Cara Bikin Nasi Biryani India Super

Nasi Biryani India. Nasi biryani (Nasta'liq: بریانی; Hindi: बिरयानी; Arab: برياني) atau biriani, beriani, atau briyani adalah hidangan berupa nasi (biasanya dari beras basmati) yang dimasak dengan rempah-rempah lalu ditambah dengan sayuran, atau daging (ayam, kambing, ikan, udang atau sapi). Biryani (/bɜːrˈjɑːni/) is a mixed rice dish with its origins among the Muslims of the Indian subcontinent. It is made with Indian spices, rice, and meat (chicken, beef, goat, pork, lamb, prawn, or fish)., nasi briyani yaitu makanan khas Indonesia, dan pada dasarnya sama seperti makanan Indonesia lainnya yang mempunyai banyak sekali variasi. Walaupun sudah ada berjenis-jenis jenis macam, pada dasarnya nasi briyani adalah nasi yang ditim yang kemudian ditambahi dengan berbagai bumbu untuk kenikmatan yang lebih lagi.

Kecuali itu, masing-masing resep mempunyai ciri khas tersendiri. Anda dapat kok mencoba satu atau mungkin seluruh macam nasi briyani yang ada. Bahan-bahannya juga mudah didapat. Berikut ini ialah salah satu resep nasi briyani yang bisa Anda coba lho.

Nasi Biryani India Lihat juga resep Ayam Kari Nasi Biryani enak lainnya. Banyak yang mengatakan bahwa nasi Briyani berasal dari India dan Pakistan. Namun sebenarnya menurut catatan sejarah, nasi biryani ini berasal dari kawasan timur tengah atau lebih tepatnya. Nah, rupanya memasak Nasi Biryani India simpel namun dengan 19 dan 12 langkah mudah, dengan rasa istimewa rasa cafe bisa Anda lakukan di rumah. Seperti apa resepnya?

Bahan yang Diperlukan untuk Memasak Nasi Biryani India

Bila membahas nasi briyani, umumnya akan langsung terbayang dengan nasi yang berwarna gelap kecoklatan. Namun sebenarnya ada tipe nasi briyani yang berwarna terang sebab tak menggunakan kecap. nasi briyani ini disebut dengan nasi briyani oriental. Bila Anda penikmat makanan gurih, Anda mesti mencoba sajian yang satu ini.

Bumbu-bumbu yang dibutuhkan diantaranya adalah minyak wijen, saos tiram, serta kecap inggris. Sebagai isiannya, Anda dapat menambahkan udang kupas, bakso ikan, dan telor ayam. Atau juga dapat menggunakan daging ayam, sosis, dan otak-otak tim, serta sayuran seperti wortel, kacang polong, dan jagung pipil. Kecuali menyehatkan, tampilan nasi briyani ini malahan akan jadi lebih menarik.

  1. Anda butuh 500 gr dari daging, potong ukuran potongan rendang (bisa ayam).
  2. Persiapan 3 dari canting beras basmati (sy lokal).
  3. Persiapan 3 sdt dari biryani masala.
  4. Yang dibutuhkan 2 sdt dari garam masala.
  5. Yang dibutuhkan 4 sdm dari yoghurt.
  6. Yang dibutuhkan 1 dari jeruk nipis, ambil airnya.
  7. Persiapan 4 dari cabe hijau utuh (sy skip).
  8. Anda butuh 1 sdt dari daun mint (sy kering).
  9. Persiapan 1 sdt dari daun ketumbar.
  10. Yang dibutuhkan 1/2 dari bawang bombay, iris.
  11. Yang dibutuhkan 1 sdm dari minyak samin.
  12. Persiapan 2 btg dari kayu manis.
  13. Yang dibutuhkan 6 butir dari kapulaga india.
  14. Yang dibutuhkan 5 butir dari cengkeh.
  15. Yang dibutuhkan 1 sdt dari shafron cair orange/kuning/hijau (sy pewarna makanan).
  16. Anda butuh dari Bumbu dihaluskan :.
  17. Persiapan 1 ruas dari jahe.
  18. Yang dibutuhkan 1 ruas dari kunyit.
  19. Yang dibutuhkan 5 siung dari bawang putih.

Original nasi biryani dibuat dengan cara memasak nasi dan kuah yang kental (umumnya Biryani aslinya berasal dari dapur kerajaan Mughal, India namun kemudian berkembang ke negara-negara. Biryani is a melange of flavours, spices and aromas. Aromatic and bursting with flavours, Biryani is a wholesome meal you shouldn't miss out on when in India. Karenanya, di India orang menyebutnya chicken biryani (nasi ayam) atau mutton biryani.

Cara Membuat Nasi Biryani India

  1. Dlm wadah, campur biryani masala, garam masala, yoghurt, air jeruk nipis dan bumbu dihaluskan. Aduk, masukkan daging dan sedikit garam aduk rata sambil2 di remas2. Diamkan min 1 jam lebih baik lg semalaman dlm kulkas..
  2. Rendam beras basmati 1 jam sebelum dimasak (sy skip krn pake beras lokal). Sisihkan..
  3. Tumis bawang bombay hingga wangi dan kecoklatan, masukkan daging bumbu marinasi, masak hingga daging berubah warna dan bumbu matang..
  4. Tambahkan air, tutup rapat, masak hingga daging empuk atau dipresto 1/2 jam. Bila daging empuk, angkat daging dan biarkan bumbunya tetap dalam wajan, tambahkan daun mint, daun ketumbar dan cabe hijau kecilkan api paling kecil, hingga air dan bumbu tersisa cukup utk mengaron nasi..
  5. Pd saat menunggu daging matang, tiriskan beras basmati..
  6. Masukkan beras kedalam sisa bumbu daging di wajan tadi. Masak dengan api paling kecil, hingga nasi 1/2 matang. Tutup rapat. Hati2 berkerak ya..
  7. Masukkan beras ke kukusan, tambahkan sambil disebar minyak samin. Dan pewarna shafron, jgn di aduk (sy menggunakan pewarna makanan merah). Kukus hingga matang..
  8. Daging : Panggang daging yg td sudah dibumbui..
  9. Cara penyajian : Acak nasi, letakkan nasi di piring saji, letakkan daging panggang di atasnya..
  10. Sajikan dgn acar..
  11. Note : Kalau memakai beras basmati, memasak nasi sampai tahap di no 6 (tidak dikukus). Minyak samin dan shafron juga ditambahkan di tahap 6 (jgn di aduk)..
  12. Pada saat menutup daging dan beras, lapis dahulu dgn almunium foil tutup rapat, baru ditutup..

Kalau di luar India juga ada beef biryani. Tapi tentu di India tidak ada, karena sapi memang tidak dikonsumsi di sini. The Thalassery biryani, one of India's most loved biryanis, is both sweet and savoury. The main ingredients are soft chicken wings, mild Malabar spices and a type of rice known as kaima. See more ideas about Biryani, Indian food recipes, Biryani recipe. · Hyderabadi Vegetable Biryani recipe is a traditional and popular recipe served across all joints, stalls in India.

Sebaiknya kita mengaplikasikan nasi yang kering untuk membikin nasi briyani. Maksud dari nasi kering adalah nasi yang suadah di masak sehari sebelumnya,sehingga nasi tersebut mempunyai tekstur lebih keringdan mudah di masak. Dan dapat di taruh di dalam lemari es atau kulkas selama sebagian jam gar tekstur nasi tersebut kenyal.

Sebaiknya pakai wajan yang lebih lebar pada dikala memsak nasi briyani. Ini bertujuan agar segala bahan atau komposisi nasi briyani dapat tercampur total. Wajan yang lebar hal yang demikian bertujuan untuk mencegah nasi briyani dan isinya berhamburan keluar dikala di aduk.

Dan pakai api besar pada saat detik Anda berharap mengakhiri memasak nasi briyani. Apabila seluruh bumbu telah tercampur dengan nasi,baru api bisa di besarkan dengan mengaplikasikan kompor yang bertekanan tinggi, dan nasi di aduk dengan kencang sampai hmapir gosong. Dengan pertAnda sudah mulai keluar asap dan aroma bumbu semakin tercium.

Sebab tersebut bertujuan agar nasi briyani restaurant rasanya lebih enak dan membikin ketagihan, wewangian dari nasi briyani tersebut sangat berbeda dengan nasi briyani lainnya yang di masak dengan kompor rumah. Teknik hampir gosong ini sulit di lakukan bagi Anda, yang sebelumnya belum terbiasa memasak nasi briyani dengan teknik hal yang demikian. Bebauan, bila sedikit saja telat, karenanya nasi briyani akan over cook dan tak enak untuk di makan.

Satu hal yang perlu di ingat, bahwa nasi briyani restaurant terasa lebih enak, karena aromanya yang amat khas. Temperatur hal yang demikian di hasilkan dari suhu yang sangat panas oleh api dikala pemasakan. Yang tinggi memiliki tujuan untuk mencegah nasi agar tak menempel pada wajan dan juga membuat nasi menjadi kering.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *