Cara Bikin #7 Nasi Biryani Ayam | Menu Lebaran #siapramadhan Mantab

#7 Nasi Biryani Ayam | Menu Lebaran #siapramadhan. , nasi briyani merupakan makanan khas Indonesia, dan pada dasarnya sama seperti makanan Indonesia lainnya yang memiliki banyak sekali macam. Sedangkan telah ada bermacam tipe jenis, pada dasarnya nasi briyani adalah nasi yang ditim yang kemudian ditambahi dengan beragam bumbu untuk kenikmatan yang lebih lagi.

Kecuali itu, masing-masing resep memiliki ciri khas tersendiri. Anda bisa kok mencoba satu atau mungkin segala ragam nasi briyani yang ada. Bahan-bahannya juga mudah didapatkan. Berikut ini yaitu salah satu resep nasi briyani yang dapat kau coba lho.

#7 Nasi Biryani Ayam | Menu Lebaran #siapramadhan Nah, ternyata memasak #7 Nasi Biryani Ayam | Menu Lebaran #siapramadhan sederhana tapi dengan 58 dan 11 langkah mudah, dengan rasa istimewa rasa cafe bisa Anda lakukan di rumah. Seperti apa resepnya?

Bahan yang Digunakan untuk Memasak #7 Nasi Biryani Ayam | Menu Lebaran #siapramadhan

SeAndainya membahas nasi briyani, biasanya akan langsung terbayang dengan nasi yang berwarna gelap kecoklatan. Namun sebenarnya ada tipe nasi briyani yang berwarna terang sebab tidak mengaplikasikan kecap. nasi briyani ini disebut dengan nasi briyani oriental. Apabila Anda penikmat makanan gurih, Anda semestinya mencoba sajian yang satu ini.

Bumbu-bumbu yang dibutuhkan diantaranya merupakan minyak wijen, saos tiram, serta kecap inggris. Sebagai isiannya, Anda dapat menambahkan udang kupas, bakso ikan, dan telur ayam. Atau juga dapat mengaplikasikan daging ayam, sosis, dan otak-otak tim, serta sayuran seperti wortel, kacang polong, dan jagung pipil. Kecuali menyehatkan, tampilan nasi briyani ini pun akan jadi lebih menarik.

  1. Yang dibutuhkan dari Bumbu Marinate Ayam.
  2. Anda butuh 1.5 kg dari ayam (potongan besar, misal paha utuh atas dan bawah).
  3. Yang dibutuhkan 1 sdt dari jahe halus (diblender/diparut).
  4. Anda butuh 50 gr dari yoghurt plain.
  5. Yang dibutuhkan 50 gr dari bawang goreng.
  6. Yang dibutuhkan 1/2 sdt dari bubuk kunyit.
  7. Yang dibutuhkan 2 sdm dari bubuk cabai merah.
  8. Anda butuh 2 sdt dari bubuk jintan.
  9. Anda butuh 2 sdt dari bubuk ketumbar.
  10. Persiapan 1/2 sdt dari bubuk garam masala.
  11. Yang dibutuhkan 1/2 sdt dari bubuk biryani masala.
  12. Persiapan 10 helai dari daun ketumbar segar.
  13. Yang dibutuhkan 1 sdm dari air jeruk nipis.
  14. Persiapan 1/2 sdt dari garam.
  15. Yang dibutuhkan 2 sdm dari ghee / clarified butter.
  16. Yang dibutuhkan 1 buah dari jeruk nipis (untuk membersihkan ayam).
  17. Anda butuh 1 sdm dari garam (untuk membersihkan ayam).
  18. Yang dibutuhkan dari Aromatic Basmati Rice.
  19. Yang dibutuhkan 1 kg dari basmati rice.
  20. Anda butuh 1 lembar dari kain kasa (untuk bouquet garni).
  21. Persiapan 4 butir dari kapulaga.
  22. Persiapan 2 batang dari kayumanis.
  23. Yang dibutuhkan 4 butir dari cengkih.
  24. Anda butuh 1 lembar dari bay leaf.
  25. Anda butuh 1 butir dari biji pala.
  26. Persiapan 1 lembar dari kembang lawang.
  27. Yang dibutuhkan 4 pcs dari bunga lawang / star anise.
  28. Anda butuh 10 butir dari biji lada putih.
  29. Persiapan 10 butir dari biji lada hitam.
  30. Anda butuh 1 liter dari air.
  31. Persiapan 2 sdm dari garam.
  32. Persiapan 1 sdt dari biji jintan.
  33. Yang dibutuhkan dari Topping Tambahan (optional).
  34. Yang dibutuhkan 5 dari telur ayam rebus.
  35. Yang dibutuhkan 2 buah dari kentang, bagi menjadi empat bagian, rebus.
  36. Yang dibutuhkan 1 sdm dari ghee / clarified butter.
  37. Persiapan 1/4 sdt dari bubuk kunyit.
  38. Yang dibutuhkan 1/4 sdt dari bubuk garam masala.
  39. Persiapan dari Bumbu Taburan.
  40. Anda butuh 12 sdm dari ghee/clarified butter, cairkan.
  41. Yang dibutuhkan 6 sdm dari susu cair + secubit saffron, rendam.
  42. Anda butuh 6 sdm dari bawang goreng.
  43. Persiapan 6 sdm dari daun ketumbar segar.
  44. Yang dibutuhkan 6 sdm dari daun mint segar.
  45. Persiapan dari Garam masala.
  46. Anda butuh dari Bahan Menggoreng Ayam.
  47. Persiapan 2 sdm dari ghee / clarified butter.
  48. Anda butuh 4 butir dari kapulaga.
  49. Yang dibutuhkan 4 butir dari cengkih.
  50. Yang dibutuhkan 2 batang dari kayumanis.
  51. Yang dibutuhkan 1.5 sdt dari bubuk kunyit.
  52. Yang dibutuhkan 2 lembar dari bay leaf.
  53. Yang dibutuhkan dari Gravy.
  54. Anda butuh dari Bumbu marinate ayam.
  55. Anda butuh 2 sdm dari ghee / clarified butter.
  56. Anda butuh 1/2 dari bawang bombay, cincang.
  57. Anda butuh 1 sdm dari ginger garlic paste.
  58. Persiapan 5 dari cabai rawit atau sesuai selera (optional).

Cara Membuat #7 Nasi Biryani Ayam | Menu Lebaran #siapramadhan

  1. Cuci bersih ayam di air mengalir. Pindahkan ke wadah, beri perasan jeruk nipis dan garam. Remas/aduk. Diamkan 15 menit. Metode ini akan membersihkan ayam dari kotoran, cairan ga berguna, dan menghilangkan bau amis. Setelah 15 menit, tiriskan dari cairan/lemak yang keluar dari ayam. Bilas kembali di air yang mengalir. Keringkan dengan kitchen towel/tissue. Sisihkan..
  2. Taruh ayam pada wadah. Masukkan jahe halus bawang goreng, yogurt, bubuk kunyit, bubuk cabai merah, bubuk jintan, bubuk ketumbar, bubuk garam masala, biryani masala, daun ketumbar, air jeruk nipis, garam, ghee atau clarified butter. Aduk semua bahan sampai rata. Tutup dgn cling wrap. Simpan dalam lemari es selama 12 -24 jam..
  3. Next day. Cuci bersih basmati, rendam 30 menit. Sambil menunggu, panaskan wajan dengan api sedang, masukkan ghee dan biarkan mencair. Goreng telur dan kentang yg sudah direbus. taburkan secubit bubuk kunyit dan bubuk garam masala. Setelah bagian luar telur dan kentang mulai terlihat kering. Angkat dan sisihkan..
  4. Di wajan yang sama, masukkan semua bahan utk menggoreng ayam, panaskan dengan api sedang. Masukkan ayam dengan posisi kulit dibawah (tanpa bumbu marinate nya). masak hingga kulit kecokelatan (3-5mnt), kemudian balik dan masak 3-5 menit. Angkat dan sisihkan..
  5. Di wajan yang sama, masukan ghee, bawang bombay, garlic ginger paste, tumis hingga beraroma, masukkan cabai rawit jika kamu suka pedas. Masukkan bumbu marinade ayam, masak hingga gravy kental dan kecokelatan. Matikan api. Sisihkan..
  6. Buat bouquet garni/kanting rempah. siapkan 1 lembar kain kasa lalu isi kain tersebut dengan kapulaga, kayu manis, cengkih, bay leaf, biji pala, kembang pala, bunga lawang, biji lada putih, biji lada hitam. Ikat diagonal tiap sisinya..
  7. Siapkan panci. Tuang air, masukkan garam, biji jintan, kantung rempah, dan jerang di api sedang. Setelah mendidih, masukkan beras basmati yang sudah ditiriskan. Masak sampai ¾ matang (4menit). siapkan wadah dan saringan lalu tiriskan basmati rice, dan simpan air rebusannya sebanyak 1 cup atau 1 cangkir teh. Sisihkan. Bouquet garni bisa dibuang..
  8. FINAL STEP! Siapkan panci besar dengan tutup. lebih baik teflon. Oleskan seluruh bagian dalam panci dengan ghee. Susun Layer pertama: ayam didasar panci. Lalu sisipkan kentang dan telur di samping atau diatas ayam. Tuang ½ bagian gravy, tuang 1 cup air rebusan basmati rice, tuang 2-3 sendok nasi basmati rice dan sebarkan merata..
  9. Tabur secubit garam masala, tuang 4 sdm ghee cair, tuang 2 sdm saffron milk, taburkan 2 sdm bawang goreng, taburkan 2 sdm daun ketumbar, taburkan 10 lembar daun mint. ulangi dengan cara yang sama utk layer kedua maupun ketiga..
  10. Tutup panci dengan alumunium foil agar uap panas yg dibutuhkan untuk menanak Biryani Rice ini tidak keluar. Setelah ditutup alumunium foil, tutup panci dengan tutupnya. Masak dengan cara: – 10 menit pertama dengan api besar. – 5 menit berikutnya dengan api sedang. – 20 menit berikutnya dengan api kecil..
  11. Setelah itu, matikan api dan biarkan 20-30 menit terlebih dahulu sebelum dibuka. Setelah 30 menit, buka perlahan alumunium foilnya, dan mulai aduk Biryani Rice mu dengan menggunakan garpu secara perlahan. Selamat menikmati!.

Sebaiknya kita menerapkan nasi yang kering untuk membuat nasi briyani. Maksud dari nasi kering yakni nasi yang suadah di masak sehari sebelumnya,sehingga nasi hal yang demikian memiliki tekstur lebih keringdan mudah di masak. Dan dapat di taruh di dalam lemari es atau kulkas selama beberapa jam gar tekstur nasi hal yang demikian kenyal.

Sebaiknya pakai wajan yang lebih lebar pada dikala memsak nasi briyani. Ini bertujuan agar seluruh bahan atau komposisi nasi briyani dapat tercampur total. Wajan yang lebar tersebut bertujuan untuk mencegah nasi briyani dan isinya berhamburan keluar dikala di aduk.

Dan gunakan api besar pada dikala detik Anda berharap mengakhiri memasak nasi briyani. Bila seluruh bumbu telah tercampur dengan nasi,baru api dapat di besarkan dengan menerapkan kompor yang bertekanan tinggi, dan nasi di aduk dengan kencang hingga hmapir gosong. Dengan petunjuk sudah mulai keluar asap dan wangi-wangian bumbu kian tercium.

Sebab hal yang demikian bertujuan agar nasi briyani restaurant rasanya lebih enak dan membuat ketagihan, wewangian dari nasi briyani hal yang demikian amat berbeda dengan nasi briyani lainnya yang di masak dengan kompor rumah. Teknik hampir gosong ini susah di lakukan bagi Anda, yang sebelumnya belum terbiasa memasak nasi briyani dengan teknik tersebut. Aroma, apabila sedikit saja telat, karenanya nasi briyani akan over cook dan tidak sedap untuk di makan.

Satu hal yang perlu di ingat, bahwa nasi briyani restaurant terasa lebih sedap, karena wewangiannya yang amat khas. Suhu hal yang demikian di hasilkan dari temperatur yang sungguh-sungguh panas oleh api ketika pemasakan. Yang tinggi mempunyai tujuan untuk mencegah nasi agar tidak merekat pada wajan dan juga membuat nasi menjadi kering.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *