Cara Membuat Nasi Bakar Tongkol/CakalaNg Enak

Nasi Bakar Tongkol/CakalaNg. Kali ini saya akan berbagi resep nasi bakar ikan tongkol pedas, sangat mudah di buat dan cocok untuk bersantap bersama keluarga, segera di coba ya. Nasi Bakar adalah makanan yang cukup sederhana, tetapi selalu menarik untuk dicicipi. Tidak hanya kuat dengan kesan alaminya, menggunakan daun pisang., Nasi bakar adalah makanan khas Indonesia, dan pada dasarnya sama seperti makanan Indonesia lainnya yang memiliki banyak sekali variasi. Walaupun sudah ada beragam macam jenis, pada dasarnya nasi bakar adalah nasi yang dibakar yang kemudian ditambahi dengan berbagai bumbu untuk kenikmatan yang lebih lagi.

Selain itu, masing-masing resep memiliki ciri khas tersendiri. Anda bisa kok mencoba satu atau mungkin segala macam nasi bakar yang ada. Bahan-bahannya juga gampang didapat. Berikut ini ialah salah satu resep nasi bakar yang dapat Anda coba lho.

Nasi Bakar Tongkol/CakalaNg Ya nasi bakar ini dipadukan dengan isian seperti ikan, suwiran ayam, teri, cumi. Banyak yang mengira ikan tuna, tongkol, dan cakalang adalah jenis ikan yang sama dengan sebutan yang berbeda. Ikan cakalang menjadi makanan favorit Masyarakat Sulawesi dan Maluku. Nah, rupanya memasak Nasi Bakar Tongkol/CakalaNg simpel melainkan dengan 29 dan 14 langkah mudah, dengan rasa istimewa rasa cafe bisa Anda lakukan di rumah. Seperti apa resepnya?

Bahan yang Diperlukan untuk Membuat Nasi Bakar Tongkol/CakalaNg

Sekiranya membahas nasi bakar, biasanya akan seketika terbayang dengan nasi yang berwarna gelap kecoklatan. Namun sebenarnya ada ragam nasi bakar yang berwarna terang karena tidak mengaplikasikan kecap. Nasi bakar ini disebut dengan nasi bakar oriental. Bila Anda penikmat makanan gurih, Anda wajib mencoba sajian yang satu ini.

Bumbu-bumbu yang diperlukan diantaranya adalah minyak wijen, saos tiram, serta kecap inggris. Sebagai isiannya, Anda dapat menambahkan udang kupas, bakso ikan, dan telur ayam. Atau juga bisa mengaplikasikan daging ayam, sosis, dan otak-otak bakar, serta sayuran seperti wortel, kacang polong, dan jagung pipil. Selain menyehatkan, tampilan nasi bakar ini malah akan jadi lebih menarik.

  1. Anda butuh dari Bahan untuk Isian :.
  2. Yang dibutuhkan 1 kg dari Ikan Tongkol segar, kukus.
  3. Anda butuh 2 genggam dari kemangi.
  4. Yang dibutuhkan 1 batang dari serre yg d memarkan.
  5. Persiapan 3 batang dari serre yg d potong halus(ambil putihnya saja).
  6. Yang dibutuhkan 3 sdm dari saos tiram(sy pke "selera",ini enak menurut saya rasanya).
  7. Persiapan dari Garam.
  8. Persiapan dari Gula.
  9. Yang dibutuhkan dari Micin dikit(opsional).
  10. Persiapan dari Cabe rawit utuh.
  11. Persiapan dari Cabe besar iris2 halus.
  12. Anda butuh dari Daun salam.
  13. Yang dibutuhkan 1/2 bungkus dari santan instan(bisa jg 1 bks).
  14. Persiapan dari Bumbu halus :.
  15. Anda butuh 8-9 butir dari bawang merah.
  16. Persiapan 4 butir dari bawang putih.
  17. Persiapan 3 butir dari kemiri.
  18. Yang dibutuhkan 4-5 bj dari cabe rawit (sesuai selera).
  19. Yang dibutuhkan 1 jempol dari kunyit.
  20. Yang dibutuhkan 1 jempol dari jahe.
  21. Yang dibutuhkan dari Bahan untuk nasi :.
  22. Anda butuh 5 cup dari beras.
  23. Persiapan dari Air sesuai takaran masak nasi biasa.
  24. Persiapan 2 lembar dari daun salam.
  25. Persiapan 2 buah dari serre yg d memarkan.
  26. Anda butuh 1 bungkus dari santan instan.
  27. Anda butuh 1/2 sdk teh dari garam (jgn byk2 dikit aja).
  28. Anda butuh dari Daun jeruk (jika suka).
  29. Persiapan dari Ikan teri medan yg sdh di goreng kering.

Sedangkan ikan tuna segar sering dikonsumsi oleh masyarakat Jepang yang sering dijadikan sashimi. Ikan cakalang asap sudah pasti enak disantap bersama nasi hangat dan sambal. Namun, dibuat Nasi Bakar Cakalang pun rasanya makin mantap. Aroma daun kemangi dan daun jeruk yang wangi menambah selera makan.

Cara Membuat Nasi Bakar Tongkol/CakalaNg

  1. Untuk membuat isian :.
  2. Kukus ikan tongkol, yg sdh d bersihkan. Setelah itu suwir2 kasar ikannya..jangan halus yach..entar ikannya hancur klo d suir2 halus.
  3. Tumis bumis bumbu halus + 1 batang serre yg sdh d memarkan+ daun salam dgn 1 sdk makan margarin+ minyak..sampai harum, kemudian masukkan serre yg telah di potong halus2, masukkan saus tiram,garam gula,micin..aduk rata.. kemudian masukkan ikan tongkol yg sdh d suwir2 tadi, aduk2 tambahkan air sedikit, masukkan santan instan, cabe rawit utuh, aduk lagi icipin rasanya. Masak sampai rawitnya agak layu dan isian ikan agak kering. Mati kan api masukkan irisan cabe besar dan kemangi..sisihkan..
  4. Untuk membuat nasi :.
  5. Masak nasi di rice cooker seperti kayak masak nasi biasa, masukkan semua bahan campur jadi satu (kecuali ikan teri).
  6. Setelah nasi masak, selagi masih hangat (tdk panas tapi juga tidak dingin). Campur nasi dgn teri medan yg sdh d goreng tadi. Banyaknya teri sesuai keinginan..jangan byk2 jgn jg sedikit,ini hy untuk membuat nasi lbh yammi..
  7. Sediakan daun pisang yg sdh d potong2 dan di bersihkan.
  8. Ambil 1 sendok nasi, beri isian ikan kemudian tutup lagi dgn nasi.
  9. Bungkus nasi, seperti bungkus arem2/lemper yach..lakukan hingga habis..
  10. Olesin pemanggang dgn sedikit minyak atau margarin (sy bakarnya d kompor aja) bakar nasi, sampai daun menghitam saja.. angkat…
  11. Dan selamat menikmati.
  12. Tips 1 : ketika mengukus ikan, d air kukusan kasih sejempol jahe yg di memarkan, agar bau2 amis ikan hilang, dan ikan baunya lebih segar..
  13. Tips 2: jika nasi belum mau d makan, biar aman simpan aja d dalam kulkas (mengingat ada kandungan santan di nasi dan isian ikan) nanti sebelum di bakar nasi yg telah d bungkus..di kukus kurang lbh 5 menit kemudian langsung d bakar..
  14. Untuk 5 cup beras itu bisa jadi 6 bungkus nasi bakar ukuran besar atau 8-9 bks ukuran sedang..

Untuk membuat hidangan nasi bakar isi tongkol terasa spesial anda dapat menghidangkan dengan tambahan bahan pelengkap seperti sambal, timun dan selada. Hidangkan pula selagi hangat sehingga aroma daun kemangi semakin terasa. Coba Masak Nasi Bakar Tongkol Telur Asin. JAKARTA (tandaseru) – Makanan jadi salah satu hal penting selama melakukan self quarantine. Ada resep nasi bakar tongkol telur asin yang patut dicoba langsung di rumah!

Sebaiknya kita menggunakan nasi yang kering untuk membikin nasi bakar. Maksud dari nasi kering adalah nasi yang suadah di masak sehari sebelumnya,sehingga nasi hal yang demikian mempunyai tekstur lebih keringdan mudah di masak. Dan dapat di taruh di dalam lemari es atau kulkas selama sebagian jam gar tekstur nasi tersebut kenyal.

Sebaiknya gunakan wajan yang lebih lebar pada dikala memsak nasi bakar. Ini bertujuan supaya segala bahan atau komposisi nasi bakar bisa tercampur total. Wajan yang lebar hal yang demikian bertujuan untuk mencegah nasi bakar dan isinya berhamburan keluar dikala di aduk.

Dan gunakan api besar pada saat detik Anda ingin mengakhiri memasak nasi bakar. Kalau segala bumbu telah tercampur dengan nasi,baru api dapat di besarkan dengan menggunakan kompor yang bertekanan tinggi, dan nasi di aduk dengan cepat sampai hmapir gosong. Dengan petunjuk telah mulai keluar asap dan wangi-wangian bumbu kian tercium.

Karena hal yang demikian bertujuan agar nasi bakar restaurant rasanya lebih nikmat dan membuat ketagihan, aroma dari nasi bakar hal yang demikian betul-betul berbeda dengan nasi bakar lainnya yang di masak dengan kompor rumah. Teknik hampir gosong ini sulit di lakukan bagi Anda, yang sebelumnya belum terbiasa memasak nasi bakar dengan teknik tersebut. Wangi-wangian, apabila sedikit saja terlambat, karenanya nasi bakar akan over cook dan tak sedap untuk di makan.

Satu hal yang perlu di ingat, bahwa nasi bakar restaurant terasa lebih sedap, karena wewangiannya yang betul-betul khas. Temperatur tersebut di hasilkan dari temperatur yang betul-betul panas oleh api ketika pemasakan. Yang tinggi mempunyai tujuan untuk mencegah nasi agar tak melekat pada wajan dan juga membuat nasi menjadi kering.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *