Resep Nasi liwet solo Lezat

Nasi liwet solo. The 'nasi liwet' was just "so-so", not as delicious as I expected. Maybe one needs to have a friend in Solo who knows exactly which one is the best and real "Nasi Liwet Bu Wongso Lemu."More. Cara membuat nasi liwet solo Hampir disetiap daerah memiliki sajiak khas berupa nasi., Nasi liwet adalah makanan khas Indonesia, dan pada dasarnya sama seperti makanan Indonesia lainnya yang memiliki banyak sekali jenis. Walaupun telah ada pelbagai macam tipe, pada dasarnya nasi liwet yaitu nasi yang diliwet yang kemudian ditambahi dengan pelbagai bumbu untuk kenikmatan yang lebih lagi.

Selain itu, masing-masing resep mempunyai ciri khas tersendiri. Anda bisa kok mencoba satu atau mungkin semua variasi nasi liwet yang ada. Bahan-bahannya juga gampang didapatkan. Berikut ini yakni salah satu resep nasi liwet yang bisa Anda coba lho.

Nasi liwet solo Tetapi saat ini resep nasi liwet sunda pun juga sudah banyak dijual dan digemari masyarakata Indonesia. Resep Nasi Liwet Solo, Cita Rasa Tradisional yang Selalu Dirindukan. Simpan ke bagian favorit Tersimpan di bagian favorit. Nah, ternyata memasak Nasi liwet solo sederhana melainkan dengan 31 dan 4 langkah mudah, dengan rasa istimewa rasa resto dapat kau lakukan di rumah. Seperti apa resepnya?

Bahan yang Digunakan untuk Memasak Nasi liwet solo

Apabila membahas nasi liwet, lazimnya akan segera terbayang dengan nasi yang berwarna gelap kecoklatan. Namun hakekatnya ada tipe nasi liwet yang berwarna jelas sebab tak menggunakan kecap. Nasi liwet ini disebut dengan nasi liwet oriental. Jika Anda penikmat makanan gurih, Anda sepatutnya mencoba sajian yang satu ini.

Bumbu-bumbu yang diperlukan diantaranya yaitu minyak wijen, saos tiram, serta kecap inggris. Sebagai isiannya, Anda bisa menambahkan udang kupas, bakso ikan, dan telur ayam. Atau juga dapat mengaplikasikan daging ayam, sosis, dan otak-otak liwet, serta sayuran seperti wortel, kacang polong, dan jagung pipil. Selain menyehatkan, tampilan nasi liwet ini malahan akan jadi lebih menarik.

  1. Anda butuh dari Nasi gurih.
  2. Anda butuh 3 gelas dari beras.
  3. Persiapan 1 sachet dari santan kara.
  4. Anda butuh 4 lembar dari daun salam.
  5. Persiapan 2 batang dari serai geprek.
  6. Yang dibutuhkan 1 sdm dari garam.
  7. Persiapan dari Ayam kuning.
  8. Yang dibutuhkan 1/2 kg dari ayam.
  9. Yang dibutuhkan 5 butir dari telur rebus kupas.
  10. Anda butuh 2 dari bawang putih.
  11. Persiapan 4 dari bawang merah.
  12. Yang dibutuhkan 3 dari kemiri.
  13. Yang dibutuhkan 1 sdt dari Ketumbar bubuk.
  14. Persiapan 1 ruas dari kunyit.
  15. Yang dibutuhkan 1 lt dari santan cair.
  16. Persiapan 1 batang dari serai geprek.
  17. Yang dibutuhkan 2 lembar dari daun jeruk.
  18. Yang dibutuhkan 2 dari lembat daun salam.
  19. Yang dibutuhkan dari Sayur pepaya.
  20. Yang dibutuhkan 2 buah dari pepaya muda potong korek.
  21. Anda butuh 2 dari bawang putih.
  22. Anda butuh 4 dari bawang merah.
  23. Persiapan 2 dari kemiri.
  24. Persiapan 15 dari cabai keriting.
  25. Yang dibutuhkan 5 dari cabai rawit.
  26. Persiapan 1 lt dari santan cair.
  27. Yang dibutuhkan 2 ruas dari lengkuas.
  28. Yang dibutuhkan 2 dari lembat daun salam.
  29. Yang dibutuhkan dari Areh telur (gumpalan santan).
  30. Anda butuh 1 butir dari telur.
  31. Persiapan 250 ml dari santan cair.

Kelezatan nasi liwet Solo sudah tak perlu diragukan lagi. Nasi liwet Solo.komplit.ini menu request suami buat buka puasa kemaren Kamis.baru sempat posting sekarang. Sebelumnya suami cuma request pengen makan ingkung ayam kampung sich. Nasi liwet is an Indonesian dish rice dish cooked in coconut milk, chicken broth and spices, from Solo, Central Java, Indonesia.

Cara Membuat Nasi liwet solo

  1. Nasi gurih: cuci bersih beras sampai air hampir bening. Masukkan salam serai garam santan. Tambahkan air sampai beras terendam diukur dg ruas jari dr permukaan. Masak di magic jar.
  2. Ayam kuning: haluskan bawang putih bawang merah kunyit kemiri ketumbar. Tumis bumbu halus dg salam daun jeruk serai sampai harum. Masukkan ayam dan telur. Tambahkan air santan jika santan kurang bisa tambah air sampai ayam terendam. Tambahkan galgul secukupnya. Tunggu hingga ayam empuk dan matang..
  3. Sayur pepaya: haluskan bawang putih bawang merah kemiri cabai keriting. Tumis dg salam lengkuas. Masukkan pepaya muda beri santan sampai terendam jika kurang tambah air bisa dan masukkan cabai rawit. Tambahkan galgur secukupnya Tunggu hingga matang..
  4. Areh santan: kocok lepas telur tambah santan beri Gula Garam merica secukupnya. Masak dg api kecil hingga menggumpal dan santan menyusut..

Common steamed rice is usually cooked in water, but nasi liwet is rice cooked in coconut milk, chicken broth, salam leaves and lemongrass, thus giving the rice a rich. Nasi liwet mempunnyai berbagi macam versi, seperti di daerah timur Jawa ada nasi liwet Solo. Menarik dan juga unik nasi liwet ini dapat menggoda selera siap saja yang melihatnya. tirto.id – Nasi liwet merupakan salah satu makanan khas Jawa dari Solo atau Surakarta. Sejarah dan asal-usul riwayat kuliner ini kerap dikaitkan dengan tradisi masyarakat Jawa. Nasi liwet khas Solo memiliki ciri khas sendiri, seperti tanah kelahiran makanan yang banyak digemari oleh masyarakat ini.

Sebaiknya kita menggunakan nasi yang kering untuk membuat nasi liwet. Maksud dari nasi kering merupakan nasi yang suadah di masak sehari sebelumnya,sehingga nasi tersebut mempunyai tekstur lebih keringdan gampang di masak. Dan bisa di taruh di dalam lemari es atau kulkas selama beberapa jam gar tekstur nasi tersebut kenyal.

Sebaiknya pakai wajan yang lebih lebar pada dikala memsak nasi liwet. Ini bertujuan agar semua bahan atau komposisi nasi liwet dapat tercampur total. Wajan yang lebar tersebut bertujuan untuk mencegah nasi liwet dan isinya berhamburan keluar saat di aduk.

Dan pakai api besar pada saat detik Anda berkeinginan mengakhiri memasak nasi liwet. Apabila semua bumbu telah tercampur dengan nasi,baru api dapat di besarkan dengan menggunakan kompor yang bertekanan tinggi, dan nasi di aduk dengan kencang hingga hmapir gosong. Dengan tAnda telah mulai keluar asap dan aroma bumbu kian tercium.

Karena hal yang demikian bertujuan agar nasi liwet restaurant rasanya lebih enak dan membuat ketagihan, aroma dari nasi liwet tersebut amat berbeda dengan nasi liwet lainnya yang di masak dengan kompor rumah. Teknik hampir gosong ini sulit di lakukan bagi Anda, yang sebelumnya belum terbiasa memasak nasi liwet dengan teknik tersebut. Aroma, jika sedikit saja terlambat, karenanya nasi liwet akan over cook dan tak nikmat untuk di makan.

Satu hal yang perlu di ingat, bahwa nasi liwet restaurant terasa lebih nikmat, karena wangi-wangiannya yang sungguh-sungguh khas. Suhu hal yang demikian di hasilkan dari temperatur yang sungguh-sungguh panas oleh api dikala pemasakan. Yang tinggi mempunyai tujuan untuk mencegah nasi supaya tidak melekat pada wajan dan juga membikin nasi menjadi kering.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *