Cara Membuat Nasi Liwet Wortel Mantab

Nasi Liwet Wortel. Hanya kl di kita akan asing jd kita beri nama nasi liwet aja. Lihat juga resep Nugget nasi sosis wortel enak lainnya. Resep Nasi Liwet Sunda – Nasi liwet merupakan salah satu masakan tradisional yang dihidangkan bersama dengan aneka bahan atau lauk pelengkap., Nasi liwet yakni makanan khas Indonesia, dan pada dasarnya sama seperti makanan Indonesia lainnya yang memiliki banyak sekali tipe. Meski telah ada berbagai ragam tipe, pada dasarnya nasi liwet yaitu nasi yang diliwet yang kemudian ditambahi dengan bermacam-macam bumbu untuk kenikmatan yang lebih lagi.

Kecuali itu, masing-masing resep mempunyai ciri khas tersendiri. Kau bisa kok mencoba satu atau mungkin semua variasi nasi liwet yang ada. Bahan-bahannya juga gampang didapat. Berikut ini ialah salah satu resep nasi liwet yang dapat kau coba lho.

Nasi Liwet Wortel Nasi liwet sendiri adalah nasi gurih yang dapat kita jumpai di Jawa Tengah (khususnya Solo) dan Jawa Barat. Meski namanya sama, ada perbedaan antara sego liwet Solo dengan nasi liwet Sunda. Nasi liwet khas Sunda tidak kalah nikmat dengan resep nasi liwet aslinya, meskipun nasi liwet Nasi liwet dengan cita rasa yang khas dengan tambahan ikan asin digemari oleh semua oran. Nah, rupanya memasak Nasi Liwet Wortel simpel namun dengan 22 dan 5 langkah mudah, dengan rasa istimewa rasa kafe dapat Anda lakukan di rumah. Seperti apa resepnya?

Bahan yang Digunakan untuk Memasak Nasi Liwet Wortel

Apabila membahas nasi liwet, biasanya akan seketika terbayang dengan nasi yang berwarna gelap kecoklatan. Tapi sesungguhnya ada tipe nasi liwet yang berwarna jelas sebab tak menggunakan kecap. Nasi liwet ini disebut dengan nasi liwet oriental. Apabila Anda penikmat makanan gurih, Anda patut mencoba sajian yang satu ini.

Bumbu-bumbu yang diperlukan diantaranya adalah minyak wijen, saos tiram, serta kecap inggris. Sebagai isiannya, Anda dapat menambahkan udang kupas, bakso ikan, dan telur ayam. Atau juga bisa mengaplikasikan daging ayam, sosis, dan otak-otak liwet, serta sayuran seperti wortel, kacang polong, dan jagung pipil. Kecuali menyehatkan, tampilan nasi liwet ini malahan akan jadi lebih menarik.

  1. Persiapan 150 gr dari wortel potong-potong.
  2. Persiapan 200 ml dari air bisa di tambahkan.
  3. Yang dibutuhkan 3 Cup dari Beras.
  4. Yang dibutuhkan 1 dari sac Santan kara 65 ml.
  5. Anda butuh 2 lmbr dari daun salam.
  6. Persiapan 1 btg dari sereh geprek.
  7. Anda butuh dari Ikan teri Medan.
  8. Persiapan dari Garam.
  9. Yang dibutuhkan dari Penyedap rasa.
  10. Yang dibutuhkan dari Gula pasir.
  11. Anda butuh dari Minyak goreng.
  12. Yang dibutuhkan dari Bumbu iris :.
  13. Persiapan 4 siung dari bawang merah iris-iris.
  14. Anda butuh 2 siung dari bawang putih iris-iris.
  15. Yang dibutuhkan 3 bh dari cabe merah keriting iris-iris.
  16. Persiapan dari Pelengkap :.
  17. Anda butuh dari Sambal.
  18. Anda butuh dari Bawang goreng.
  19. Yang dibutuhkan dari Ikan asin.
  20. Anda butuh dari Wortel iris serong.
  21. Persiapan dari Tahu goreng.
  22. Anda butuh dari Tempe goreng.

Cara membuat nasi liwet yang mudah juga menjadikannya semakin digemari. Ada yang mengatakan bahwa nasi liwet ini berasal dari kota Solo, namun ada juga yang mengatakan bahwa menu special. Khasiat nasi liwet yang pertama yaitu dapat bermanfaat untuk meningkatkan kinerja otak. Itu disebabkan karena di dalam suwiran ayam pada nasi ini memiliki kandungan protein hewani yang.

Cara Membuat Nasi Liwet Wortel

  1. Cuci bersih beras,masukkan santan kara aduk-aduk beri sedikit garam..
  2. Goreng ikan teri setengah matang sisihkan..
  3. Tumis bawang merah,putih cabe beri garam,gula pasir,penyedap rasa dan terakhir masukkan ikan teri aduk-aduk. Setelah itu masukkan kedalam beras tadi aduk-aduk lagi..
  4. Blender wortel tambahan air, (lupa di foto), campur kedalam beras tadi aduk lagi dan cek ukuran air.klo kurang bisa di tambah airnya. Masak selama 25 menit atau sampai bunyi..
  5. Klo sudah sajikan dengan lauk-pauk nya..

Seperti yang diketahui, resep nasi liwet merupakan salah satu resep makanan yang banyak disukai oleh banyak orang. Saking populernya menu nasi liwet ini tidak heran jika seringkali dijumpai di. Manfaat wortel sangat beragam, tidak hanya untuk kesehatan tapi juga dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan lainnya, Wortel merupakan sayuran yang sangat berkhasiat. Sajikan nasi liwet khas Solo yang komplit ini serapi mungkin, ya. Sajikan nasi liwet dengan ayam suwir, bumbu santan.

Sebaiknya kita menerapkan nasi yang kering untuk membikin nasi liwet. Maksud dari nasi kering yakni nasi yang suadah di masak sehari sebelumnya,sehingga nasi tersebut memiliki tekstur lebih keringdan mudah di masak. Dan dapat di taruh di dalam lemari es atau kulkas selama sebagian jam gar tekstur nasi tersebut kenyal.

Sebaiknya pakai wajan yang lebih lebar pada saat memsak nasi liwet. Ini bertujuan agar segala bahan atau komposisi nasi liwet bisa tercampur total. Wajan yang lebar tersebut bertujuan untuk mencegah nasi liwet dan isinya berhamburan keluar ketika di aduk.

Dan gunakan api besar pada saat detik Anda mau mengakhiri memasak nasi liwet. Jika segala bumbu telah tercampur dengan nasi,baru api dapat di besarkan dengan menerapkan kompor yang bertekanan tinggi, dan nasi di aduk dengan pesat sampai hmapir gosong. Dengan pertAnda sudah mulai keluar asap dan bebauan bumbu semakin tercium.

Sebab hal yang demikian bertujuan agar nasi liwet restaurant rasanya lebih nikmat dan membikin ketagihan, wangi-wangian dari nasi liwet hal yang demikian sangat berbeda dengan nasi liwet lainnya yang di masak dengan kompor rumah. Teknik hampir gosong ini sulit di lakukan bagi Anda, yang sebelumnya belum terbiasa memasak nasi liwet dengan teknik hal yang demikian. Bebauan, jika sedikit saja telat, maka nasi liwet akan over cook dan tidak enak untuk di makan.

Satu hal yang perlu di ingat, bahwa nasi liwet restaurant terasa lebih enak, karena aromanya yang benar-benar khas. Temperatur tersebut di hasilkan dari temperatur yang sungguh-sungguh panas oleh api dikala pemasakan. Yang tinggi memiliki tujuan untuk mencegah nasi agar tak merekat pada wajan dan juga membuat nasi menjadi kering.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *