Cara Bikin Nasi Ayam Hainam 🥢 Terbaru

Nasi Ayam Hainam 🥢. Nasi ayam Hainam (Hanzi: 文昌雞, hanyu pinyin: wénchāngjī) merupakan masakan Tionghoa yang sering dikaitkan dengan masakan Malaysia atau Singapura, dan juga ditemui di negara tetangga Thailand, serta juga di wilayah Hainan, China. Rasa Nasi Hainam mereka sudah terkenal kelezatannya. Harganya memang terhitung pricey, tapi worth it karena mereka menggunakan bahan berkualitas, seperti daging Ayam Kampung pilihan dan kaldu Ayam kampung yang terbaik., nasi hainam yakni makanan khas Indonesia, dan pada dasarnya sama seperti makanan Indonesia lainnya yang mempunyai banyak sekali jenis. Padahal sudah ada bermacam-macam jenis jenis, pada dasarnya nasi hainam adalah nasi yang ditim yang kemudian ditambahi dengan beragam bumbu untuk kenikmatan yang lebih lagi.

Selain itu, masing-masing resep mempunyai ciri khas tersendiri. Anda bisa kok mencoba satu atau mungkin segala macam nasi hainam yang ada. Bahan-bahannya juga mudah didapat. Berikut ini yakni salah satu resep nasi hainam yang dapat Anda coba lho.

Nasi Ayam Hainam 🥢 Ayam hainan merupakan hidangan yang berasal dari provinsi Hainan di China, namun hidangan ini menjadi sangat populer di kawasan Asia Tenggara, khusunya Singapura. Meski komponen utama ayam hainan adalah ayam itu sendiri, namun kunci utama kelezatan terletak pada nasi dan kuah kaldu. Lihat juga resep Nasi Hainam dan Ayam tim jahe enak lainnya. Nah, terbukti memasak Nasi Ayam Hainam 🥢 sederhana tetapi dengan 30 dan 7 langkah mudah, dengan rasa istimewa rasa kafe bisa kau lakukan di rumah. Seperti apa resepnya?

Bahan yang Dibutuhkan untuk Membuat Nasi Ayam Hainam 🥢

SeAndainya membahas nasi hainam, umumnya akan seketika terbayang dengan nasi yang berwarna gelap kecoklatan. Tetapi sesungguhnya ada macam nasi hainam yang berwarna jelas sebab tak menerapkan kecap. nasi hainam ini disebut dengan nasi hainam oriental. Jika Anda penikmat makanan gurih, Anda mesti mencoba sajian yang satu ini.

Bumbu-bumbu yang dibutuhkan diantaranya yakni minyak wijen, saos tiram, serta kecap inggris. Sebagai isiannya, Anda dapat menambahkan udang kupas, bakso ikan, dan telur ayam. Atau juga dapat menggunakan daging ayam, sosis, dan otak-otak tim, serta sayuran seperti wortel, kacang polong, dan jagung pipil. Kecuali menyehatkan, tampilan nasi hainam ini malah akan jadi lebih menarik.

  1. Anda butuh 1 ekor dari ayam potong 6/8.
  2. Anda butuh 1 sdt dari cuka/1 sdm air jeruk nipis.
  3. Yang dibutuhkan 1 sdt dari garam.
  4. Yang dibutuhkan dari Rebusan ayam :.
  5. Persiapan 1,5 liter dari air.
  6. Persiapan 1 batang dari sereh.
  7. Yang dibutuhkan 1 ruas dari jahe.
  8. Anda butuh 1 batang dari daun bawang.
  9. Anda butuh 1 siung dari bawang putih, dikeprek.
  10. Persiapan dari Nasi :.
  11. Persiapan 1 liter dari beras kwalitas bagus.
  12. Anda butuh 2 sdm dari minyak goreng.
  13. Persiapan 1 sdm dari minyak wijen.
  14. Yang dibutuhkan 1 ruas dari jahe, kupas & dirajang.
  15. Yang dibutuhkan 4 siung dari bawang putih, dirajang.
  16. Yang dibutuhkan 2 sdm dari saus tiram.
  17. Yang dibutuhkan 1 sdm dari kecap asin.
  18. Yang dibutuhkan dari Kaldu sisa rebusan ayam.
  19. Yang dibutuhkan sesuai selera dari Garam/penyedap.
  20. Yang dibutuhkan dari Minyak cabe :.
  21. Persiapan 100 ml dari minyak goreng.
  22. Anda butuh 2 cm dari batang kayu manis.
  23. Persiapan 2 bh dari kembang pekak/lawang.
  24. Yang dibutuhkan 1 sdm dari penuh cabe bubuk.
  25. Anda butuh 1 sdt dari minyak wijen.
  26. Yang dibutuhkan dari Pelengkap :.
  27. Yang dibutuhkan 6 siung dari bawang putih cincang yang digoreng garing.
  28. Yang dibutuhkan Irisan dari daun bawang.
  29. Persiapan dari Kaldu rebusan ayam yang di tambah garam atau kecap asin.
  30. Yang dibutuhkan dari dan kecap manis.

Suka banget sm nasi hainam tp krn #stayathome g bisa ke resto favorit akhirny nyoba bikin sendiri. Thank Yah Om dan tante buat kepercayaannya. Semoga panjnag umur dan sehat selalu yah buat Adik Jeevana. Nasi hainam merupakan kuliner nasi khas oriental.

Cara Membuat Nasi Ayam Hainam 🥢

  1. Cuci ayam sebentar saja lalu beri 1 sdt cuka atau 1 sdm air jeruk nipis dan garam, diamkan selama 10 menit. Buang air yang keluar dari ayam dan bilas ayam hingga tidak ada lendirnya.
  2. Rebus ayam 2 kali supaya mendapatkan kaldu yang bersih dan tidak berbau. Rebus pertama dengan 1 liter air sampai kotorannya keluar. Angkat, bilas ayam siram dengan air dingin.
  3. Panas kan 1,5 liter air tambahkan sereh, jahe, daun bawang dan bawang putih, masukkan ayam, rebus hingga mendidih dan ayam benar" matang serta air kaldunya beraroma harum. Setelahnya angkat ayam, sisihkan kaldunya.
  4. Nasi : tumis jahe dan bawang putih cincang dengan 2 sdm minyak goreng dan 1 sdm minyak wijen, tambahkan saus tiram, kecap asin. Masukkan beras yang sudah dicuci, aduk rata, tambahkan garam/penyedap. Tuang air kaldu rebusan ayam dengan ukuran disesuaikan seperti masak nasi biasanya.
  5. Minyak cabe : panaskan minyak goreng dengan kayu manis dan kembang pekak/lawang setelah panas campur dengan cabe bubuk aduk rata.
  6. Buat bawang putih goreng cincang untuk taburan ayam.
  7. Sajikan nasi, dengan ayam di suwir atau utuh sesuai selera beri taburan bawang putih goreng, daun bawang iris serta minyak cabe. Bila suka nasi ayam ini bisa dimakan dengan kuah kaldu rebusan ayam tadi yang diberi tambahan garam/kecap asin dan kecap manis.

Jadi tidak heran jika nasi hainam sangat mudah dijumpai di malaysia, singapura, china, hongkong, dan negara-negara sejenis. Nasi hainam sebenarnya sekilas mirip dengan nasi tim, hanya saja ada beberapa bumbu tambahan lainnya. I am a nasi ayam (chicken rice) lover and for me this is the best 'halal' nasi ayam that I've known. The food is marvelous and the place is very clean. I try nasi steam ayam. taste is good, price is so so.

Sebaiknya kita memakai nasi yang kering untuk membikin nasi hainam. Maksud dari nasi kering yakni nasi yang suadah di masak sehari sebelumnya,sehingga nasi tersebut memiliki tekstur lebih keringdan gampang di masak. Dan bisa di taruh di dalam lemari es atau kulkas selama beberapa jam gar tekstur nasi tersebut kenyal.

Sebaiknya pakai wajan yang lebih lebar pada ketika memsak nasi hainam. Ini bertujuan agar semua bahan atau komposisi nasi hainam bisa tercampur total. Wajan yang lebar tersebut bertujuan untuk mencegah nasi hainam dan isinya berhamburan keluar dikala di aduk.

Dan pakai api besar pada ketika detik Anda berharap mengakhiri memasak nasi hainam. Sekiranya seluruh bumbu sudah tercampur dengan nasi,baru api dapat di besarkan dengan mengaplikasikan kompor yang bertekanan tinggi, dan nasi di aduk dengan pesat sampai hmapir gosong. Dengan pedoman sudah mulai keluar asap dan aroma bumbu semakin tercium.

Karena tersebut bertujuan agar nasi hainam restaurant rasanya lebih sedap dan membuat ketagihan, bebauan dari nasi hainam hal yang demikian sangat berbeda dengan nasi hainam lainnya yang di masak dengan kompor rumah. Teknik hampir gosong ini sulit di lakukan bagi Anda, yang sebelumnya belum terbiasa memasak nasi hainam dengan teknik hal yang demikian. Wangi-wangian, jika sedikit saja terlambat, maka nasi hainam akan over cook dan tak enak untuk di makan.

Satu hal yang perlu di ingat, bahwa nasi hainam restaurant terasa lebih enak, karena bebauannya yang sungguh-sungguh khas. Suhu tersebut di hasilkan dari temperatur yang amat panas oleh api saat pemasakan. Yang tinggi memiliki tujuan untuk mencegah nasi agar tidak menempel pada wajan dan juga membuat nasi menjadi kering.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *