Cara Membuat Nasi Kebuli Ayam Mudah & Lezat Super

Nasi Kebuli Ayam Mudah & Lezat. Nasi Kebuli Ayam memang tiada bandingannya. Hidangan yang kerap ditemukan di Jakarta dan dijual oleh para keturunan Arab yang bermukim di Indonesia selama banyak generasi ini kini sudah Inilah resep nasi kebuli ayam yang mudah untuk diikuti dan lezat untuk sazian Idul Adha. Resep Nasi kebuli ayam ini adalah resep dari keluarga,yang sangat mudah dengan bahan yang ada di rumah,penyajian cepat dan rasanya mantap,selamat mencoba., Nasi kebuli yaitu makanan khas Indonesia, dan pada dasarnya sama seperti makanan Indonesia lainnya yang mempunyai banyak sekali tipe. Padahal sudah ada bermacam-macam macam variasi, pada dasarnya nasi kebuli merupakan nasi yang dikebuli yang kemudian ditambahi dengan beraneka bumbu untuk kenikmatan yang lebih lagi.

Selain itu, masing-masing resep mempunyai ciri khas tersendiri. Kau bisa kok mencoba satu atau mungkin segala macam nasi kebuli yang ada. Bahan-bahannya juga gampang diperoleh. Berikut ini ialah salah satu resep nasi kebuli yang dapat kau coba lho.

Nasi Kebuli Ayam Mudah & Lezat Bahan-bahan inilah yang memberikan cita rasa khas pada hidangan tersebut. Ketenaran nasi kebuli ini sudah merambah keseluruh nusantara karena cita rasanya gurih dan enak berkat bumbu bumbunya yang cukup lengkap apalagi dengan tambahan kaldu wow jadi lapar sekarang. Proses cara membuat nasi kebuli ayam maupun kambing sama saja dan hanya berbeda bahan. Nah, ternyata memasak Nasi Kebuli Ayam Mudah & Lezat simpel tapi dengan 29 dan 9 langkah mudah, dengan rasa istimewa rasa resto dapat Anda lakukan di rumah. Seperti apa resepnya?

Bahan yang Digunakan untuk Membuat Nasi Kebuli Ayam Mudah & Lezat

Jikalau membahas nasi kebuli, lazimnya akan lantas terbayang dengan nasi yang berwarna gelap kecoklatan. Tapi sesungguhnya ada ragam nasi kebuli yang berwarna jelas sebab tidak memakai kecap. Nasi kebuli ini disebut dengan nasi kebuli oriental. Apabila Anda penikmat makanan gurih, Anda harus mencoba sajian yang satu ini.

Bumbu-bumbu yang dibutuhkan diantaranya yakni minyak wijen, saos tiram, serta kecap inggris. Sebagai isiannya, Anda bisa menambahkan udang kupas, bakso ikan, dan telur ayam. Atau juga bisa menerapkan daging ayam, sosis, dan otak-otak kebuli, serta sayuran seperti wortel, kacang polong, dan jagung pipil. Selain menyehatkan, tampilan nasi kebuli ini pun akan jadi lebih menarik.

  1. Yang dibutuhkan 2 cangkir dari beras basmathi atau beras biasa juga bisa.
  2. Anda butuh 7 potong dari ayam.
  3. Yang dibutuhkan dari Bumbu halus:.
  4. Anda butuh 2 dari cabe merah besar.
  5. Yang dibutuhkan 1/2 sdt dari adas.
  6. Persiapan 1 sdt dari ketumbar bubuk.
  7. Yang dibutuhkan 1/2 sdm dari pala bubuk.
  8. Persiapan dari Bumbu pendukung:.
  9. Yang dibutuhkan 1/2 buah dari bawang bombay, cincang halus.
  10. Anda butuh 7 siung dari bawang merah, cincang halus.
  11. Anda butuh 4 siung dari bawang putih, cincang halus.
  12. Anda butuh 3 butir dari kapulaga.
  13. Persiapan 1 batang dari kayu manis.
  14. Anda butuh 3 buah dari pekak (bunga lawang).
  15. Persiapan 6 butir dari cengkeh.
  16. Yang dibutuhkan 5 sdm dari susu cair.
  17. Persiapan 2 sdm dari saos tomat.
  18. Yang dibutuhkan 2 sdm dari bubuk kari.
  19. Persiapan Secukupnya dari air.
  20. Anda butuh dari Acar:.
  21. Yang dibutuhkan 1/8 bagian dari nanas, potong dadu.
  22. Anda butuh 1 buah dari timun, buang tengah, potong dadu.
  23. Persiapan 3 buah dari cabe rawit, uleg.
  24. Persiapan 1/2 sdm dari cuka.
  25. Anda butuh 1/2 sdm dari gula pasir.
  26. Yang dibutuhkan 1/4 sdt dari garam.
  27. Yang dibutuhkan dari Pelengkap:.
  28. Persiapan dari Emping goreng.
  29. Anda butuh dari Bawang goreng.

Pertama, cuci beras basmati dan masukkan dalam kukusan yang sudah dipanaskan hingga beruap. Sajikan nasi kebuli dengan taburan kismis, ayam bakar, disertai dengan pelengkapnya yaitu acar, sambal jika suka dan krupuk. Di kota, resep nasi kebuli mudah ditemukan. Terutama kalau Anda jalan-jalan di kota yang dihuni oleh etnis Arab.

Cara Membuat Nasi Kebuli Ayam Mudah & Lezat

  1. Cuci bersih beras basmathi dan rendam kurang lebih 30 menit. Tiriskan..
  2. Cuci bersih ayam, kucuri jeruk nipis. Biarkan seama 15 menit. Kemudian cuci lagi sampai bersih, sisihkan..
  3. Di wajan, tumis bumbu halus, hingga harum. Masukkan bawang-bawangan tumis hingga layu. Kemudian masukkan semua bumbu pendukung..
  4. Masukkan ayam, masak hingga ayam empuk dan air berkurang (tapi cukup untuk memasak beras)..
  5. Setelah ayam empuk, angkat sisihkan. Biarkan air rebusan ayam tetap di wajan, kemudian masukkan beras untuk kemudian di aron sampai air menyusut (saya menggunakan cara aron + kukus). Jika menggunakan magic com, air rebusan ayam dipindahkan ke magic com, sesuai takaran beras yang digunakan (seperti masak nasi biasa)..
  6. Pindahkan nasi aron ke panci kukusan, kukus selama 40 menit atau sampai nasi matang..
  7. Sambil menunggu nasi matang, goreng ayam. Angkat, tiriskan..
  8. Buat acarnya: campurkan semua bahan, tes rasa. Sisihkan..
  9. Cara penyajian, ditata nasi yang telah matang, beserta ayam, acar, emping & taburi nasi dengan bawang goreng. Siap disajikan..

Masakan hasil olahan resep nasi kebuli ini sangat cocok untuk disantap ketika musim hujan tiba. Mengingat di Indonesia musim hujannya lebih panjang dari pada musim kemarau. Nasi kebuli adalah hidangan nasi berbumbu yang bercitarasa gurih. Makanan khas dari Timur Tidak usah jauh-jauh untuk mencicipi Nasi Kebuli. Selain itu nasi kebuli daging ayam ini bisa dijadikan salah satu pilihan untuk yang tidak menyukai daging kambing.

Sebaiknya kita menerapkan nasi yang kering untuk membikin nasi kebuli. Maksud dari nasi kering merupakan nasi yang suadah di masak sehari sebelumnya,sehingga nasi tersebut mempunyai tekstur lebih keringdan gampang di masak. Dan dapat di taruh di dalam lemari es atau kulkas selama sebagian jam gar tekstur nasi tersebut kenyal.

Sebaiknya pakai wajan yang lebih lebar pada dikala memsak nasi kebuli. Ini bertujuan agar semua bahan atau komposisi nasi kebuli dapat tercampur sempurna. Wajan yang lebar tersebut bertujuan untuk mencegah nasi kebuli dan isinya berhamburan keluar dikala di aduk.

Dan gunakan api besar pada dikala detik Anda ingin mengakhiri memasak nasi kebuli. Apabila segala bumbu sudah tercampur dengan nasi,baru api bisa di besarkan dengan menggunakan kompor yang bertekanan tinggi, dan nasi di aduk dengan kencang sampai hmapir gosong. Dengan pedoman sudah mulai keluar asap dan bebauan bumbu kian tercium.

Karena hal yang demikian bertujuan agar nasi kebuli restaurant rasanya lebih sedap dan membikin ketagihan, aroma dari nasi kebuli hal yang demikian benar-benar berbeda dengan nasi kebuli lainnya yang di masak dengan kompor rumah. Teknik hampir gosong ini sulit di lakukan bagi Anda, yang sebelumnya belum terbiasa memasak nasi kebuli dengan teknik tersebut. Aroma, sekiranya sedikit saja telat, maka nasi kebuli akan over cook dan tak enak untuk di makan.

Satu hal yang perlu di ingat, bahwa nasi kebuli restaurant terasa lebih enak, karena bebauannya yang amat khas. Suhu tersebut di hasilkan dari suhu yang betul-betul panas oleh api dikala pemasakan. Yang tinggi mempunyai tujuan untuk mencegah nasi supaya tak merekat pada wajan dan juga membikin nasi menjadi kering.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *