Cara Membuat Nasi Bakar WN. Ampera Enak

Nasi Bakar WN. Ampera. WN Ampera, Rumah Makan yang menyajikan hidangan khas "Urang Sunda" Berwisata ke Bandung tidak lengkap jika belum menikmati sajian khas Sunda di Ampera. Berikut ini Daftar Makanan dan Minuman yang dapat Anda nikmati di rumah makan khas Sunda WN Ampera Warung Nasi Ampera Cirebon sama halnya dengan Warung Nasi Ampera di Bandung menyajikan hidangan khas Sunda Khas WN Ampera dengan pelayanan Prasmanan, bagi anda yang berada di sekitar Kota Cirebon atau sedang berkunjung ke kota Cirebon, dapat menikmati hidangan WN. #KulinerTasikmalaya #RmAmpera Nasi Bakar Rm. Restoran /rumah makan WN Ampera yang mempertahankan cita rasa khas., Nasi bakar yaitu makanan khas Indonesia, dan pada dasarnya sama seperti makanan Indonesia lainnya yang memiliki banyak sekali tipe. Padahal sudah ada berjenis-jenis tipe jenis, pada dasarnya nasi bakar yakni nasi yang dibakar yang kemudian ditambahi dengan bermacam bumbu untuk kenikmatan yang lebih lagi.

Selain itu, masing-masing resep mempunyai ciri khas tersendiri. Kau dapat kok mencoba satu atau mungkin seluruh jenis nasi bakar yang ada. Bahan-bahannya juga gampang didapatkan. Berikut ini ialah salah satu resep nasi bakar yang bisa Anda coba lho.

Nasi Bakar WN. Ampera Bumbu untuk membuatnya pun mudah dicari. Bakar nasi bungkus daun itu dengan api yang kecil saja. Biar bumbu di dalamnya matang secara sempurna. Nah, ternyata memasak Nasi Bakar WN. Ampera sederhana melainkan dengan 39 dan 14 langkah mudah, dengan rasa istimewa rasa kafe bisa Anda lakukan di rumah. Seperti apa resepnya?

Bahan yang Diperlukan untuk Memasak Nasi Bakar WN. Ampera

Jika membahas nasi bakar, biasanya akan segera terbayang dengan nasi yang berwarna gelap kecoklatan. Tapi sesungguhnya ada tipe nasi bakar yang berwarna jelas karena tidak menerapkan kecap. Nasi bakar ini disebut dengan nasi bakar oriental. Sekiranya Anda penikmat makanan gurih, Anda semestinya mencoba sajian yang satu ini.

Bumbu-bumbu yang diperlukan diantaranya merupakan minyak wijen, saos tiram, serta kecap inggris. Sebagai isiannya, Anda bisa menambahkan udang kupas, bakso ikan, dan telur ayam. Atau juga bisa menerapkan daging ayam, sosis, dan otak-otak bakar, serta sayuran seperti wortel, kacang polong, dan jagung pipil. Kecuali menyehatkan, tampilan nasi bakar ini pun akan jadi lebih menarik.

  1. Anda butuh 1 kg dari beras.
  2. Anda butuh 1 ltr dari santan.
  3. Anda butuh 3 lbr dari daun salam, sobek2.
  4. Yang dibutuhkan 3 btg dari serai, memarkan.
  5. Yang dibutuhkan 6 cm dari lengkuas, potong jd 3, memarkan.
  6. Persiapan 10 btr dari cengkeh.
  7. Anda butuh 2 1/2 sdt dari – 3 sdt garam, sesuaikan.
  8. Yang dibutuhkan 1 bks dari kaldu bubuk, (sy royco).
  9. Anda butuh Secukupnya dari minyak goreng, untuk menumis.
  10. Yang dibutuhkan dari ♦ Air Pandan : (blender lalu saring).
  11. Yang dibutuhkan 100 ml dari air.
  12. Yang dibutuhkan 7 lbr dari daun pandan.
  13. Persiapan 3 lbr dari daun suji, (boleh ganti dg daun pandan).
  14. Persiapan dari ♦ Bumbu Halus :.
  15. Anda butuh 10 btr dari bawang merah.
  16. Yang dibutuhkan 10 siung dari bawang putih.
  17. Anda butuh 1/2 bh dari bawang bombai, (1 bh jk ukuran kecil).
  18. Persiapan 8-10 btr dari kapol, haluskan dulu dg ulekan/dry mill.
  19. Anda butuh dari ♦ a. Isian : (ayam suir).
  20. Anda butuh 250 gr dari ayam.
  21. Persiapan 1 bh dari wortel, iris2.
  22. Persiapan 2 btg dari daun bawang, iris2.
  23. Persiapan 4 btr dari bawang merah, cincang halus.
  24. Anda butuh 3 siung dari bawang putih, cincang halus.
  25. Anda butuh 7 bh dari cabai rawit, iris2 (sesuai selera).
  26. Persiapan 1/2 sdt dari garam.
  27. Anda butuh 1/4 sdt dari kaldu bubuk.
  28. Anda butuh 1/4 sdt dari gula pasir.
  29. Anda butuh 50-100 ml dari air.
  30. Persiapan 1 sdm dari minyak goreng, untuk menumis.
  31. Yang dibutuhkan dari ♦ b. Isian : (teri medan).
  32. Persiapan 100 gr dari teri medan.
  33. Yang dibutuhkan Secukupnya dari air panas, untuk merendam teri.
  34. Yang dibutuhkan Secukupnya dari minyak goreng.
  35. Yang dibutuhkan dari ♦ Untuk Membungkus :.
  36. Anda butuh 18-20 lbr dari daun pisang, P: 38cm, L: 32cm.
  37. Anda butuh 1 lbr dari plastik.
  38. Anda butuh 1 bh dari mangkuk.
  39. Yang dibutuhkan dari Gunting.

So, buat yang mungkin belum familiar, warung nasi ampera ini menyajikan hidangan khas sunda, mungkin konsepnya kayak sederhana tapi aslinya, harganya sih ga sederhana alias mahal 😂 Aneka jeroan, tempe tahu, ayam, ikan, pepes, sayur asem, sop buntut, nasi bakar, dan lain-lain. Nasi bakar merujuk pada nasi yang diberi beberapa bumbu dan lauk, kemudian dibungkus dengan daun pisang dan dikunci dengan lidi, yang lalu dibakar di atas api arang. Daun pisang yang dibakar pun menghasilkan aroma unik pada nasi. Lihat juga resep Nasi Bakar Teflon Simpel enak lainnya.

Cara Membuat Nasi Bakar WN. Ampera

  1. ♦ Daun Pisang: Siapkan daun pisang pilih yg agak lebar dan panjang ya. Dengan P: 38cm L: 32cm. Cuci bersih daun pisang, hati2 jangan sampai daun ada yg sobek, tiriskan. Kemudian lemaskan/garang bag.atas daun pisang (permukaan yg kasar) diatas kompor dg api sedang, sambil diputar2 hingga warnanya berubah dan daun menjadi lemas. Lakukan hingga selesai. ♦Supaya daun mudah untuk digulung, sekaligus memberikan aroma daun pisangnya..
  2. ♦ a. Isian : (ayam suir) Cuci bersih ayam, lalu rebus ayam, beri sejumput garam, masak hingga ayam empuk, cuci bersih kembali. Suir2 ayam. Tumis b.putih hingga harum+b.merah, cabe rawit, tumis hingga layu. Masukkan ayamnya, wortel, garam, kaldu bubuk, dan air, aduk rata dan masak hingga air hampir surut. Lalu masukkan daun bawang, aduk rata kembali dan masak hingga air benar2 surut ya.. Cicipi rasanya. Biarkan dingin..
  3. ♦ b. Isian : (teri medan) Rendam teri medan dengan air hangat, diamkan 5 menit, tiriskan dan cuci kembali teri medan. Kemudian goreng teri medan hingga matang kuning kecokelatan..
  4. ♦ Air Daun Pandan: Potong kecil2 daun, lalu haluskan daun pandan, daun suji, dan air dengan blender hingga sari2nya keluar. Kemudian saring dan peras. Sisihkan..
  5. ♦ Bumbu Halus: Haluskan bumbu halus dengan blender, beri sedikit air untuk melumatkannya. Sisihkan..
  6. ♦ Memasak Nasi: Siapkan panci/wajan agak besar, panaskan minyak goreng. Tumis bumbu halus hingga harum + serai, cengkeh, lengkuas, daun salam, tumis hingga matang ya 👌, tambahkan sedikit minyak goreng jikalau susah untuk menumisnya supaya bumbu matang..
  7. Masukkan santan, air daun pandan, garam, kaldu bubuk dan gula pasir, aduk rata. Tunggu hingga benar2 mendidih, cicipi rasanya! (penting) lalu masukkan berasnya. Aroni hingga air surut, sesekali diaduk2 sampai bawah ya.. supaya tidak gosong dan berkerak. ♦Tambahkan sedikit santan jika dirasa kurang, pokoknya air harus 1 ruas diatas beras 👌, seperti memasak nasi..
  8. Panaskan kukusan, tunggu hingga mendidih/beruap. Masukkan nasi yg sudah diaron tadi, masak hingga matang selama 1jam. Angkat dan buang sereh, lengkuas, cengkeh dan daun salam. Nasi siap dicetak..
  9. ♦ Mencetak Nasi: Siapkan dimeja daun pisang, gunting dan mangkuk beralas plastik untuk mencetak nasi. Letakkan 1 centong nasi ke mangkuk tadi, padat2kan nasinya dg bantuan plastik. Setelah itu, bentangkan plastiknya, beri isian ditengahnya, lalu gulung sambil dipadatkan sampai keujung plastik 👌. Buka plastiknya, lalu pindahkan nasi tadi ketengah daun pisang, gulung perlahan sambil dipadatkan sampai keujung daun. Kemudian gunting kedua ujungnya kira2 dua ruas jari dari atas pangkal nasinya..
  10. Lakukan yang sama pada isian teri medan, cetak – padatkan – beri isi – gulung – pindahkan ketengah daun – gulung kembali – gunting kedua ujungnya – sematkan kedua ujungnya dg cara menengkuk daun ke dalam lubangnya hingga menutupinya..
  11. ♦ Menggulung Nasi: Padatkan perlahan nasi yg berada dikedua ujung2nya, supaya tidak tumpah ketika mau dilipat. Mulai tengkukkan daun dari bagian daun yg ada lampirannya (posisi agak dicondongkan), lakukan menengkuk daun kedalam lubangnya, sampai menutupi. Lakukan hal yg sama diujung yg satunya..
  12. Olesi bungkusan nasi dengan minyak goreng, lalu bakar diatas kompor, sambil dibolak-balikkan hanya sampai daun terbakar saja. Atau membakarnya diteflon juga boleh, tapi lama menurutku hehe…
  13. Cara membukanya, belah dibagian tengahnya dengan pisau/gagang sendok. 👌👌.
  14. Sajikan nasi bakar selagi masih hangat bersama kerupuk/sambal/pendamping lauk lainnya 😋😋😋 (lihat resep).

Nasi bakar ini khas dengan aroma wanginya, yang menggunakan daun pisang sebagai pembungkus nasi. Aroma khas tersebut muncul dari daun Soal rasa, nasi bakar ini umumnya memiliki citarasa yang enak dan gurih. Ya nasi bakar ini dipadukan dengan isian seperti ikan, suwiran ayam, teri, cumi. Nasi bakar (Indonesian for "burned or grilled rice") refer to steamed rice seasoned with spices and ingredients and wrapped in banana leaf secured with lidi semat (small needle made of central rib of coconut leaf) and later grilled upon charcoal fire. Resep Nasi Bakar – Nasi bakar merupakan makanan sederhana yang mampu menarik perhatian untuk dicicipi, selain kesan alaminya yang kuat karena menggunakan daun pisang untuk membungkusnya, aroma hangus dari daun pisang yang terbakar juga mampu menambah kenikmatan.

Sebaiknya kita menerapkan nasi yang kering untuk membikin nasi bakar. Maksud dari nasi kering adalah nasi yang suadah di masak sehari sebelumnya,sehingga nasi hal yang demikian memiliki tekstur lebih keringdan gampang di masak. Dan dapat di taruh di dalam lemari es atau kulkas selama sebagian jam gar tekstur nasi tersebut kenyal.

Sebaiknya gunakan wajan yang lebih lebar pada saat memsak nasi bakar. Ini bertujuan agar semua bahan atau komposisi nasi bakar dapat tercampur sempurna. Wajan yang lebar tersebut bertujuan untuk mencegah nasi bakar dan isinya berhamburan keluar saat di aduk.

Dan pakai api besar pada saat detik Anda berharap mengakhiri memasak nasi bakar. Bila seluruh bumbu sudah tercampur dengan nasi,baru api dapat di besarkan dengan menggunakan kompor yang bertekanan tinggi, dan nasi di aduk dengan pesat hingga hmapir gosong. Dengan tAnda sudah mulai keluar asap dan bebauan bumbu semakin tercium.

Karena tersebut bertujuan agar nasi bakar restaurant rasanya lebih sedap dan membikin ketagihan, wewangian dari nasi bakar hal yang demikian benar-benar berbeda dengan nasi bakar lainnya yang di masak dengan kompor rumah. Teknik hampir gosong ini susah di lakukan bagi Anda, yang sebelumnya belum terbiasa memasak nasi bakar dengan teknik tersebut. Aroma, bila sedikit saja telat, maka nasi bakar akan over cook dan tidak enak untuk di makan.

Satu hal yang perlu di ingat, bahwa nasi bakar restaurant terasa lebih nikmat, sebab aromanya yang betul-betul khas. Temperatur hal yang demikian di hasilkan dari suhu yang betul-betul panas oleh api saat pemasakan. Yang tinggi memiliki tujuan untuk mencegah nasi supaya tak merekat pada wajan dan juga membikin nasi menjadi kering.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *