Panduan Membuat Nasi Liwet / Nasi Kuning Terbaru

Nasi Liwet / Nasi Kuning. Nasi liwet (bahasa Jawa: ꦱꦼꦒ ꦭꦶꦮꦼꦠ꧀, translit. Sega Liwet) adalah makanan khas kota Solo dan merupakan kuliner asli daerah Baki, Kabupaten Sukoharjo. Sebentar lagi si kakak ulang tahun tapi masih bingung mau masak apa?, Nasi liwet yaitu makanan khas Indonesia, dan pada dasarnya sama seperti makanan Indonesia lainnya yang mempunyai banyak sekali variasi. Meski telah ada pelbagai ragam jenis, pada dasarnya nasi liwet yakni nasi yang diliwet yang kemudian ditambahi dengan beragam bumbu untuk kenikmatan yang lebih lagi.

Kecuali itu, masing-masing resep mempunyai ciri khas tersendiri. Anda dapat kok mencoba satu atau mungkin seluruh macam nasi liwet yang ada. Bahan-bahannya juga gampang didapat. Berikut ini yakni salah satu resep nasi liwet yang dapat Anda coba lho.

Nasi Liwet / Nasi Kuning Nasi liwet alas daun pisang biasanya dibuat oleh masyarakat jawa atau pun sunda untuk dihadirkan pada saat acar acara syukuran atau memanjatkan doa, dimana penyajian nasi liwet alas daun pisang ini mudah sekali. Resep nasi kuning bisa mengatasi nafsu makan yang berfluktuasi. Nasi kuning mudah dibuat dan punya lauk pelengkap yang dijamin enak. Nah, rupanya memasak Nasi Liwet / Nasi Kuning sederhana tapi dengan 10 dan 3 langkah mudah, dengan rasa istimewa rasa cafe dapat kau lakukan di rumah. Seperti apa resepnya?

Bahan yang Digunakan untuk Membuat Nasi Liwet / Nasi Kuning

Jikalau membahas nasi liwet, umumnya akan langsung terbayang dengan nasi yang berwarna gelap kecoklatan. Tetapi sebenarnya ada macam nasi liwet yang berwarna jelas karena tak menggunakan kecap. Nasi liwet ini disebut dengan nasi liwet oriental. Sekiranya Anda penikmat makanan gurih, Anda patut mencoba sajian yang satu ini.

Bumbu-bumbu yang diperlukan diantaranya yakni minyak wijen, saos tiram, serta kecap inggris. Sebagai isiannya, Anda bisa menambahkan udang kupas, bakso ikan, dan telor ayam. Atau juga dapat memakai daging ayam, sosis, dan otak-otak liwet, serta sayuran seperti wortel, kacang polong, dan jagung pipil. Selain menyehatkan, tampilan nasi liwet ini pun akan jadi lebih menarik.

  1. Persiapan 500 gr dari beras.
  2. Persiapan 700 ml dari santan (65 ml santan instan+air).
  3. Persiapan 9 dari bawang merah.
  4. Persiapan 5 dari bawang putih.
  5. Persiapan 2 lembar dari daun salam.
  6. Persiapan 8 lembar dari daun jeruk, buang tulangnya lalu sobek kasar.
  7. Persiapan 1 batang dari sereh, geprek.
  8. Anda butuh 1 sdt dari garam.
  9. Yang dibutuhkan 1/4 sdt dari lada bubuk.
  10. Yang dibutuhkan Secukupnya dari kunyit bubuk.

Resep Nasi Kuning – Nafsu makan yang tidak terkontrol adalah persoalan yang harus diatasi agar keperluan nutrisi tubuh terpenuhi. Seperti yang diketahui, resep nasi liwet merupakan salah satu resep makanan yang banyak disukai oleh banyak orang. Bagi Anda yang ingin menikmati nasi liwet namun malas keluar rumah, Anda bisa mencobanya sendiri di rumah. Anda tidak perlu khawatir karena bahan-bahan yang dibutuhkan.

Cara Membuat Nasi Liwet / Nasi Kuning

  1. Cuci bersih beras. Iris bawang tipis-tipis, masukkan ke dalam panci berisi beras. Tuang santan dan semua bahan. Aduk rata. Masak dengan api kecil sampai santan menyusut. Aduk sesekali supaya tidak gosong..
  2. Kemudian matikan kompor. Pindahkan nasi aron ke dalam dandang yang sudah panas, kukus selama 30 menit..
  3. Setelah 30 menit. Aduk nasinya sebentar, lalu tutup lagi biarkan 10 menit supaya matang merata. Kemudian siap disajikan dengan pelengkap. Selamat makan👍.

Resep nasi kuning – Siapa yang tak kenal nasi kuning? Makanan khas Indonesia ini terbuat dari beras yang diberi kunyit untuk menghasilkan warna kuning dan dimasak bersama santan. Nasi kuning sering disajikan pada acara-acara tertentu seperti tasyakuran, pesta ulang tahun maupun pesta. Finally I got the time to make a proper and complete nasi kuning. It is quite a production to prepare this dish, since nasi kuning (or yellow rice) is… This post is just for the recipe of nasi kuning, if you want to prepare the complete works, please see my previous posts for Jadikan nasi kuning sebagai menu sarapan spesial untuk keluarga.

Sebaiknya kita memakai nasi yang kering untuk membuat nasi liwet. Maksud dari nasi kering merupakan nasi yang suadah di masak sehari sebelumnya,sehingga nasi tersebut memiliki tekstur lebih keringdan gampang di masak. Dan bisa di taruh di dalam lemari es atau kulkas selama sebagian jam gar tekstur nasi hal yang demikian kenyal.

Sebaiknya pakai wajan yang lebih lebar pada ketika memsak nasi liwet. Ini bertujuan supaya semua bahan atau komposisi nasi liwet bisa tercampur total. Wajan yang lebar tersebut bertujuan untuk mencegah nasi liwet dan isinya berhamburan keluar dikala di aduk.

Dan gunakan api besar pada saat detik Anda berkeinginan mengakhiri memasak nasi liwet. SeAndainya segala bumbu telah tercampur dengan nasi,baru api dapat di besarkan dengan menerapkan kompor yang bertekanan tinggi, dan nasi di aduk dengan cepat sampai hmapir gosong. Dengan tAnda telah mulai keluar asap dan wangi-wangian bumbu semakin tercium.

Karena tersebut bertujuan agar nasi liwet restaurant rasanya lebih nikmat dan membuat ketagihan, wewangian dari nasi liwet tersebut benar-benar berbeda dengan nasi liwet lainnya yang di masak dengan kompor rumah. Teknik hampir gosong ini susah di lakukan bagi Anda, yang sebelumnya belum terbiasa memasak nasi liwet dengan teknik hal yang demikian. Wangi-wangian, seandainya sedikit saja telat, karenanya nasi liwet akan over cook dan tidak nikmat untuk di makan.

Satu hal yang perlu di ingat, bahwa nasi liwet restaurant terasa lebih sedap, karena aromanya yang sungguh-sungguh khas. Suhu tersebut di hasilkan dari suhu yang sungguh-sungguh panas oleh api saat pemasakan. Yang tinggi memiliki tujuan untuk mencegah nasi agar tak menempel pada wajan dan juga membuat nasi menjadi kering.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *