Tutorial Membuat Nasi Liwet Sunda Enak

Nasi Liwet Sunda. Instagram : dapurnidya Opening BGM : That's That (Sting) oleh Twin Musicom berlisensi Creative Commons Attribution. Lihat juga resep Nasi liwet (pake magiccom) enak lainnya. Antara lain nasi lemak, nasi uduk, nasi megono, nasi gemuk, dan lainnya., Nasi liwet yakni makanan khas Indonesia, dan pada dasarnya sama seperti makanan Indonesia lainnya yang mempunyai banyak sekali variasi. Padahal telah ada bermacam macam tipe, pada dasarnya nasi liwet yakni nasi yang diliwet yang kemudian ditambahi dengan bermacam-macam bumbu untuk kenikmatan yang lebih lagi.

Selain itu, masing-masing resep memiliki ciri khas tersendiri. Kau bisa kok mencoba satu atau mungkin semua ragam nasi liwet yang ada. Bahan-bahannya juga gampang didapat. Berikut ini yakni salah satu resep nasi liwet yang dapat Anda coba lho.

Nasi Liwet Sunda Aneka Resep Nasi Liwet Khas Sunda dan Solo Komplit Spesial Mantap Gurihnya. Praktis Bisa Menggunakan Magic Com dan Rice Cooker Pas Untuk Sehari hari. Nasi Liwet Khas Sunda via Instagram @aws.food. Nah, terbukti memasak Nasi Liwet Sunda sederhana tapi dengan 14 dan 3 langkah mudah, dengan rasa istimewa rasa restoran bisa Anda lakukan di rumah. Seperti apa resepnya?

Bahan yang Dibutuhkan untuk Membuat Nasi Liwet Sunda

Bila membahas nasi liwet, lazimnya akan segera terbayang dengan nasi yang berwarna gelap kecoklatan. Tetapi hakekatnya ada tipe nasi liwet yang berwarna terang karena tidak menggunakan kecap. Nasi liwet ini disebut dengan nasi liwet oriental. Sekiranya Anda penikmat makanan gurih, Anda sepatutnya mencoba sajian yang satu ini.

Bumbu-bumbu yang diperlukan diantaranya ialah minyak wijen, saos tiram, serta kecap inggris. Sebagai isiannya, Anda bisa menambahkan udang kupas, bakso ikan, dan telor ayam. Atau juga dapat mengaplikasikan daging ayam, sosis, dan otak-otak liwet, serta sayuran seperti wortel, kacang polong, dan jagung pipil. Kecuali menyehatkan, tampilan nasi liwet ini bahkan akan jadi lebih menarik.

  1. Anda butuh 300 gr dari beras.
  2. Anda butuh 5 butir dari bawang merah,iris tipis.
  3. Anda butuh 2 batang dari sereh,geprek.
  4. Persiapan 1 lembar dari daun jeruk.
  5. Persiapan 15 dari cabe rawet,belah 2.
  6. Persiapan 2 lembar dari daun salam.
  7. Anda butuh 1 ekor dari ikan peda,bersihkan.
  8. Persiapan dari Minyak goreng untuk menumis.
  9. Persiapan 1 sdm dari kaldu bubuk jamur.
  10. Anda butuh 1/8 sdt dari garam.
  11. Persiapan dari Pelengkap.
  12. Anda butuh dari Ayam goreng lengkuas.
  13. Anda butuh dari Timun.
  14. Anda butuh dari Sawi putih.

Berawal dari upaya penghematan atau biasa disebut dengan istilah tirakat, kini nasi liwet Sunda hadir di berbagai kalangan tempat makan mulai. Resep Nasi Liwet Sunda – Nasi liwet merupakan salah satu hidangan berupa nasi gurih yang khas dari Jawa Barat. Terbuat dari beras yang dimasak ke dalam panci khusus liwet atau kastrol. Ada yang mengatakan bahwa nasi liwet ini berasal dari kota Solo, namun ada juga yang mengatakan bahwa menu special ini berasal dari Jawa Barat, tepatnya suku Sunda.

Cara Membuat Nasi Liwet Sunda

  1. Goreng ikan peda sampai matang. Tumis bawang merah dan cabe sampai matang menggunakan minyak bekas goreng ikan peda. Percaya deh ini jangan di skip karna akan ada penyesalan di ujung sana🤣. Sisihkan..
  2. Cuci beras kemudian masukkan kaldu,garam,sereh,daun salam dan daun jeruk. Tambahkan bumbu yang sudah di tumis + 2 sdm minyaknya. Jangan semua nanti jadinya nasi goreng🤣🤣🤣. Oke selanjutnya tambahkan air secukupnya seperti masak nasi biasa. Aduk rata. Jangan lupa cetekin rice cookernya biar mateng😂..
  3. Nah kalo rice cookernya sudah pindah ke kode warm langsung aduk yaa biar gak gosong. Masukkan ikan pedanya biar mantul. Biarkan dulu aja beberapa menit karna itu belom mateng😜. Kalo dah mateng siap disajikan bersama pendamping, maksudnya bukan pendamping hidup itu boleh ayam goreng dan lalapan. Enggak juga gak apa-apa biar ngirit🤣.

Nasi liwet khas Sunda tidak kalah nikmat dengan resep nasi liwet aslinya, meskipun nasi liwet Nasi liwet Khas Sunda ini banyak diminati apalagi dengan tambahan bumbu dan rempah yang khas. Nasi liwet is an Indonesian dish rice dish cooked in coconut milk, chicken broth and spices, from Solo, Central Java, Indonesia. Common steamed rice is usually cooked in water, but nasi liwet is rice cooked in coconut milk, chicken broth, salam leaves and lemongrass, thus giving the rice a rich. Nasi liwet (bahasa Jawa: ꦱꦼꦒ ꦭꦶꦮꦼꦠ꧀, translit. Sega Liwet) adalah makanan khas kota Solo dan merupakan kuliner asli daerah Baki, Kabupaten Sukoharjo.

Sebaiknya kita menggunakan nasi yang kering untuk membuat nasi liwet. Maksud dari nasi kering yaitu nasi yang suadah di masak sehari sebelumnya,sehingga nasi hal yang demikian memiliki tekstur lebih keringdan mudah di masak. Dan bisa di taruh di dalam lemari es atau kulkas selama beberapa jam gar tekstur nasi hal yang demikian kenyal.

Sebaiknya pakai wajan yang lebih lebar pada dikala memsak nasi liwet. Ini bertujuan supaya seluruh bahan atau komposisi nasi liwet bisa tercampur total. Wajan yang lebar tersebut bertujuan untuk mencegah nasi liwet dan isinya berhamburan keluar dikala di aduk.

Dan gunakan api besar pada saat detik Anda ingin mengakhiri memasak nasi liwet. Kalau seluruh bumbu telah tercampur dengan nasi,baru api bisa di besarkan dengan menggunakan kompor yang bertekanan tinggi, dan nasi di aduk dengan kencang sampai hmapir gosong. Dengan petunjuk telah mulai keluar asap dan wewangian bumbu semakin tercium.

Karena tersebut bertujuan agar nasi liwet restaurant rasanya lebih enak dan membuat ketagihan, wangi-wangian dari nasi liwet tersebut sangat berbeda dengan nasi liwet lainnya yang di masak dengan kompor rumah. Teknik hampir gosong ini susah di lakukan bagi Anda, yang sebelumnya belum terbiasa memasak nasi liwet dengan teknik tersebut. Wewangian, bila sedikit saja terlambat, karenanya nasi liwet akan over cook dan tak nikmat untuk di makan.

Satu hal yang perlu di ingat, bahwa nasi liwet restaurant terasa lebih enak, karena wangi-wangiannya yang betul-betul khas. Temperatur tersebut di hasilkan dari suhu yang amat panas oleh api saat pemasakan. Yang tinggi mempunyai tujuan untuk mencegah nasi agar tak menempel pada wajan dan juga membuat nasi menjadi kering.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *