Cara Bikin Nasi Bakar Cumi Mantab

Nasi Bakar Cumi. Nasi bakar menjadi salah satu kuliner yang khas karena bentuk dan proses memasaknya yang unik. Resep Nasi Bakar Cumi (Sambalado Cumi). Soal rasa, nasi bakar ini umumnya memiliki citarasa yang enak dan gurih., Nasi bakar ialah makanan khas Indonesia, dan pada dasarnya sama seperti makanan Indonesia lainnya yang memiliki banyak sekali variasi. Meskipun telah ada bermacam-macam ragam tipe, pada dasarnya nasi bakar yakni nasi yang dibakar yang kemudian ditambahi dengan berbagai bumbu untuk kenikmatan yang lebih lagi.

Kecuali itu, masing-masing resep memiliki ciri khas tersendiri. Kau bisa kok mencoba satu atau mungkin seluruh macam nasi bakar yang ada. Bahan-bahannya juga gampang didapatkan. Berikut ini merupakan salah satu resep nasi bakar yang dapat Anda coba lho.

Nasi Bakar Cumi Penjelasan lengkap seputar Resep Nasi Bakar. Resep Nasi Bakar Cumi Pedas #NASIBAKARCUMI. Yıl önce. bahan : cumi cumi jeruk limau Nasi putih daun pisang kemangi bumbu : bamer baput cabe merah besar cabe rawit kemiri. Nah, terbukti memasak Nasi Bakar Cumi simpel tetapi dengan 14 dan 10 langkah mudah, dengan rasa istimewa rasa kafe dapat Anda lakukan di rumah. Seperti apa resepnya?

Bahan yang Digunakan untuk Membuat Nasi Bakar Cumi

Jika membahas nasi bakar, umumnya akan lantas terbayang dengan nasi yang berwarna gelap kecoklatan. Tetapi sebetulnya ada variasi nasi bakar yang berwarna terang karena tak menggunakan kecap. Nasi bakar ini disebut dengan nasi bakar oriental. Jika Anda penikmat makanan gurih, Anda patut mencoba sajian yang satu ini.

Bumbu-bumbu yang dibutuhkan diantaranya yaitu minyak wijen, saos tiram, serta kecap inggris. Sebagai isiannya, Anda bisa menambahkan udang kupas, bakso ikan, dan telur ayam. Atau juga bisa mengaplikasikan daging ayam, sosis, dan otak-otak bakar, serta sayuran seperti wortel, kacang polong, dan jagung pipil. Selain menyehatkan, tampilan nasi bakar ini bahkan akan jadi lebih menarik.

  1. Anda butuh dari Nasi putih untuk dua orang.
  2. Persiapan 10 ekor dari cumi ukuran sedang.
  3. Yang dibutuhkan 3 siung dari bawang merah.
  4. Yang dibutuhkan 3 siung dari bawang putih.
  5. Persiapan 6 biji dari cabai rawit.
  6. Anda butuh 2 tangkai dari daun bawang.
  7. Yang dibutuhkan 2 batang dari sereh.
  8. Yang dibutuhkan 4 helai dari daun salam.
  9. Persiapan 3 tangkai dari daun kemangi.
  10. Anda butuh dari Taburan bawang merah goreng.
  11. Yang dibutuhkan dari Garam.
  12. Yang dibutuhkan dari Gula.
  13. Anda butuh secukupnya dari Daun pisang.
  14. Yang dibutuhkan 4 tusuk dari gigi.

Salah satunya adanya nasi bakar isi ati ampela, nasi bakar cumi pedas, nasi bakar ayam petai, nasi bakar orek tempe, nasi bakar ayam suwir manis, nasi bakar teri, nasi bakar jengkol. Nasi ditaburi bumbu khas Pusat nasi bakar yang rasanya gurih. Nasi dibungkus daun pisang beserta cumi bumbu kuning, tumis daun singkong, dan jamur kancing. Ada banyak variasi nasi bakar, termasuk Nasi Bakar Cumi Asin ini.

Cara Membuat Nasi Bakar Cumi

  1. Haluskan bawang merah dan bawang putih.
  2. Cincang cabai rawit dan daun bawang.
  3. Iris cumi yang sudah dibersihkan.
  4. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan dan dicincang.
  5. Masukkan sereh, daun salam, dan cumi.
  6. Masukkan nasi, garam, dan gula lalu aduk sambil sesekali koreksi rasa.
  7. Matikan api.
  8. Masukkan daun kemangi dan taburkan bawang goreng lalu aduk.
  9. Letakkan pada daun pisang yang sudah di lap dengan kain basah lalu tutup ujungnya dengan tusuk gigi.
  10. Panaskan di oven pada suhu 150°C selama 15-20 menit (tips : jangan terlalu lama agar nasi tidak keras).

Rasanya nggak perlu diragukan lagi, endeus banget! Biasanya, nasi bakar dibungkus dengan daun pisang. Resep nasi bakar memang terkenal tidak mudah basi. Bumbu untuk membuatnya pun mudah dicari. Ini dia Nasi Bakar paling recommended di gading Serpong, Nasi Bakar Roa.

Sebaiknya kita memakai nasi yang kering untuk membikin nasi bakar. Maksud dari nasi kering adalah nasi yang suadah di masak sehari sebelumnya,sehingga nasi tersebut mempunyai tekstur lebih keringdan mudah di masak. Dan bisa di taruh di dalam lemari es atau kulkas selama beberapa jam gar tekstur nasi tersebut kenyal.

Sebaiknya pakai wajan yang lebih lebar pada saat memsak nasi bakar. Ini bertujuan agar seluruh bahan atau komposisi nasi bakar dapat tercampur total. Wajan yang lebar hal yang demikian bertujuan untuk mencegah nasi bakar dan isinya berhamburan keluar ketika di aduk.

Dan pakai api besar pada ketika detik Anda mau mengakhiri memasak nasi bakar. Bila seluruh bumbu telah tercampur dengan nasi,baru api dapat di besarkan dengan menerapkan kompor yang bertekanan tinggi, dan nasi di aduk dengan kencang hingga hmapir gosong. Dengan pedoman telah mulai keluar asap dan bebauan bumbu semakin tercium.

Sebab hal yang demikian bertujuan agar nasi bakar restaurant rasanya lebih sedap dan membikin ketagihan, wewangian dari nasi bakar hal yang demikian amat berbeda dengan nasi bakar lainnya yang di masak dengan kompor rumah. Teknik hampir gosong ini sulit di lakukan bagi Anda, yang sebelumnya belum terbiasa memasak nasi bakar dengan teknik tersebut. Wewangian, apabila sedikit saja telat, maka nasi bakar akan over cook dan tak sedap untuk di makan.

Satu hal yang perlu di ingat, bahwa nasi bakar restaurant terasa lebih sedap, karena wewangiannya yang sangat khas. Temperatur hal yang demikian di hasilkan dari suhu yang sungguh-sungguh panas oleh api saat pemasakan. Yang tinggi mempunyai tujuan untuk mencegah nasi agar tak menempel pada wajan dan juga membuat nasi menjadi kering.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *