Resep Nasi Gegok Tuna Trenggalek Lezat

Nasi Gegok Tuna Trenggalek. Lihat juga resep Nasi Gegok Isi Sambal Teri Khas Trenggalek enak lainnya. Sego gegok ala gadis jombang😂Saya tahu sego gegok khas trenggalek ini karena kuliah di Tulungagung,dan nasi ini selalu laris saat ada acara di kampus dan konon bisa juga menjadi obat flu loh,jadi sego gegok ini. Gegok paling enak di Trenggalek ya Gegok Tuna Mantap., nasi gegok ialah makanan khas Indonesia, dan pada dasarnya sama seperti makanan Indonesia lainnya yang mempunyai banyak sekali ragam. Sedangkan telah ada bermacam-macam jenis tipe, pada dasarnya nasi gegok merupakan nasi yang ditim yang kemudian ditambahi dengan berbagai bumbu untuk kenikmatan yang lebih lagi.

Selain itu, masing-masing resep memiliki ciri khas tersendiri. Kau dapat kok mencoba satu atau mungkin semua macam nasi gegok yang ada. Bahan-bahannya juga mudah diperoleh. Berikut ini yaitu salah satu resep nasi gegok yang dapat kau coba lho.

Nasi Gegok Tuna Trenggalek Masyarakat Trenggalek meyakini bahwa dengan mengonsumsi nasi gegok yang punya cita rasa pedas ini dapat mengobati hidung yang tersumbat Berdasarkan informasi yang Informasi Trenggalek peroleh, nasi gegok adalah makanan sehari-hari masyarakat Trenggalek yang khususnya ada di. Menikmati liburan ke suatu daerah, belum lengkap rasanya kalau tidak mencicipi makanan khas setempat. Nah, kalau sobat mampir ke kabupaten Trenggalek, Jawa Timur jangan sampai kelewatan menikmati Sego Gegok atau bahasa Indonesianya nasi "Gegok". Nah, rupanya memasak Nasi Gegok Tuna Trenggalek simpel tetapi dengan 14 dan 3 langkah mudah, dengan rasa istimewa rasa resto dapat Anda lakukan di rumah. Seperti apa resepnya?

Bahan yang Dibutuhkan untuk Memasak Nasi Gegok Tuna Trenggalek

Apabila membahas nasi gegok, umumnya akan langsung terbayang dengan nasi yang berwarna gelap kecoklatan. Melainkan hakekatnya ada tipe nasi gegok yang berwarna terang karena tak menggunakan kecap. nasi gegok ini disebut dengan nasi gegok oriental. Bila Anda penikmat makanan gurih, Anda sepatutnya mencoba sajian yang satu ini.

Bumbu-bumbu yang diperlukan diantaranya yakni minyak wijen, saos tiram, serta kecap inggris. Sebagai isiannya, Anda dapat menambahkan udang kupas, bakso ikan, dan telor ayam. Atau juga bisa menggunakan daging ayam, sosis, dan otak-otak tim, serta sayuran seperti wortel, kacang polong, dan jagung pipil. Kecuali menyehatkan, tampilan nasi gegok ini pun akan jadi lebih menarik.

  1. Yang dibutuhkan 500 gram dari beras.
  2. Anda butuh 5 dari sapit ikan irisan tuna (suwir").
  3. Anda butuh dari Bumbu sambal ikan:.
  4. Yang dibutuhkan 4 siung dari bawang putih.
  5. Yang dibutuhkan 6 siung dari bawang merah.
  6. Anda butuh 20 dari cabe rawit.
  7. Yang dibutuhkan 5 dari cabe keriting.
  8. Persiapan 2 butir dari kemiri.
  9. Yang dibutuhkan 2 buah dari tomat.
  10. Anda butuh Secukupnya dari minyak untuk menumis.
  11. Persiapan Secukupnya dari garam dan gula.
  12. Persiapan 2 lembar dari daun salam.
  13. Yang dibutuhkan 1 ruas dari lengkuas geprek.
  14. Persiapan Secukupnya dari daun pisang.

Nasi Gegok pertama kali dipopulerkan oleh Mbah Tuminah di Kecamatan Bendungan Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur. Keadaan wilayah Trenggalek yang identik dengan daerah pegunungan, menjadikan masyarakat Trenggalek mayoritas bekerja sebagai petani. Nasi gegok adalah masakan tardisional khas Trenggalek yang enak sekali. Nasi gegok ini terbuat dari bahan-bahan yang sudah tentu banyakkita temuai yaitu bawang merah, bawang putih, cabe, beras, ikan teri dan bahan-bahan lainnya.

Cara Membuat Nasi Gegok Tuna Trenggalek

  1. Cuci bersih beras dan masak hingga menjadi karon atau nasi setengah matang.
  2. Haluskan semua bahan bumbu, tumis hingga harum. Masukkan daun salam, irisan tomat dan lengkuas, lalu masukkan ikan tuna aduk rata sampai meresap. Cek rasa, angkat.
  3. Ambil daun pisang (di dobel yaa biar gak sobek) letakkan 1 centong nasi karon lalu ambil 2 sendok sambal taruh di dalam nasi. Bungkus lalu di kukus sampai nasi matang. Selamat mencoba 😊.

Kepul sedap aroma nasi panas langsung menggoda hidung ketika bungkus daun pisang disingkap. Aroma khas yang susah ditemui saat makan di depot atau restoran. Begitu kesan pertama yang muncul ketika mencicip nasi gegok, salah satu makanan khas Kabupaten Trenggalek. Nasi Gegog adalah makanan khas Trenggalek dan sekitarnya. Biasanya kalau cara tradisional di aron dulu ya, baru di kukus, kalau aku pakai rice cooker aja biar nasinya pulen nggak pero, terus di bungkus daun, di beri toping tumisan bisa Teri, Tuna, atau ikan pindang seperti yang aku buat ini ya.

Sebaiknya kita memakai nasi yang kering untuk membuat nasi gegok. Maksud dari nasi kering yakni nasi yang suadah di masak sehari sebelumnya,sehingga nasi hal yang demikian mempunyai tekstur lebih keringdan gampang di masak. Dan dapat di taruh di dalam lemari es atau kulkas selama sebagian jam gar tekstur nasi hal yang demikian kenyal.

Sebaiknya pakai wajan yang lebih lebar pada saat memsak nasi gegok. Ini bertujuan supaya segala bahan atau komposisi nasi gegok dapat tercampur total. Wajan yang lebar hal yang demikian bertujuan untuk mencegah nasi gegok dan isinya berhamburan keluar ketika di aduk.

Dan gunakan api besar pada ketika detik Anda berharap mengakhiri memasak nasi gegok. Kalau segala bumbu sudah tercampur dengan nasi,baru api dapat di besarkan dengan menggunakan kompor yang bertekanan tinggi, dan nasi di aduk dengan cepat hingga hmapir gosong. Dengan pertAnda telah mulai keluar asap dan aroma bumbu kian tercium.

Karena hal yang demikian bertujuan agar nasi gegok restaurant rasanya lebih sedap dan membikin ketagihan, wewangian dari nasi gegok tersebut betul-betul berbeda dengan nasi gegok lainnya yang di masak dengan kompor rumah. Teknik hampir gosong ini sulit di lakukan bagi Anda, yang sebelumnya belum terbiasa memasak nasi gegok dengan teknik tersebut. Wewangian, bila sedikit saja telat, maka nasi gegok akan over cook dan tidak nikmat untuk di makan.

Satu hal yang perlu di ingat, bahwa nasi gegok restaurant terasa lebih nikmat, sebab wewangiannya yang sungguh-sungguh khas. Suhu tersebut di hasilkan dari temperatur yang benar-benar panas oleh api dikala pemasakan. Yang tinggi mempunyai tujuan untuk mencegah nasi agar tak merekat pada wajan dan juga membikin nasi menjadi kering.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *