Tutorial Membuat NASI AYAM HAINAN (ala ala eike😁) Mantab

NASI AYAM HAINAN (ala ala eike😁). Pasti ramai yang tertanya-tanya, bagaimana orang Cina memasak nasi ayam hainan yang sangat berbau harum, wangi dan sedap kan? Sebenarnya ada bahan rahsia telah digunakan oleh tukang masak bangsa Cina untuk menghasilkan nasi ayam hainan yang sangat sempurna. Nasi ayam Hainam (Hanzi: 文昌雞, hanyu pinyin: wénchāngjī) merupakan masakan Tionghoa yang sering dikaitkan dengan masakan Malaysia atau Singapura, dan juga ditemui di negara tetangga Thailand, serta juga di wilayah Hainan, China., nasi hainam merupakan makanan khas Indonesia, dan pada dasarnya sama seperti makanan Indonesia lainnya yang memiliki banyak sekali macam. Meskipun telah ada bermacam-macam jenis ragam, pada dasarnya nasi hainam ialah nasi yang ditim yang kemudian ditambahi dengan beragam bumbu untuk kenikmatan yang lebih lagi.

Selain itu, masing-masing resep memiliki ciri khas tersendiri. Kau dapat kok mencoba satu atau mungkin segala jenis nasi hainam yang ada. Bahan-bahannya juga gampang diperoleh. Berikut ini yaitu salah satu resep nasi hainam yang bisa kau coba lho.

NASI AYAM HAINAN (ala ala eike😁) Ayam hainan merupakan hidangan yang berasal dari provinsi Hainan di China, namun hidangan ini menjadi sangat populer di kawasan Asia Tenggara, khusunya Singapura. Meski komponen utama ayam hainan adalah ayam itu sendiri, namun kunci utama kelezatan terletak pada nasi dan kuah. The Nasi hainan is really tasty, combine with the boiled or roasted chicken. Nah, terbukti memasak NASI AYAM HAINAN (ala ala eike😁) simpel tapi dengan 25 dan 5 langkah mudah, dengan rasa istimewa rasa kafe bisa Anda lakukan di rumah. Seperti apa resepnya?

Bahan yang Diperlukan untuk Memasak NASI AYAM HAINAN (ala ala eike😁)

Kalau membahas nasi hainam, umumnya akan segera terbayang dengan nasi yang berwarna gelap kecoklatan. Melainkan sesungguhnya ada ragam nasi hainam yang berwarna terang sebab tak menggunakan kecap. nasi hainam ini disebut dengan nasi hainam oriental. Jikalau Anda penikmat makanan gurih, Anda seharusnya mencoba sajian yang satu ini.

Bumbu-bumbu yang diperlukan diantaranya yaitu minyak wijen, saos tiram, serta kecap inggris. Sebagai isiannya, Anda bisa menambahkan udang kupas, bakso ikan, dan telor ayam. Atau juga bisa memakai daging ayam, sosis, dan otak-otak tim, serta sayuran seperti wortel, kacang polong, dan jagung pipil. Selain menyehatkan, tampilan nasi hainam ini bahkan akan jadi lebih menarik.

  1. Persiapan dari bumbu ayam.
  2. Persiapan 1 ekor dari ayam utuh.
  3. Persiapan 6 butir dari bawang merah.
  4. Anda butuh 8 siung dari bawang putih.
  5. Anda butuh dari Jahe digeprek (sesuai selera mau sbrp bnyak).
  6. Persiapan dari Air untuk merebus.
  7. Persiapan 1 lbr dari daun pandan.
  8. Yang dibutuhkan dari Kaldu bubuk.
  9. Anda butuh dari Garam (secukupnya).
  10. Persiapan dari Gula (1sdt).
  11. Persiapan 1 sdm dari minyak wijen.
  12. Yang dibutuhkan dari bahan untuk nasi.
  13. Yang dibutuhkan dari Beras (sesuai selera masak brp bnyk).
  14. Persiapan 4 btr dari bawang merah.
  15. Yang dibutuhkan 5 siung dari bawang putih.
  16. Persiapan dari Jahe cincang halus.
  17. Yang dibutuhkan dari bumbu marinade.
  18. Yang dibutuhkan 4 siung dari bawang putih (cincang).
  19. Persiapan 1 ruas dari jahe (cincang).
  20. Yang dibutuhkan dari Kaldu bubuk.
  21. Yang dibutuhkan secukupnya dari Garam.
  22. Anda butuh 1 sdt dari madu (bisa skip).
  23. Anda butuh 1 Sdt dari saus tiram.
  24. Yang dibutuhkan 1 sdm dari kecap asin/manis.
  25. Yang dibutuhkan 1 sdt dari minyak wijen.

They serve several menus as well for beef and vegetables. Hainan and the Chicken is a must. Untuk menu ini sebenarnya tak susah pun nak membuatnya. Jangan di kacau ayam untuk mengelakkan kulitnya atau isi terkoyak.

Cara Membuat NASI AYAM HAINAN (ala ala eike😁)

  1. Cuci bersih ayam lalu lap kering menggunakan kertas tisu dapur,siapkan panci dan isi dngan air,masukkan ayam td ke dlm pnci yg sudah terisi air td(ayamnya hrs terendam ya).masukkan bawang merah dan bawang putih yg sudah dhaluskan,lalu daun pandan,kaldu bubuk,garam,gula dan minyak wijen..
  2. Rebus ayam selama 20 menit,dhitung saat air sudah mendidih.setelah 20 menit,matikan api,biarkan sebntar slama 10 smpe 15 mnit d dlam panci..
  3. Jiks sudah 10 -15 menit,kluarkan ayam,biarkan dingin lalu siram dengan bumbu marinade.setelah itu masukkam ke dlm kulkas kurleb 3 jam.setlh 3 jam,kluarkan ayam dr kulkas,lalu panggang ayam dengan suhu 185° pnas atas bawah selama 20 menit,kemudian dngan suhu 200° selama 10 menit..
  4. Untuk nasi : cuci beras dahulu.lalu tiriskan sbntr.haluskan bawang merah bawang putih,lalu tumis bumbu halus td smpe harum,stlh itu msukkan beras td,masak smpe agak kering.stlh itu masukkan beras yg sudah dsangrai sbntr brsama bumbu td ke dlm rice cooker,tmbhkan air yg td utk.merebus ayam(dikira kira sndri sbrp.bnyak ya)lalu masak spt msak nasi biasa..
  5. Note : stlh ayam matang dpanggang bisa dtaburi dengan wijen yg sudah dsangrai diatasnya 😉.

Lihat juga resep Nasi Hainam dan Ayam tim jahe enak lainnya. Udah lama suami minta di buatin Nasi Hainan.tapi aku selalu sibuk masak menu Jawa dll.jadi lupa terus. Nah kemaren mumpung punya kaldu ayam kampung.aku buat Nasi Hainan aja, ternyata Yodha juga suka. Resep Nasi Ayam Hainan – Jika sebelumnya saya sudah berbagi mengenai Resep Ayam Hainan yang sering disebut ayam rebus Pek Cam Ke. Kalau buat , saya suka guna resepi nasi ayam hainan chinese style.

Sebaiknya kita menerapkan nasi yang kering untuk membuat nasi hainam. Maksud dari nasi kering yakni nasi yang suadah di masak sehari sebelumnya,sehingga nasi tersebut mempunyai tekstur lebih keringdan gampang di masak. Dan bisa di taruh di dalam lemari es atau kulkas selama beberapa jam gar tekstur nasi tersebut kenyal.

Sebaiknya pakai wajan yang lebih lebar pada ketika memsak nasi hainam. Ini bertujuan supaya semua bahan atau komposisi nasi hainam dapat tercampur sempurna. Wajan yang lebar tersebut bertujuan untuk mencegah nasi hainam dan isinya berhamburan keluar dikala di aduk.

Dan gunakan api besar pada saat detik Anda berharap mengakhiri memasak nasi hainam. Sekiranya semua bumbu sudah tercampur dengan nasi,baru api bisa di besarkan dengan menggunakan kompor yang bertekanan tinggi, dan nasi di aduk dengan pesat sampai hmapir gosong. Dengan petunjuk telah mulai keluar asap dan wewangian bumbu kian tercium.

Sebab hal yang demikian bertujuan agar nasi hainam restaurant rasanya lebih sedap dan membikin ketagihan, wewangian dari nasi hainam tersebut amat berbeda dengan nasi hainam lainnya yang di masak dengan kompor rumah. Teknik hampir gosong ini sulit di lakukan bagi Anda, yang sebelumnya belum terbiasa memasak nasi hainam dengan teknik tersebut. Bebauan, bila sedikit saja telat, maka nasi hainam akan over cook dan tak enak untuk di makan.

Satu hal yang perlu di ingat, bahwa nasi hainam restaurant terasa lebih nikmat, karena wangi-wangiannya yang sungguh-sungguh khas. Temperatur hal yang demikian di hasilkan dari suhu yang benar-benar panas oleh api saat pemasakan. Yang tinggi memiliki tujuan untuk mencegah nasi supaya tak merekat pada wajan dan juga membikin nasi menjadi kering.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *