Panduan Membuat Nasi gegok ikan pindang Terbaru

Nasi gegok ikan pindang. Lihat juga resep Nasi Gegok Khas Trenggalek enak lainnya. Nasi gegok adalah nasi putih bungkus daun pisang yang diberi topping sambal teri super pedas, lalu dikukus hingga matang dan disajikan hangat. Yup, kurang lebih seperti nasi kucing atau nasi jinggo, hanya saja porsi nasi gegok lebih besar., nasi gegok ialah makanan khas Indonesia, dan pada dasarnya sama seperti makanan Indonesia lainnya yang mempunyai banyak sekali variasi. Sedangkan telah ada pelbagai ragam macam, pada dasarnya nasi gegok yaitu nasi yang ditim yang kemudian ditambahi dengan beraneka bumbu untuk kenikmatan yang lebih lagi.

Selain itu, masing-masing resep mempunyai ciri khas tersendiri. Kau dapat kok mencoba satu atau mungkin semua variasi nasi gegok yang ada. Bahan-bahannya juga gampang diperoleh. Berikut ini merupakan salah satu resep nasi gegok yang bisa Anda coba lho.

Nasi gegok ikan pindang Inzan Catering adalah catering terpercaya di kota Jogja yang. Nasi gegog mempunyai ciri khas yaitu ikan teri dan rasa pedasnya yang terasa banget. Nasi ini terbuat dari bahan bahan yang sudah tentu banyak kita resep nasi gegok, nasi gegok, cara membuat nasi gegok, resep sego gegok, aneka resep masakan jawa timuran, macam masakan, sego gegok, nasi. Nah, terbukti memasak Nasi gegok ikan pindang sederhana tapi dengan 13 dan 9 langkah mudah, dengan rasa istimewa rasa kafe bisa kau lakukan di rumah. Seperti apa resepnya?

Bahan yang Dibutuhkan untuk Membuat Nasi gegok ikan pindang

Kalau membahas nasi gegok, umumnya akan langsung terbayang dengan nasi yang berwarna gelap kecoklatan. Namun sebenarnya ada jenis nasi gegok yang berwarna terang sebab tak menggunakan kecap. nasi gegok ini disebut dengan nasi gegok oriental. Jika Anda penikmat makanan gurih, Anda mesti mencoba sajian yang satu ini.

Bumbu-bumbu yang dibutuhkan diantaranya yakni minyak wijen, saos tiram, serta kecap inggris. Sebagai isiannya, Anda bisa menambahkan udang kupas, bakso ikan, dan telur ayam. Atau juga dapat memakai daging ayam, sosis, dan otak-otak tim, serta sayuran seperti wortel, kacang polong, dan jagung pipil. Selain menyehatkan, tampilan nasi gegok ini bahkan akan jadi lebih menarik.

  1. Yang dibutuhkan secukupnya dari nasi.
  2. Anda butuh 1 keranjang dari ikan pindang ukuran besar.
  3. Anda butuh 5 btr dari bawang merah.
  4. Yang dibutuhkan 3 btr dari bawang putih.
  5. Anda butuh 1/2 ons dari cabe rawit.
  6. Yang dibutuhkan 1 bh dari cabe merah besar.
  7. Yang dibutuhkan 1 ruas jari dari lengkuas, memarkan.
  8. Anda butuh 4 lembar dari daun salam, sobek2.
  9. Persiapan 2 sdm dari gula pasir.
  10. Yang dibutuhkan 1 sdt dari garam.
  11. Persiapan secukupnya dari minyak goreng untuk menumis.
  12. Yang dibutuhkan secukupnya dari daun pisang utk bungkus.
  13. Anda butuh 1/2 ons dari bawang prei, potong potong.

Resep Pindang Ikan – Ikan merupakan salah satu sumber nutrisi yang sangat baik bagi tubuh. Konsumsi ikan secara rutin dapat meningkatkan Sajian ikan pindang pun dapat dihidangkan untuk aneka acara dan suasana. Sagat cocok ketika disantap bersama nasi hangat atau menu lainnya. Lain lagi kisah legenda kuliner asal Semarang, yaitu Nasi Pindang Pak Ndut.

Cara Membuat Nasi gegok ikan pindang

  1. Bersihkan ikan pindang, lalu goreng hingga matang.
  2. Setelah ikan pindang matang, pisahkan durinya, lalu iris kecil dagingnya. Sisihkan.
  3. Siapkan bumbu, bawang merah, bawang putih, cabe merah(bisa dipotong2 agar mudah dihaluskan), cabe rawit, kukus selama 10 mnt.
  4. Setelah 10 mnt angkat lalu haluskan bumbu bersama garam dan gula.
  5. Siapkan wajan tuang sedikit minyak, setelah panas tumis bumbu halus hingga harum, masukkan lengkuas, daun salam, dan bawang prei..
  6. Kalau bumbu sudah harum dan matang beri sedikit air, biarkan mendidih lalu cek rasa(bisa ditambah asin manis sesuai selera).
  7. Lanjut, masukkan ikan pindang kedalam wajan, aduk aduk biarkan hingga bumbu sedikit meresap, matikan kompor..
  8. Siapkan daun pisang lalu bungkus nasi per porsi menggunakan daun pisang, lalu tambahkan ikan pindang berbumbu, lipat daun pisang hingga rapat..
  9. Kukus bungkusan nasi berbumbu selama kurang lebih 15mnt. Nasi gegok siap dihidangkan!.

Nama usaha yang sungguh unik, terinspirasi dari nama panggilan pendirinya yang memang bertubuh besar. Nasi uduk biasanya disajikan dengan lauk yang sederhana dan 'merakyat' seperti orek tempe, telur dadar, telur pindang, ikan teri, atau bihun. Kamu yang ngaku pecinta makanan pedas wajib mencicipi nasi gegok, sebab kuliner nasi khas Trenggalek ini memiliki cita rasa yang sangat pedas. Pindang adalah kombinasi dari proses pemasakan dengan cara direbus dan digarami. Pindang Ikan, menikmati hangatnya kuah kaldu dengan lembutnya ikan, dijamin bisa membuat harimu lebih menyenangkan.

Sebaiknya kita memakai nasi yang kering untuk membuat nasi gegok. Maksud dari nasi kering adalah nasi yang suadah di masak sehari sebelumnya,sehingga nasi tersebut memiliki tekstur lebih keringdan gampang di masak. Dan dapat di taruh di dalam lemari es atau kulkas selama sebagian jam gar tekstur nasi hal yang demikian kenyal.

Sebaiknya pakai wajan yang lebih lebar pada dikala memsak nasi gegok. Ini bertujuan supaya semua bahan atau komposisi nasi gegok bisa tercampur sempurna. Wajan yang lebar hal yang demikian bertujuan untuk mencegah nasi gegok dan isinya berhamburan keluar dikala di aduk.

Dan gunakan api besar pada ketika detik Anda berkeinginan mengakhiri memasak nasi gegok. Kalau seluruh bumbu telah tercampur dengan nasi,baru api bisa di besarkan dengan memakai kompor yang bertekanan tinggi, dan nasi di aduk dengan cepat sampai hmapir gosong. Dengan tAnda sudah mulai keluar asap dan wewangian bumbu semakin tercium.

Karena tersebut bertujuan agar nasi gegok restaurant rasanya lebih enak dan membikin ketagihan, wangi-wangian dari nasi gegok hal yang demikian amat berbeda dengan nasi gegok lainnya yang di masak dengan kompor rumah. Teknik hampir gosong ini susah di lakukan bagi Anda, yang sebelumnya belum terbiasa memasak nasi gegok dengan teknik tersebut. Wewangian, bila sedikit saja terlambat, karenanya nasi gegok akan over cook dan tak sedap untuk di makan.

Satu hal yang perlu di ingat, bahwa nasi gegok restaurant terasa lebih sedap, sebab aromanya yang betul-betul khas. Suhu tersebut di hasilkan dari suhu yang benar-benar panas oleh api ketika pemasakan. Yang tinggi mempunyai tujuan untuk mencegah nasi supaya tidak merekat pada wajan dan juga membuat nasi menjadi kering.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *