Tutorial Nasi Tutug Oncom (TO) Ibun Kenzi Lezat

Nasi Tutug Oncom (TO) Ibun Kenzi. Nasi campur oncom khas Sunda ini biasanya disajikan dengan lalapan, sambel, dan lauk seperti tahu/tempe goreng, ikan asin, atau ayam goreng. Nasi tutug oncom or sometimes simply called tutug oncom, is an Indonesian style rice dish, made of rice mixed with oncom fermented beans, originally from Tasikmalaya, West Java. Nasi TUTUG ONCOM, Kuliner Hangat Khas Tasikmalaya, nasi tutug oncom ialah makanan khas Indonesia, dan pada dasarnya sama seperti makanan Indonesia lainnya yang mempunyai banyak sekali variasi. Meskipun telah ada berbagai macam tipe, pada dasarnya nasi tutug oncom merupakan nasi yang ditim yang kemudian ditambahi dengan berjenis-jenis bumbu untuk kenikmatan yang lebih lagi.

Kecuali itu, masing-masing resep mempunyai ciri khas tersendiri. Kau bisa kok mencoba satu atau mungkin semua jenis nasi tutug oncom yang ada. Bahan-bahannya juga gampang diperoleh. Berikut ini merupakan salah satu resep nasi tutug oncom yang bisa Anda coba lho.

Nasi Tutug Oncom (TO) Ibun Kenzi Di Tasikmalaya, nasi tutug oncom atau TO ini menjadi menu primadona oleh para pecinta kuliner tradisional. Tak jarang, setiap warung yang menyajikan menu TO ini pasti selalu ramai dengan pengunjung setiap harinya. Olahan nasi ini pun disukai oleh berbagai kalangan, mulai dari kalangan. Nah, terbukti memasak Nasi Tutug Oncom (TO) Ibun Kenzi simpel tapi dengan 13 dan 7 langkah mudah, dengan rasa istimewa rasa resto dapat Anda lakukan di rumah. Seperti apa resepnya?

Bahan yang Digunakan untuk Membuat Nasi Tutug Oncom (TO) Ibun Kenzi

Bila membahas nasi tutug oncom, lazimnya akan seketika terbayang dengan nasi yang berwarna gelap kecoklatan. Tetapi hakekatnya ada jenis nasi tutug oncom yang berwarna terang sebab tak memakai kecap. nasi tutug oncom ini disebut dengan nasi tutug oncom oriental. Jika Anda penikmat makanan gurih, Anda patut mencoba sajian yang satu ini.

Bumbu-bumbu yang diperlukan diantaranya ialah minyak wijen, saos tiram, serta kecap inggris. Sebagai isiannya, Anda dapat menambahkan udang kupas, bakso ikan, dan telor ayam. Atau juga dapat menggunakan daging ayam, sosis, dan otak-otak tim, serta sayuran seperti wortel, kacang polong, dan jagung pipil. Kecuali menyehatkan, tampilan nasi tutug oncom ini malahan akan jadi lebih menarik.

  1. Anda butuh 1 papan dari oncom.
  2. Persiapan 2 porsi dari nasi.
  3. Yang dibutuhkan 1 bks dari kemangi, petik2 secukupnya.
  4. Anda butuh secukupnya dari Minyak.
  5. Yang dibutuhkan secukupnya dari Garam.
  6. Anda butuh secukupnya dari Gula.
  7. Yang dibutuhkan secukupnya dari Royco / kaldu jamur.
  8. Persiapan dari Bumbu Halus.
  9. Yang dibutuhkan 5 siung dari bawang merah.
  10. Anda butuh 3 siung dari bawang putih.
  11. Persiapan 2 buah dari cabe merah keriting.
  12. Anda butuh 2 buah dari cabe rawit.
  13. Yang dibutuhkan 2 ruas dari kencur.

Nasi tutug oncom Tasik siap disajikan. Nikmati selama masih hangat dan beri pelengkap sesuai selera seperti lalapan, ikan asin, atau lauk lainnya. Tutug oncom juga sangat cocok dipadukan dengan nasi bakar. Nasi gurih yang dibakar dengan daun pisang ini dapat dikreasikan dengan tutug oncom.

Cara Membuat Nasi Tutug Oncom (TO) Ibun Kenzi

  1. Bakar oncom diatas teflon anti lengket atau bisa dibakar langsung (jangan sampai gosong). Hancurkan kasar kemudian sisihkan.
  2. Siapkan bahan-bahannya. Lalu haluskan bumbu halus.
  3. Tumis bumbu halus sampai harum dan matang.
  4. Masukkan oncom yang sudah dihancurkan, aduk-aduk sampai rata lalu tambahkan gula, garam, dan kaldu bubuk. Masak hingga matang lalu koreksi rasa.
  5. Tambahkan kemangi, masak hingga layu.
  6. Setelah matang masukkan nasi putih lalu aduk-aduk kembali sampai tercampur rata, jangan lupa koreksi rasa..
  7. Setelah jadi, cetak nasi tutug oncom dan nikmati bersama ayam goreng, tahu tempe dan sambal.

Jalan kertabumi/alun alun karawang depan laboratorium klinik proodia. Contact NASI TUTUG ONCOM on Messenger. Nasi tutug oncom ou às vezes simplesmente chamado tutug oncom , é um prato de arroz no estilo indonésio , feito de arroz misturado com feijão fermentado oncom , originalmente de Tasikmalaya , Java Ocidental. Geralmente é embrulhado em folhas de bananeira e servido com vários. Nasi Tutug Oncom jadi menu Sunda yang jadi favorit banyak orang.

Sebaiknya kita memakai nasi yang kering untuk membikin nasi tutug oncom. Maksud dari nasi kering yaitu nasi yang suadah di masak sehari sebelumnya,sehingga nasi hal yang demikian memiliki tekstur lebih keringdan mudah di masak. Dan bisa di taruh di dalam lemari es atau kulkas selama sebagian jam gar tekstur nasi tersebut kenyal.

Sebaiknya gunakan wajan yang lebih lebar pada ketika memsak nasi tutug oncom. Ini bertujuan agar seluruh bahan atau komposisi nasi tutug oncom bisa tercampur total. Wajan yang lebar tersebut bertujuan untuk mencegah nasi tutug oncom dan isinya berhamburan keluar ketika di aduk.

Dan gunakan api besar pada dikala detik Anda berharap mengakhiri memasak nasi tutug oncom. Jika seluruh bumbu telah tercampur dengan nasi,baru api dapat di besarkan dengan memakai kompor yang bertekanan tinggi, dan nasi di aduk dengan cepat hingga hmapir gosong. Dengan pertAnda telah mulai keluar asap dan wewangian bumbu kian tercium.

Karena hal yang demikian bertujuan agar nasi tutug oncom restaurant rasanya lebih sedap dan membuat ketagihan, aroma dari nasi tutug oncom hal yang demikian sangat berbeda dengan nasi tutug oncom lainnya yang di masak dengan kompor rumah. Teknik hampir gosong ini susah di lakukan bagi Anda, yang sebelumnya belum terbiasa memasak nasi tutug oncom dengan teknik tersebut. Wangi-wangian, jika sedikit saja telat, maka nasi tutug oncom akan over cook dan tak nikmat untuk di makan.

Satu hal yang perlu di ingat, bahwa nasi tutug oncom restaurant terasa lebih enak, karena wewangiannya yang sungguh-sungguh khas. Suhu hal yang demikian di hasilkan dari temperatur yang sungguh-sungguh panas oleh api dikala pemasakan. Yang tinggi memiliki tujuan untuk mencegah nasi supaya tak menempel pada wajan dan juga membuat nasi menjadi kering.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *