyai banyak sekali tipe. Walaupun telah ada berbagai tipe tipe, pada dasarnya nasi hainam ialah nasi yang ditim yang kemudian ditambahi dengan bermacam-macam bumbu untuk kenikmatan yang lebih lagi.

Selain itu, masing-masing resep memiliki ciri khas tersendiri. Kau dapat kok mencoba satu atau mungkin semua variasi nasi hainam yang ada. Bahan-bahannya juga mudah diperoleh. Berikut ini yaitu salah satu resep nasi hainam yang bisa Anda coba lho.

Nasi Ayam Hainan Sederhana Dengan tips dan trik sederhana dalam membuat. Nasi ayam hainan merupakan salah satu makanan khas dari Singapore. Menu ini sangat cocok disajikan ketika keluarga besar sedang berkunjung ke rumah karena tergolong resep yang mudah diracik, tapi pertanyaannya "Jika resepnya mudah apakah rasanya terjamin enak? Nah, rupanya memasak Nasi Ayam Hainan Sederhana sederhana namun dengan 22 dan 6 langkah mudah, dengan rasa istimewa rasa resto bisa kau lakukan di rumah. Seperti apa resepnya?

Bahan yang Dibutuhkan untuk Memasak Nasi Ayam Hainan Sederhana

Bila membahas nasi hainam, umumnya akan langsung terbayang dengan nasi yang berwarna gelap kecoklatan. Melainkan hakekatnya ada tipe nasi hainam yang berwarna jelas karena tak menggunakan kecap. nasi hainam ini disebut dengan nasi hainam oriental. SeAndainya Anda penikmat makanan gurih, Anda seharusnya mencoba sajian yang satu ini.

Bumbu-bumbu yang dibutuhkan diantaranya yaitu minyak wijen, saos tiram, serta kecap inggris. Sebagai isiannya, Anda bisa menambahkan udang kupas, bakso ikan, dan telur ayam. Atau juga bisa memakai daging ayam, sosis, dan otak-otak tim, serta sayuran seperti wortel, kacang polong, dan jagung pipil. Selain menyehatkan, tampilan nasi hainam ini malah akan jadi lebih menarik.

  1. Persiapan dari Bahan Utama :.
  2. Yang dibutuhkan fillet dari Dada ayam.
  3. Persiapan 1 buah dari Air perasan jeruk nipis.
  4. Yang dibutuhkan potong dari Daun bawang.
  5. Anda butuh 3 siung dari Bawang putih.
  6. Yang dibutuhkan 1/2 buah dari Bawang bombay.
  7. Persiapan 1 ruas dari Jahe digeprek,.
  8. Yang dibutuhkan 1 sdt dari Garam.
  9. Anda butuh 1/2 sdt dari Minyak wijen.
  10. Anda butuh 1/4 sdt dari Merica bubuk.
  11. Persiapan dari Bahan Nasi :.
  12. Anda butuh secukupnya dari Beras.
  13. Yang dibutuhkan secukupnya dari Air kaldu rebusan ayam.
  14. Anda butuh secukupnya dari Air.
  15. Persiapan 1 ruas dari Jahe digeprek.
  16. Anda butuh 1/4 sdt dari Minyak wijen.
  17. Anda butuh dari Saus Ayam :.
  18. Persiapan 3 sdm dari Air kaldu rebusan ayam.
  19. Yang dibutuhkan 1 sdm dari Kecap asin.
  20. Anda butuh 1 buah dari Cabai rawit oren.
  21. Anda butuh 5 buah dari Cabai rawit hijau.
  22. Persiapan dari Wijen putih untuk taburan.

So, cuba rasa resepi nasi ayam hainan mudah yang ni tapi bagi saya cukup ummph. Saya juga ada mencuba Resepi Nasi Lemak Ayam Kemudian, masak di atas api sederhana sebentar. Tambahkan garam dan gula untuk menyedapkan sos cili kita. Nasi hainan merupakan asli dari Negara Cina yang memiliki rasa sangat gurih.

Cara Membuat Nasi Ayam Hainan Sederhana

  1. Potong 2 dada ayam fillet (karena low budget ya 😅), rendam sebentar dengan perasan jeruk nipis selama 5mnt lalu cuci bersih.
  2. Rebus ayam dengan bahan utama semuanya selama 45 menit.
  3. Setelah 45 menit sisihkan ayam dalam air dingin sebentar agar rasa tetap nikmat. Simpan air kaldu rebusan ayam untuk masak nasi dan bikin saus ayam.
  4. Cuci beras dan masak dalam rice cooker menggunakan air sisa rebusan ayam tadi tambah jahe dan minyak wijen.
  5. Untuk saus ayam, potong cabai rawit lalu campurkan dengan kecap asin dan air sisa rebusan ayam.
  6. Setelah nasi matang, bisa langsung disajikan selagi hangat. Potong ayam dan siramkan saus diatas ayam serta taburan wijen putih dan siap dihidangkan. Selamat mencoba.

Ternyata ini rahasia resep nasi ayam hainan agar nikmat. Salah satunya adalah nasi hainan dari Negara Cina dan berhasil menarik perhatian masyarakat banyak. Diketahui pula resep nasi ayam hainan ternyata. Untuk Anda yang ingin mencoba resep nasi ayam Hainan paling enak ini, sebaiknya persiapkan dulu semua bahan dan bumbunya untuk memudahkan dalam proses pembuatannya, terutama bagi yang baru pertama kali mencoba resep ayam Hainan ini. Bahan-bahan serta bumbu-bumbunya Ayam hainan biasanya disajikan sepaket dengan nasi hainan.

Sebaiknya kita menggunakan nasi yang kering untuk membikin nasi hainam. Maksud dari nasi kering yaitu nasi yang suadah di masak sehari sebelumnya,sehingga nasi tersebut memiliki tekstur lebih keringdan gampang di masak. Dan bisa di taruh di dalam lemari es atau kulkas selama sebagian jam gar tekstur nasi tersebut kenyal.

Sebaiknya pakai wajan yang lebih lebar pada saat memsak nasi hainam. Ini bertujuan agar semua bahan atau komposisi nasi hainam dapat tercampur total. Wajan yang lebar hal yang demikian bertujuan untuk mencegah nasi hainam dan isinya berhamburan keluar saat di aduk.

Dan gunakan api besar pada saat detik Anda ingin mengakhiri memasak nasi hainam. Kalau seluruh bumbu telah tercampur dengan nasi,baru api dapat di besarkan dengan menerapkan kompor yang bertekanan tinggi, dan nasi di aduk dengan cepat hingga hmapir gosong. Dengan pedoman telah mulai keluar asap dan bebauan bumbu kian tercium.

Sebab tersebut bertujuan agar nasi hainam restaurant rasanya lebih enak dan membuat ketagihan, wangi-wangian dari nasi hainam tersebut sungguh-sungguh berbeda dengan nasi hainam lainnya yang di masak dengan kompor rumah. Teknik hampir gosong ini sulit di lakukan bagi Anda, yang sebelumnya belum terbiasa memasak nasi hainam dengan teknik hal yang demikian. Aroma, kalau sedikit saja terlambat, karenanya nasi hainam akan over cook dan tak nikmat untuk di makan.

Satu hal yang perlu di ingat, bahwa nasi hainam restaurant terasa lebih enak, sebab aromanya yang benar-benar khas. Suhu hal yang demikian di hasilkan dari temperatur yang amat panas oleh api dikala pemasakan. Yang tinggi memiliki tujuan untuk mencegah nasi agar tidak melekat pada wajan dan juga membuat nasi menjadi kering.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *