Panduan Membuat 28. Nasi Ayam Hainan Super

28. Nasi Ayam Hainan. Ayam hainan merupakan hidangan yang berasal dari provinsi Hainan di China, namun hidangan ini menjadi sangat populer di kawasan Asia Tenggara, khusunya Singapura. Meski komponen utama ayam hainan adalah ayam itu sendiri. Nasi ayam Hainam (Hanzi: 文昌雞, hanyu pinyin: wénchāngjī) merupakan masakan Tionghoa yang sering dikaitkan dengan masakan Malaysia atau Singapura, dan juga ditemui di negara tetangga Thailand, serta juga di wilayah Hainan, China., nasi hainam yakni makanan khas Indonesia, dan pada dasarnya sama seperti makanan Indonesia lainnya yang mempunyai banyak sekali jenis. Meski sudah ada bermacam-macam macam ragam, pada dasarnya nasi hainam merupakan nasi yang ditim yang kemudian ditambahi dengan beraneka bumbu untuk kenikmatan yang lebih lagi.

Kecuali itu, masing-masing resep memiliki ciri khas tersendiri. Kau dapat kok mencoba satu atau mungkin seluruh tipe nasi hainam yang ada. Bahan-bahannya juga mudah didapat. Berikut ini yaitu salah satu resep nasi hainam yang bisa kau coba lho.

28. Nasi Ayam Hainan Nasi ayam hainan merupakan salah satu makanan khas dari Singapore. Menu ini sangat cocok disajikan ketika keluarga besar sedang berkunjung ke rumah karena tergolong resep yang mudah diracik, tapi pertanyaannya "Jika resepnya mudah apakah rasanya terjamin enak? Nasi hainan merupakan masakan Tionghoa yang sering dikaitkan dengan masakan Malaysia atau Singapura, dan juga ditemui di negara tetangga Thailand, serta juga di wilayah Hainan, China. Nah, terbukti memasak 28. Nasi Ayam Hainan sederhana tapi dengan 20 dan 6 langkah mudah, dengan rasa istimewa rasa resto dapat Anda lakukan di rumah. Seperti apa resepnya?

Bahan yang Digunakan untuk Memasak 28. Nasi Ayam Hainan

SeAndainya membahas nasi hainam, umumnya akan seketika terbayang dengan nasi yang berwarna gelap kecoklatan. Namun sebenarnya ada jenis nasi hainam yang berwarna jelas karena tak menerapkan kecap. nasi hainam ini disebut dengan nasi hainam oriental. Bila Anda penikmat makanan gurih, Anda sepatutnya mencoba sajian yang satu ini.

Bumbu-bumbu yang diperlukan diantaranya yaitu minyak wijen, saos tiram, serta kecap inggris. Sebagai isiannya, Anda bisa menambahkan udang kupas, bakso ikan, dan telor ayam. Atau juga bisa memakai daging ayam, sosis, dan otak-otak tim, serta sayuran seperti wortel, kacang polong, dan jagung pipil. Selain menyehatkan, tampilan nasi hainam ini bahkan akan jadi lebih menarik.

  1. Anda butuh dari Bahan Ayam Rebus:.
  2. Yang dibutuhkan 1/2 ekor dari ayam kampung (saya pakai ayam kalasan).
  3. Yang dibutuhkan dari Air secukupnya untuk merebus ayam sampai terendam.
  4. Yang dibutuhkan dari Bahan Nasi:.
  5. Anda butuh 3 cup dari beras.
  6. Anda butuh 7 siung dari bawang putih, cincang.
  7. Yang dibutuhkan 1 1/2 jempol dari jahe, iris.
  8. Anda butuh dari Air kaldu rebusan ayam.
  9. Persiapan 2 sdm dari kecap asin.
  10. Persiapan 2 sdm dari saos tiram.
  11. Yang dibutuhkan Secukupnya dari garam, lada.
  12. Yang dibutuhkan Secukupnya dari minyak wijen (saya tdk pakai).
  13. Yang dibutuhkan Sedikit dari minyak untuk menumis.
  14. Yang dibutuhkan dari Bahan Minyak Bawang:.
  15. Anda butuh 5 siung dari bawang putih, cincang.
  16. Anda butuh Secukupnya dari minyak untuk menggoreng bawang.
  17. Yang dibutuhkan dari Bahan Guyuran Ayam Rebus Matang:.
  18. Yang dibutuhkan 1 sdm dari minyak bawang.
  19. Anda butuh 2 sdm dari kecap asin.
  20. Yang dibutuhkan 1 sdm dari minyak wijen.

Nah kali ini kita bakal memasak nasi hainam ayam panggang spesial yang bisa kamu coba. Nasi ayam Hainan adalah kuliner wajib coba ketika berlibur ke Singapura. Menu yang jadi masakan nasional negeri mungil itu kini semakin populer di Selain Nasi Ayam Hainan, jangan lupa juga berkelana mencoba berbagai resep ayam dari Masak Apa Hari Ini. Jangan order nasi ganja kari kambing dengan asam pedas tok janggut.masin nak mati.suruh tukang masak rasa tapi tak nak mengaku masin.adik tukang masak rasa cakap masin.

Cara Membuat 28. Nasi Ayam Hainan

  1. Merebus Ayam: cuci bersih ayam, beri sedikit garam, rebus hingga hingga mendidih dengan api sedang. Buang air rebusan pertama. Lalu cuci bersih ayam dari kotoran² bekas rebusan. Rebus kembali ayam dg api kecil. Takaran air sampai merendam ayam, dan cukup untuk membuat nasi nanti. Setelah mendidih, tutup panci, lalu matikan api, diamkan selama 15 menit. Hidupkan kembali api, rebus sampai mendidih. Setelah mendidih, tutup panci, lalu matikan kembali api, diamkan selama 15 menit. Lalu angkat ayam.
  2. Membuat Nasi: tumis jahe, bawang putih dengan sedikit minyak sampai harum, sisihkan. Cuci beras, tiriskan. Beri tumisan baput&jahe, saos tiram, kecap asin, minyak wijen(saya tdk pakai), tuangkan air kaldu rebusan ayam dg takaran seperti masak nasi biasa. Aduk. Tes rasa. Bisa ditambah garam sesuai selera apabila kurang asin. Lalu masak nasi, saya pakai rice cooker..
  3. Membuat Minyak Bawang: panaskan minyak, secukupnya saja. Takaran minyak disesuaikan dg banyaknya bawang putih yg akan digoreng. Masukkan bawang putih cincang, goreng hingga kecoklatan. Angkat minyak dan bawang goreng, pisahkan..
  4. Menyiapkan Ayam: campur minyak bawang goreng, kecap asin, dan minyak wijen. Guyurkan ke atas ayam yg masih hangat. Taburi dengan bawang putih goreng..
  5. Apabila masih ada sisa air kaldu ayam, bisa digunakan untuk pelengkap sebagai kuah pendamping nasi ayam hainan. Apabila kuah dirasa kurang gurih, bisa diberi sedikit garam. Lalu taburi dengan daun bawang, dan disajikan hangat..
  6. Nasi ayam hainan siap untuk disantap ❤️❤️.

Nasi hainan biasanya dihidangkan dengan lauk ayam celup bumbu yang dipanggang ataupun dikukus. Resep ayam hainan menjadi resep turun temurun dalam keluarga-keluarga Tionghoa. Nasi hainan tak lain adalah nasi gurih yang diolah dengan campuran minyak ayam, jahe. Nasi ayam Hainan yang gurih, sedap dan mantap dengan jamur shiitake. Saya memang sudah berniat untuk membuat nasi ayam hainan, minggu ini.

Sebaiknya kita menggunakan nasi yang kering untuk membikin nasi hainam. Maksud dari nasi kering adalah nasi yang suadah di masak sehari sebelumnya,sehingga nasi hal yang demikian memiliki tekstur lebih keringdan gampang di masak. Dan dapat di taruh di dalam lemari es atau kulkas selama beberapa jam gar tekstur nasi tersebut kenyal.

Sebaiknya pakai wajan yang lebih lebar pada ketika memsak nasi hainam. Ini bertujuan agar segala bahan atau komposisi nasi hainam bisa tercampur sempurna. Wajan yang lebar tersebut bertujuan untuk mencegah nasi hainam dan isinya berhamburan keluar ketika di aduk.

Dan pakai api besar pada saat detik Anda ingin mengakhiri memasak nasi hainam. Jika segala bumbu sudah tercampur dengan nasi,baru api bisa di besarkan dengan mengaplikasikan kompor yang bertekanan tinggi, dan nasi di aduk dengan pesat sampai hmapir gosong. Dengan pertAnda sudah mulai keluar asap dan wewangian bumbu kian tercium.

Karena hal yang demikian bertujuan agar nasi hainam restaurant rasanya lebih enak dan membikin ketagihan, wangi-wangian dari nasi hainam tersebut benar-benar berbeda dengan nasi hainam lainnya yang di masak dengan kompor rumah. Teknik hampir gosong ini susah di lakukan bagi Anda, yang sebelumnya belum terbiasa memasak nasi hainam dengan teknik hal yang demikian. Aroma, sekiranya sedikit saja telat, maka nasi hainam akan over cook dan tak enak untuk di makan.

Satu hal yang perlu di ingat, bahwa nasi hainam restaurant terasa lebih nikmat, sebab bebauannya yang sungguh-sungguh khas. Temperatur tersebut di hasilkan dari suhu yang sungguh-sungguh panas oleh api dikala pemasakan. Yang tinggi memiliki tujuan untuk mencegah nasi agar tidak merekat pada wajan dan juga membuat nasi menjadi kering.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *