Tutorial Membuat Nasi Gegok Teri Tempe Mantab

Nasi Gegok Teri Tempe. Nasi gegog mempunyai ciri khas yaitu ikan teri dan rasa pedasnya yang terasa banget. Nasi ini terbuat dari bahan bahan yang sudah tentu banyak kita resep nasi gegok, nasi gegok, cara membuat nasi gegok, resep sego gegok, aneka resep masakan jawa timuran, macam masakan, sego gegok, nasi. Nasi Gegok terdiri dari nasi dicampur parutan kelapa yang dikukus bersama sambal teri menggunakan daun pisang., nasi gegok merupakan makanan khas Indonesia, dan pada dasarnya sama seperti makanan Indonesia lainnya yang mempunyai banyak sekali tipe. Meski telah ada beraneka jenis macam, pada dasarnya nasi gegok yakni nasi yang ditim yang kemudian ditambahi dengan berbagai bumbu untuk kenikmatan yang lebih lagi.

Selain itu, masing-masing resep memiliki ciri khas tersendiri. Anda dapat kok mencoba satu atau mungkin seluruh tipe nasi gegok yang ada. Bahan-bahannya juga gampang diperoleh. Berikut ini ialah salah satu resep nasi gegok yang dapat kau coba lho.

Nasi Gegok Teri Tempe Seingat saya, terakhir kali membuat nasi bakar adalah beberapa tahun yang lalu. Muslimat NU dan Pemkab Trenggalek pecahkan rekor Museum Rekor Indonesia dalam penyajian kuliner lokal nasi gegok terbanyak. Nasi Bakar Isi Ayam dan Teri. Nah, rupanya memasak Nasi Gegok Teri Tempe simpel tapi dengan 18 dan 7 langkah mudah, dengan rasa istimewa rasa cafe dapat kau lakukan di rumah. Seperti apa resepnya?

Bahan yang Digunakan untuk Memasak Nasi Gegok Teri Tempe

Kalau membahas nasi gegok, biasanya akan seketika terbayang dengan nasi yang berwarna gelap kecoklatan. Tapi hakekatnya ada jenis nasi gegok yang berwarna terang karena tak memakai kecap. nasi gegok ini disebut dengan nasi gegok oriental. Jikalau Anda penikmat makanan gurih, Anda harus mencoba sajian yang satu ini.

Bumbu-bumbu yang diperlukan diantaranya yaitu minyak wijen, saos tiram, serta kecap inggris. Sebagai isiannya, Anda dapat menambahkan udang kupas, bakso ikan, dan telur ayam. Atau juga bisa memakai daging ayam, sosis, dan otak-otak tim, serta sayuran seperti wortel, kacang polong, dan jagung pipil. Kecuali menyehatkan, tampilan nasi gegok ini malah akan jadi lebih menarik.

  1. Anda butuh dari Bahan Utama.
  2. Anda butuh 1 papan dari tempe.
  3. Persiapan Secukupnya dari teri.
  4. Anda butuh dari Bumbu Halus.
  5. Persiapan 5 siung dari bawang merah.
  6. Yang dibutuhkan 5 siung dari bawang putih.
  7. Persiapan 2 buah dari cabai merah.
  8. Anda butuh dari Bumbu Tambahan.
  9. Persiapan 2 lembar dari daun salam.
  10. Yang dibutuhkan 2 cm dari lengkuas (geprek).
  11. Yang dibutuhkan 1 batang dari serai.
  12. Persiapan 1 sdm dari saus tiram.
  13. Anda butuh 1 sdm dari kecap manis.
  14. Persiapan Secukupnya dari garam.
  15. Persiapan Secukupnya dari gula.
  16. Persiapan dari Bahan Lainnya.
  17. Yang dibutuhkan Secukupnya dari daun pisang.
  18. Persiapan Secukupnya dari lidi, untuk menyemat daun pisang.

Nasi Bakar ini nge-hitsnya sudah dari beberapa tahun yang lalu, saya termasuk yang ketinggalan posting resep nasi Nyoba bikin nasi gegok karena request adik cantikku, pake resep di internet. Lah memang lidahku aja blum pernah nyoba makan nasi gegok, jd agak aneh. Nasi gegok berisi nasi, sambal pedas, dan ikan teri. Sebagai pelengkap lauk, warung tersebut menyertakan beberapa tempe goreng tepung.

Cara Membuat Nasi Gegok Teri Tempe

  1. Siapkan bahan-bahan yang diperlukan.
  2. Haluskan bumbu.
  3. Tumis hingga harum, masukkan bumbu tambahan.
  4. Masukkan tempe dan teri (teri bisa digoreng terlebih dahulu).
  5. Setelah siap sisihkan terlebih dahulu, lalu nanak nasi sampai aron/ matang namun kurang tanak (saya menggunakan magic com, caranya masak nasi seperti biasa, gunakan segera setelah tombol menanak mati dan belum sampai betul2 tanak).
  6. Siapkan secukupnya daun pisang, bungkus nasi, tambahkan tumisan teri dan tempe..
  7. Kukus hingga nasi tanak..

Bagi lidah mereka yang tak doyan cabai, sambal di nasi gegok Mbah Tumirah cukup membuat kepedasan. Nasi gegok dibuat dengan cara membungkus nasi yang sudah diberi sambal teri super pedas dalam balutan daun pisang kemudian dikukus hingga matang Nasi kuning memiliki rasa gurih yang khas dan biasa disajikan dengan berbagai macam lauk seperti abon, kering tempe, telur dadar, daging. Nasi gegok adalah masakan tardisional khas Trenggalek yang enak sekali. Nasi gegok ini terbuat dari bahan-bahan yang sudah tentu banyakkita temuai yaitu bawang merah, bawang putih, cabe, beras, ikan teri dan bahan-bahan lainnya. Jangan takut, nasi gegog amatlah murah.

Sebaiknya kita menerapkan nasi yang kering untuk membikin nasi gegok. Maksud dari nasi kering merupakan nasi yang suadah di masak sehari sebelumnya,sehingga nasi tersebut memiliki tekstur lebih keringdan gampang di masak. Dan bisa di taruh di dalam lemari es atau kulkas selama sebagian jam gar tekstur nasi tersebut kenyal.

Sebaiknya pakai wajan yang lebih lebar pada saat memsak nasi gegok. Ini bertujuan supaya segala bahan atau komposisi nasi gegok dapat tercampur sempurna. Wajan yang lebar hal yang demikian bertujuan untuk mencegah nasi gegok dan isinya berhamburan keluar dikala di aduk.

Dan pakai api besar pada dikala detik Anda berharap mengakhiri memasak nasi gegok. Jikalau semua bumbu sudah tercampur dengan nasi,baru api dapat di besarkan dengan menggunakan kompor yang bertekanan tinggi, dan nasi di aduk dengan pesat hingga hmapir gosong. Dengan petunjuk telah mulai keluar asap dan aroma bumbu kian tercium.

Sebab tersebut bertujuan agar nasi gegok restaurant rasanya lebih enak dan membikin ketagihan, wangi-wangian dari nasi gegok tersebut sungguh-sungguh berbeda dengan nasi gegok lainnya yang di masak dengan kompor rumah. Teknik hampir gosong ini sulit di lakukan bagi Anda, yang sebelumnya belum terbiasa memasak nasi gegok dengan teknik tersebut. Wewangian, jika sedikit saja terlambat, maka nasi gegok akan over cook dan tidak nikmat untuk di makan.

Satu hal yang perlu di ingat, bahwa nasi gegok restaurant terasa lebih enak, sebab wewangiannya yang benar-benar khas. Suhu tersebut di hasilkan dari suhu yang betul-betul panas oleh api saat pemasakan. Yang tinggi memiliki tujuan untuk mencegah nasi agar tidak melekat pada wajan dan juga membikin nasi menjadi kering.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *