Resep Nasi Uduk gurih (ala betawi) Super

Nasi Uduk gurih (ala betawi). Nasi uduk is an Indonesian Betawi style steamed rice cooked in coconut milk dish, originally from Jakarta, that can be widely found across the country. Nasi uduk literally means "mixed rice" in Betawi dialect, related with Indonesian term aduk ("mix"). Salah satunya nasi uduk yang punya rasa gurih dan tidak lengket., Nasi uduk yakni makanan khas Indonesia, dan pada dasarnya sama seperti makanan Indonesia lainnya yang memiliki banyak sekali jenis. Meskipun sudah ada beragam ragam jenis, pada dasarnya nasi uduk yaitu nasi yang diuduk yang kemudian ditambahi dengan berjenis-jenis bumbu untuk kenikmatan yang lebih lagi.

Selain itu, masing-masing resep memiliki ciri khas tersendiri. Anda bisa kok mencoba satu atau mungkin segala variasi nasi uduk yang ada. Bahan-bahannya juga mudah didapatkan. Berikut ini yaitu salah satu resep nasi uduk yang dapat kau coba lho.

Nasi Uduk gurih (ala betawi) Tentunya bikin kamu ingin membuatnya sendiri di rumah. Resep Nasi Uduk – Salah satu dari variasi nasi biasa yang memiliki banyak penggemar adalah nasi uduk. Selain rasa yang gurih nasi ini dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Nah, terbukti memasak Nasi Uduk gurih (ala betawi) simpel namun dengan 10 dan 3 langkah mudah, dengan rasa istimewa rasa restoran bisa kau lakukan di rumah. Seperti apa resepnya?

Bahan yang Dibutuhkan untuk Memasak Nasi Uduk gurih (ala betawi)

Kalau membahas nasi uduk, umumnya akan seketika terbayang dengan nasi yang berwarna gelap kecoklatan. Tetapi sesungguhnya ada ragam nasi uduk yang berwarna jelas karena tidak menggunakan kecap. Nasi uduk ini disebut dengan nasi uduk oriental. Kalau Anda penikmat makanan gurih, Anda seharusnya mencoba sajian yang satu ini.

Bumbu-bumbu yang dibutuhkan diantaranya yakni minyak wijen, saos tiram, serta kecap inggris. Sebagai isiannya, Anda bisa menambahkan udang kupas, bakso ikan, dan telur ayam. Atau juga bisa menerapkan daging ayam, sosis, dan otak-otak uduk, serta sayuran seperti wortel, kacang polong, dan jagung pipil. Kecuali menyehatkan, tampilan nasi uduk ini pun akan jadi lebih menarik.

  1. Anda butuh 3 gelas dari beras (karena saya hanya ber5 dirumah).
  2. Yang dibutuhkan 500 ml dari santan cair (saya dari santan asli bukan kara).
  3. Persiapan 1 ruas dari jahe di iris.
  4. Persiapan 1 ruas dari lengkuas (geprek).
  5. Yang dibutuhkan 4 lembar dari daun salam.
  6. Anda butuh 2 batang dari sereh.
  7. Persiapan secukupnya dari cengkeh.
  8. Anda butuh biji dari pala bagi 2.
  9. Yang dibutuhkan 1 sdt dari kaldu jamur.
  10. Anda butuh 1 sdt dari garam (boleh di tambahkan sesuai selera).

Lihat juga resep Nasi uduk warna warni enak lainnya. Resep nasi uduk betawi paling enak dan komplit. Nasi uduk juga termasuk resep masakan jawa, hal ini karena kita menemukan berbagai macam nasi Cita rasa gurih nasi uduk lebih terasa sehingga akan membuat anda ketagihan. Menu masakan ini biasanya untuk sarapan makan pagi seperti nasi.

Cara Membuat Nasi Uduk gurih (ala betawi)

  1. Siapkan air santan lalu panaskan jgn sampai mendidih cukup panas saja, kemudian masukan semua bahan2 di atas (saya masaknya manual tdk pakai magic com karena biar lebih gurih rasanya).
  2. Setelah rebusan beras di atas sudah agak mengering, matikan api, lalu pindahkan ke panci kukusan, kukus hingga beras matang menjadi nasi.
  3. Terakhir goreng bawang goreng dan emping secukupnya yah dan apabila tidak suka bawang goreng dan emping bisa di skip, selesai…. selamat mencoba.

Betawi memang memiliki jutaan cerita, termasuk nasi uduk. Nasi uduk yang dapat kita temukan di hampir semua kota di Indonesia dikenal sebagai makanan khas dari Betawi. Karena rasanya enak, rasanya lebih enak dari nasi putih biasa karena dalam proses memasak itu adalah aromatik terlebih. Bicara soal nasi, ada satu resep nasi yang tak bisa dilewatkan yakni nasi uduk. Jika Moms tinggal di Jakarta, mendapatkan nasi uduk khas Betawi sangatlah Tapi Moms, ternyata Moms bisa dengan mudah membuat nasi uduk Betawi ini dirumah.

Sebaiknya kita menerapkan nasi yang kering untuk membikin nasi uduk. Maksud dari nasi kering adalah nasi yang suadah di masak sehari sebelumnya,sehingga nasi tersebut memiliki tekstur lebih keringdan mudah di masak. Dan dapat di taruh di dalam lemari es atau kulkas selama sebagian jam gar tekstur nasi tersebut kenyal.

Sebaiknya pakai wajan yang lebih lebar pada dikala memsak nasi uduk. Ini bertujuan supaya seluruh bahan atau komposisi nasi uduk bisa tercampur total. Wajan yang lebar hal yang demikian bertujuan untuk mencegah nasi uduk dan isinya berhamburan keluar dikala di aduk.

Dan pakai api besar pada dikala detik Anda berkeinginan mengakhiri memasak nasi uduk. SeAndainya seluruh bumbu sudah tercampur dengan nasi,baru api dapat di besarkan dengan menggunakan kompor yang bertekanan tinggi, dan nasi di aduk dengan pesat sampai hmapir gosong. Dengan pedoman sudah mulai keluar asap dan aroma bumbu semakin tercium.

Sebab hal yang demikian bertujuan agar nasi uduk restaurant rasanya lebih nikmat dan membuat ketagihan, wewangian dari nasi uduk hal yang demikian benar-benar berbeda dengan nasi uduk lainnya yang di masak dengan kompor rumah. Teknik hampir gosong ini susah di lakukan bagi Anda, yang sebelumnya belum terbiasa memasak nasi uduk dengan teknik tersebut. Wewangian, jikalau sedikit saja terlambat, maka nasi uduk akan over cook dan tidak nikmat untuk di makan.

Satu hal yang perlu di ingat, bahwa nasi uduk restaurant terasa lebih sedap, sebab wangi-wangiannya yang sangat khas. Temperatur hal yang demikian di hasilkan dari temperatur yang betul-betul panas oleh api saat pemasakan. yang tinggi memiliki tujuan untuk mencegah nasi agar tidak menempel pada wajan dan juga membuat nasi menjadi kering.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *