Tutorial Membuat Nasi gegok isian tongkol Enak

Nasi gegok isian tongkol. Kali ini aku membuat nasi bakar dengan isian tongkol kemangi pedas. Untuk nasinya sengaja aku nggak videoin,. Bahan : Minyak Goreng Secukupnya Nasi Putih Ikan Tongkol yang., nasi gegok ialah makanan khas Indonesia, dan pada dasarnya sama seperti makanan Indonesia lainnya yang memiliki banyak sekali macam. Meski sudah ada beragam macam tipe, pada dasarnya nasi gegok ialah nasi yang ditim yang kemudian ditambahi dengan beragam bumbu untuk kenikmatan yang lebih lagi.

Kecuali itu, masing-masing resep memiliki ciri khas tersendiri. Anda bisa kok mencoba satu atau mungkin seluruh tipe nasi gegok yang ada. Bahan-bahannya juga mudah didapat. Berikut ini yaitu salah satu resep nasi gegok yang dapat Anda coba lho.

Nasi gegok isian tongkol Ikan tongkol bisa diolah menjadi berbagai hidangan yang lezat, lho! Yuk, ketahui beragam jenis olahan tongkol terpopuler di Indonesia. Ambillah selembar daun pisang berukuran kecil. Nah, ternyata memasak Nasi gegok isian tongkol simpel melainkan dengan 21 dan 9 langkah mudah, dengan rasa istimewa rasa kafe dapat Anda lakukan di rumah. Seperti apa resepnya?

Bahan yang Diperlukan untuk Membuat Nasi gegok isian tongkol

Apabila membahas nasi gegok, umumnya akan langsung terbayang dengan nasi yang berwarna gelap kecoklatan. Melainkan hakekatnya ada variasi nasi gegok yang berwarna jelas sebab tak menggunakan kecap. nasi gegok ini disebut dengan nasi gegok oriental. Sekiranya Anda penikmat makanan gurih, Anda sepatutnya mencoba sajian yang satu ini.

Bumbu-bumbu yang dibutuhkan diantaranya ialah minyak wijen, saos tiram, serta kecap inggris. Sebagai isiannya, Anda dapat menambahkan udang kupas, bakso ikan, dan telor ayam. Atau juga bisa mengaplikasikan daging ayam, sosis, dan otak-otak tim, serta sayuran seperti wortel, kacang polong, dan jagung pipil. Selain menyehatkan, tampilan nasi gegok ini bahkan akan jadi lebih menarik.

  1. Yang dibutuhkan dari Nasi Gurih.
  2. Yang dibutuhkan 300 gram dari beras.
  3. Anda butuh 900 ml dari air (perbandingan beras dan air 1:3 untuk dimasak di rice cooker).
  4. Yang dibutuhkan 1 bungkus dari santan instan 65 ml (sy pakai semua, seharusnya 1 bungkus santan utk 1 kg beras).
  5. Persiapan 1 1/2 sdt dari garam.
  6. Persiapan 1 batang dari serai.
  7. Anda butuh dari Isian nasi gegok (tumis tongkol).
  8. Anda butuh 2 buah dari ikan tongkol besar.
  9. Anda butuh 4 buah dari cabai merah besar (buang isinya).
  10. Yang dibutuhkan dari Cabai rawit sesuai selera (sy tidak pakai krn anti pedas).
  11. Persiapan 2 buah dari bawang putih.
  12. Yang dibutuhkan 4 buah dari bawang merah.
  13. Anda butuh 1 buah dari tomat.
  14. Anda butuh 1 ruas dari lengkuas.
  15. Persiapan 1 lembar dari daun salam.
  16. Yang dibutuhkan 1/2 sdt dari garam.
  17. Yang dibutuhkan 1 sdt dari gula.
  18. Anda butuh dari Pelengkap.
  19. Persiapan 2 batang dari Daun pisang (dijemur dulu atau dipanggang biar lemas dan tdk mudah pecah patah).
  20. Anda butuh Tusuk dari gigi utk mengunci bungkusan nasi.
  21. Yang dibutuhkan dari Minyak Goreng.

Isilah daun tersebut dengan nasi dan isian tongkol. Gulung daun pisangnya, lalu sematlah kedua ujungnya dengan tusuk. Penjelasan lengkap seputar Resep Nasi Bakar. Mulai dari Isi Ayam, Tongkol, Tuna, Teri, Cumi, Ati Ampela.

Cara Membuat Nasi gegok isian tongkol

  1. Memasak nasi dg rice cooker : Siapkan beras 300gram, cuci bersih, tambah air 900 ml, tambah santan, garam dan serai. masukkan ke rice cooker dan tekan cook, tunggu hingga matang. Nasi hasil masak di rice cooker belum sepenuhnya matang shg nanti di kukus bersama isian nasi gegog..
  2. Membuat isian : rebus bahan yg akan dihaluskan, lalu haluskan dg blender atau uleg manual..
  3. 2 badan tongkol dicuci lalu goreng dg api sedang sampai kecoklatan, tiriskan, suwir kasar agar tidak hancur saat di masak bersama bumbu..
  4. Panaskan minyak, masukkan bumbu halus, lengkuas, daun salam dan gula garam. bisa ditambahkan penyedap jamur. Bila isian terlalu kuat rasanya bs mengaburkan rasa gurih nasi, jd bumbui secukupnya saja..
  5. Tes rasa, bila bumbu sudah mengental, masukkan tongkol suwir, masak sebentar saja sampai bumbu tercampur merata. Isian siap ditambahkan di nasi..
  6. Daun pisang yg sudah lemas dan layu, letakkan nasi diatas daun pisang, jumlah nasi bs disesuaikan dg kebiasaan porsi makan masing-masing. Letakkan tongkol diatas nasi, lalu tutup dg sedikit nasi diatas tongkol..
  7. Bungus nasi sesuai selera, bs spt bungkus botok atau spt lontong. Rapikan bungkus dg gunting. Panaskan air untuk mengukus nasi di dandang, setelah beruap, masukkan bungkusan nasi gegok ke dalam dandang..
  8. Tutup dandang tunggu 15 menit. Bungkus nasi gegok sudah tampak layu, tandanya nasi sudah siap dieksekusi..
  9. Nasi gegok bs dimakan lgsg atau bs disanding dg menu lain. Selamat berbelanja..

Dijamin Enak, Gurih, Simple, Mudah Dibuat. Siapkan daun pisang, tambahkan nasi putih kemudian beri isian ayam jamur, bungkus serta sematkan lidi atau dapat juga menggunakan tusuk gigi. Nasi Gegok terdiri dari nasi dicampur parutan kelapa yang dikukus bersama sambal teri menggunakan daun pisang. Selain dikenal dengan nama Nasi Gegok, makanan ini juga dikenal dengan sebutan Sego Gegok atau akronim dari 'Sego Genem Godhong Gedhang', yang memiliki arti nasi bungkus daun. Nasi gegog mempunyai ciri khas yaitu ikan teri dan rasa pedasnya yang terasa banget.

Sebaiknya kita memakai nasi yang kering untuk membikin nasi gegok. Maksud dari nasi kering yakni nasi yang suadah di masak sehari sebelumnya,sehingga nasi tersebut memiliki tekstur lebih keringdan mudah di masak. Dan bisa di taruh di dalam lemari es atau kulkas selama sebagian jam gar tekstur nasi tersebut kenyal.

Sebaiknya gunakan wajan yang lebih lebar pada saat memsak nasi gegok. Ini bertujuan supaya semua bahan atau komposisi nasi gegok dapat tercampur total. Wajan yang lebar hal yang demikian bertujuan untuk mencegah nasi gegok dan isinya berhamburan keluar ketika di aduk.

Dan pakai api besar pada ketika detik Anda mau mengakhiri memasak nasi gegok. Kalau seluruh bumbu sudah tercampur dengan nasi,baru api bisa di besarkan dengan mengaplikasikan kompor yang bertekanan tinggi, dan nasi di aduk dengan pesat hingga hmapir gosong. Dengan pedoman sudah mulai keluar asap dan wewangian bumbu semakin tercium.

Karena tersebut bertujuan agar nasi gegok restaurant rasanya lebih nikmat dan membuat ketagihan, bebauan dari nasi gegok hal yang demikian amat berbeda dengan nasi gegok lainnya yang di masak dengan kompor rumah. Teknik hampir gosong ini sulit di lakukan bagi Anda, yang sebelumnya belum terbiasa memasak nasi gegok dengan teknik tersebut. Bebauan, bila sedikit saja telat, maka nasi gegok akan over cook dan tidak enak untuk di makan.

Satu hal yang perlu di ingat, bahwa nasi gegok restaurant terasa lebih nikmat, karena wangi-wangiannya yang betul-betul khas. Suhu hal yang demikian di hasilkan dari suhu yang benar-benar panas oleh api dikala pemasakan. Yang tinggi memiliki tujuan untuk mencegah nasi supaya tak menempel pada wajan dan juga membikin nasi menjadi kering.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *