Panduan Membuat 244. Nasi Liwet Bunga Telang Lezat

244. Nasi Liwet Bunga Telang. Bunga berwarna ungu ini dipercaya menurunkan kolesterol dan membakar lemak. Selanjutnya, masukkan beras, santan, air bunga telang, bunga telang, parutan kelapa, bawang merah, garam, gula pasir, serai, daun jeruk, dan daun salam. Setelah matang, angkat dan sajikan nasi liwet biru., Nasi liwet yakni makanan khas Indonesia, dan pada dasarnya sama seperti makanan Indonesia lainnya yang memiliki banyak sekali macam. Meskipun telah ada beraneka ragam ragam, pada dasarnya nasi liwet adalah nasi yang diliwet yang kemudian ditambahi dengan beraneka bumbu untuk kenikmatan yang lebih lagi.

Kecuali itu, masing-masing resep mempunyai ciri khas tersendiri. Kau bisa kok mencoba satu atau mungkin seluruh tipe nasi liwet yang ada. Bahan-bahannya juga gampang didapat. Berikut ini adalah salah satu resep nasi liwet yang dapat Anda coba lho.

244. Nasi Liwet Bunga Telang Sebab, bunga berwarna biru ini, dikenal sebagai tanaman hias yang tumbuh di pekarangan. Bunga yang memilki nama medis Clitoria ternatea ini, berasal dari negara-negara di Asia Tenggara.. Bunga telang bukan barang baru lagi di dunia kuliner. Nah, rupanya memasak 244. Nasi Liwet Bunga Telang sederhana namun dengan 11 dan 8 langkah mudah, dengan rasa istimewa rasa restoran bisa kau lakukan di rumah. Seperti apa resepnya?

Bahan yang Digunakan untuk Membuat 244. Nasi Liwet Bunga Telang

Apabila membahas nasi liwet, lazimnya akan lantas terbayang dengan nasi yang berwarna gelap kecoklatan. Tapi sebenarnya ada jenis nasi liwet yang berwarna jelas karena tak memakai kecap. Nasi liwet ini disebut dengan nasi liwet oriental. Sekiranya Anda penikmat makanan gurih, Anda harus mencoba sajian yang satu ini.

Bumbu-bumbu yang diperlukan diantaranya yakni minyak wijen, saos tiram, serta kecap inggris. Sebagai isiannya, Anda bisa menambahkan udang kupas, bakso ikan, dan telor ayam. Atau juga dapat mengaplikasikan daging ayam, sosis, dan otak-otak liwet, serta sayuran seperti wortel, kacang polong, dan jagung pipil. Kecuali menyehatkan, tampilan nasi liwet ini bahkan akan jadi lebih menarik.

  1. Persiapan 30 Kuntum dari bunga telang.
  2. Anda butuh 200 ml dari Air Hangat > untuk membuat ekstrak bunga telang.
  3. Yang dibutuhkan 250 gr dari Beras.
  4. Persiapan 4 siung dari Bawang Merah > iris halus.
  5. Anda butuh 2 siung dari Bawang Putih > iris halus.
  6. Yang dibutuhkan 1 batang dari sereh > geprek.
  7. Persiapan 3 lembar dari Daun Salam.
  8. Yang dibutuhkan Secukupnya dari Air untuk tambahan memasak nasi.
  9. Anda butuh Secukupnya dari Garam.
  10. Yang dibutuhkan Secukupnya dari Kaldu Bubuk.
  11. Persiapan Secukupnya dari Margarin untuk menumis (me blue band).

Campuran bunga yang satu ini akan memberikan rasa khas yang unik dan berbeda. Masak cumi hitam: tumis bawang putih dan merah dengan sedikit minyak. Bumbu tumis nasi liwet: Panaskan minyak, tumis bawang. Bunga telang memiliki bentuk unik seperti kemaluan wanita, dan biasanya memiliki warna biru terang, namun ada juga yang memiliki warna putih.

Cara Membuat 244. Nasi Liwet Bunga Telang

  1. Persiapkan bahan² yang akan digunakan..
  2. Rendam bunga telang dengan air hangat. Setelah semua bunga terekstrak, saring..
  3. Kupas dan cuci bersih bawang merah dan bawang putih, lalu iris halus. Cuci daun salam dan serai, geprek serai..
  4. Cuci beras yang akan digunakan seperti biasa..
  5. Masukkan margarin ke wajan. Tumis bawang merah, bawang putih, sereh dan daun salam hingga harum..
  6. Masukkan dalam rice cooker, beras, bumbu yg sudah ditumis, garam, kaldu bubuk, tambahkan air ekstrak bunga telang dan tambahkan air seperti biasa, aduk rata..
  7. Nyalakan rice cooker dan masak spt biasa, hingga nasi matang..
  8. Nasi liwet bunga telang siap disajikan. Lauk nya sesuai selera ya moms bisa kering tempe, pepes telur asin, tempe dan tahu bacem, telur balado, ayam goreng dll. Nasi liwet mah enaknya sama ikan asin peda merah bakar 😅😍.

Bunga telang terkenal memiliki banyak manfaat baik untuk kuliner ataupun juga untuk kesehatan. Sebagai pewarna pada nasi kerabu di Malaysia. Kembang atau bunga telang (Clitoria ternatea), adalah tumbuhan merambat yang biasa ditemukan di pekarangan atau tepi hutan. Terdapat varietas dengan mahkota bunga berwarna putih. "Di Malaysia, sudah ada nasi biru dengan menggunakan air kembang telang sebagai pewarna," ucap Triana Indrian. Nasi liwet adalah nasi gurih mirip nasi uduk, yang disajikan dengan sayur labu siam, suwiran ayam dan areh.

Sebaiknya kita memakai nasi yang kering untuk membikin nasi liwet. Maksud dari nasi kering ialah nasi yang suadah di masak sehari sebelumnya,sehingga nasi hal yang demikian mempunyai tekstur lebih keringdan mudah di masak. Dan dapat di taruh di dalam lemari es atau kulkas selama sebagian jam gar tekstur nasi tersebut kenyal.

Sebaiknya gunakan wajan yang lebih lebar pada ketika memsak nasi liwet. Ini bertujuan agar semua bahan atau komposisi nasi liwet dapat tercampur sempurna. Wajan yang lebar hal yang demikian bertujuan untuk mencegah nasi liwet dan isinya berhamburan keluar ketika di aduk.

Dan gunakan api besar pada saat detik Anda berkeinginan mengakhiri memasak nasi liwet. Kalau segala bumbu sudah tercampur dengan nasi,baru api dapat di besarkan dengan menggunakan kompor yang bertekanan tinggi, dan nasi di aduk dengan cepat sampai hmapir gosong. Dengan pertAnda telah mulai keluar asap dan wewangian bumbu kian tercium.

Sebab tersebut bertujuan agar nasi liwet restaurant rasanya lebih nikmat dan membuat ketagihan, wewangian dari nasi liwet hal yang demikian sungguh-sungguh berbeda dengan nasi liwet lainnya yang di masak dengan kompor rumah. Teknik hampir gosong ini sulit di lakukan bagi Anda, yang sebelumnya belum terbiasa memasak nasi liwet dengan teknik tersebut. Aroma, apabila sedikit saja telat, karenanya nasi liwet akan over cook dan tak nikmat untuk di makan.

Satu hal yang perlu di ingat, bahwa nasi liwet restaurant terasa lebih enak, karena wangi-wangiannya yang sangat khas. Temperatur tersebut di hasilkan dari suhu yang betul-betul panas oleh api ketika pemasakan. Yang tinggi memiliki tujuan untuk mencegah nasi agar tak menempel pada wajan dan juga membuat nasi menjadi kering.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *