Panduan Membuat Nasi Kebuli Super

Nasi Kebuli. Resep Nasi Kebuli – Nasi kebuli merupakan salah satu sajian khas timur tengah atau kawasan asia barat. Nasi ini memiliki ciri khas berupa aromanya yang kuat dengan bumbu rempah yanng sangat. Nasi kebuli adalah hidangan nasi berbumbu yang bercitarasa gurih yang ditemukan di Indonesia., Nasi kebuli merupakan makanan khas Indonesia, dan pada dasarnya sama seperti makanan Indonesia lainnya yang mempunyai banyak sekali macam. Meskipun telah ada bermacam macam jenis, pada dasarnya nasi kebuli merupakan nasi yang dikebuli yang kemudian ditambahi dengan bermacam bumbu untuk kenikmatan yang lebih lagi.

Kecuali itu, masing-masing resep mempunyai ciri khas tersendiri. Kau dapat kok mencoba satu atau mungkin segala macam nasi kebuli yang ada. Bahan-bahannya juga gampang didapat. Berikut ini ialah salah satu resep nasi kebuli yang dapat kau coba lho.

Nasi Kebuli It consists of rice cooked in goat meat broth, goat milk, and clarified butter (most often ghee). Di kota, resep nasi kebuli mudah ditemukan. Terutama kalau Anda jalan-jalan di kota yang dihuni oleh etnis Arab. Nah, terbukti memasak Nasi Kebuli sederhana namun dengan 29 dan 12 langkah mudah, dengan rasa istimewa rasa cafe bisa kau lakukan di rumah. Seperti apa resepnya?

Bahan yang Digunakan untuk Memasak Nasi Kebuli

Sekiranya membahas nasi kebuli, umumnya akan langsung terbayang dengan nasi yang berwarna gelap kecoklatan. Melainkan sebenarnya ada jenis nasi kebuli yang berwarna jelas sebab tak memakai kecap. Nasi kebuli ini disebut dengan nasi kebuli oriental. Bila Anda penikmat makanan gurih, Anda seharusnya mencoba sajian yang satu ini.

Bumbu-bumbu yang dibutuhkan diantaranya adalah minyak wijen, saos tiram, serta kecap inggris. Sebagai isiannya, Anda bisa menambahkan udang kupas, bakso ikan, dan telur ayam. Atau juga bisa mengaplikasikan daging ayam, sosis, dan otak-otak kebuli, serta sayuran seperti wortel, kacang polong, dan jagung pipil. Selain menyehatkan, tampilan nasi kebuli ini bahkan akan jadi lebih menarik.

  1. Persiapan 1 kg dari daging kambing/ sampil kambing.
  2. Yang dibutuhkan 1.5 liter dari air untuk merebus/ presto.
  3. Persiapan 500 gr dari beras basmati.
  4. Yang dibutuhkan 2 sdm dari minyak samin.
  5. Anda butuh 4-5 dari Lombok merah utuh.
  6. Yang dibutuhkan 2 dari serai.
  7. Yang dibutuhkan 6 lembar dari daun kare/salam koja.
  8. Anda butuh 1 buah dari Loomi/ Jeruk kering.
  9. Persiapan 1 batang dari kayu manis.
  10. Anda butuh 10 butir dari kapulaga utuh.
  11. Yang dibutuhkan 5 buah dari cengkeh utuh.
  12. Yang dibutuhkan 2 sdm dari gula.
  13. Persiapan 2-3 sdm dari garam.
  14. Anda butuh 1 sdt dari kaldu jamur bubuk.
  15. Anda butuh 2 buah dari tomat besar.
  16. Yang dibutuhkan 1 sachet dari kara.
  17. Yang dibutuhkan 4 sdm dari susu bubuk.
  18. Anda butuh 100 ml dari air untuk mengencerkan kara.
  19. Persiapan dari Bumbu halus:.
  20. Anda butuh 1 butir dari bawang bombay besar.
  21. Anda butuh 10 siung dari bawang putih.
  22. Anda butuh 10 dari bawang merah.
  23. Yang dibutuhkan 1 ibu jari dari jahe.
  24. Anda butuh dari Bumbu kering:.
  25. Yang dibutuhkan 1 sdt dari jintan.
  26. Anda butuh 1,5 sdt dari ketumbar.
  27. Yang dibutuhkan 1 sdt dari merica.
  28. Persiapan 5 butir dari kapulaga.
  29. Persiapan 3 buah dari cengkeh.

Namun sekarang, makanan asli Timur Tengah ini sudah bisa dijumpai hampir di segala. Ketenaran nasi kebuli ini sudah merambah keseluruh nusantara karena cita rasanya gurih dan enak berkat bumbu bumbunya yang cukup lengkap apalagi dengan tambahan kaldu wow jadi lapar sekarang. Nasi Kebuli yang dibuat dengan bahan – bahan pilihan terbaik dan aroma rempah yang begitu terasa. Menjual Nasi Kebuli, Kambing Mecon, Aneka Masakan Kambing & Paket Aqiqah – Menerima Pengiriman untuk Wilayah Jakarta, Bekasi, Tangerang, Depok, dan sekitarnya.

Cara Membuat Nasi Kebuli

  1. Presto kambing dengan 1,5 lt air hingga empuk. Siapkan bahan2 lainnya.
  2. Bumbu kering: Cuci semua didalam saringan, sangrai diatas wajan tanpa minyak hingga airnya kering kemudian haluskan. Buang kulit kapulaganya, giling hingga halus..
  3. Kupas bahan bumbu halus, kemudian chopper/ blender hingga halus..
  4. Blender tomatnya..
  5. Tumis bumbu halus dengan minyak samin hingga harum, lalu masukkan serai, daun kare, lombok, kayu manis, cengkeh utuh, dan loomi..
  6. Masukkan tomat yg sudah diblender. Masukkan juga bumbu bubuknya. Kemudian tambahkan garam gula dan kaldu bubuk. Aduk hingga rata..
  7. Masukkan kambing dan kuahnya kedalam wajan. Umi ganti wajan yg lebih besar yaa…masak hingga bumbu terserap kedalam dagingnya. Sementara itu cuci beras basmati dan rendam hingga 30 menit..
  8. Setelah bumbu tadi siap masukkan santan yang terdiri dari kara, air dan susu, aduk rata dan masukkan kedalam bumbu kambing, aduk rata pelan2 dan tunggu sekitar 15 menit dengan api sedang hingga mendidih..
  9. Keluarkan daging kambingnya dari kuali, langsung masukkan kedalam penggorengan/frypan. Sat kan dulu air kuahnya, baru ditambahi minyak sayur, goreng hingga agak kering permukaannya boleh kering sekali, disini selera..
  10. Kuahnya ditakar 1l, pindahkan ke panci tebal atau panci yang di alas bawahnya dengan plat supaya nasi ngga cepat gosong.. Isi dengan beras basmati yang sudah direndam air tapi tiriskan dulu airnya ya.. aduk hingga kuah berasnya mendidih ratakan. Tutup panci, lalu Kecilkan apinya ke suhu paling kecil. Tutupnya harus kedap misalnya ini umi pakai tutup yang berat atau diberi pemberat atasnya supaya uapnya tidak keluar..
  11. Nb: jika kuahnya tadi itu kelebihan, lebih dari 1 L maksudnya,.. kelebihannya bisa dijadikan teman makan roti maryam.. sedaapp😍👌.
  12. Tunggu sampai 20 menit jangan dibuka buka. Setelah itu baru dibuka boleh dilihat teksturnya apakah sudah matang nasi nya. Jika belum matang bisa ditutup lagi selama 10 menit. Jika sudah matang, hidangkan dengan kambing goreng diatasnya..

Nasi kebuli merupakan makanan khas Timur Tengah yang memiliki ciri khas bumbu masakan yang kuat. Sekilas memang terlihat seperti nasi goreng, tapi rasanya sangat jauh berbeda. Nasi Kebuli Ayam, satu resep klasik yang lezat untuk dinikmati setiap hari apalagi untuk berbuka puasa ataupun hari raya lainnya. Mari kita simak bersama cara membuatnya di sini! Nasi Kebuli populer di kalangan masyarakat peranakan Arab di Jakarta.

Sebaiknya kita menerapkan nasi yang kering untuk membuat nasi kebuli. Maksud dari nasi kering yaitu nasi yang suadah di masak sehari sebelumnya,sehingga nasi hal yang demikian memiliki tekstur lebih keringdan gampang di masak. Dan bisa di taruh di dalam lemari es atau kulkas selama sebagian jam gar tekstur nasi hal yang demikian kenyal.

Sebaiknya gunakan wajan yang lebih lebar pada ketika memsak nasi kebuli. Ini bertujuan agar segala bahan atau komposisi nasi kebuli dapat tercampur sempurna. Wajan yang lebar tersebut bertujuan untuk mencegah nasi kebuli dan isinya berhamburan keluar dikala di aduk.

Dan pakai api besar pada dikala detik Anda berharap mengakhiri memasak nasi kebuli. Kalau semua bumbu sudah tercampur dengan nasi,baru api bisa di besarkan dengan mengaplikasikan kompor yang bertekanan tinggi, dan nasi di aduk dengan pesat sampai hmapir gosong. Dengan pedoman telah mulai keluar asap dan bebauan bumbu kian tercium.

Karena hal yang demikian bertujuan agar nasi kebuli restaurant rasanya lebih enak dan membuat ketagihan, bebauan dari nasi kebuli hal yang demikian benar-benar berbeda dengan nasi kebuli lainnya yang di masak dengan kompor rumah. Teknik hampir gosong ini sulit di lakukan bagi Anda, yang sebelumnya belum terbiasa memasak nasi kebuli dengan teknik hal yang demikian. Wangi-wangian, kalau sedikit saja terlambat, maka nasi kebuli akan over cook dan tak nikmat untuk di makan.

Satu hal yang perlu di ingat, bahwa nasi kebuli restaurant terasa lebih sedap, sebab wewangiannya yang amat khas. Suhu tersebut di hasilkan dari suhu yang betul-betul panas oleh api ketika pemasakan. Yang tinggi mempunyai tujuan untuk mencegah nasi agar tak melekat pada wajan dan juga membuat nasi menjadi kering.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *