Cara Membuat Nasi Briyani Simple Ala Mamah Mumtaz Super

Nasi Briyani Simple Ala Mamah Mumtaz. Warung Abu Mumtaz menyediakan semua menu makanan yang menggugah selera makan loooo. Dari menu padang pasir sampai menu dinasti. Delicious meat masala (chicken or mutton) served with fragrant Biryani Rice, in the Singapore and Malaysia style., nasi briyani merupakan makanan khas Indonesia, dan pada dasarnya sama seperti makanan Indonesia lainnya yang memiliki banyak sekali macam. Meskipun sudah ada berbagai ragam ragam, pada dasarnya nasi briyani merupakan nasi yang ditim yang kemudian ditambahi dengan pelbagai bumbu untuk kenikmatan yang lebih lagi.

Kecuali itu, masing-masing resep memiliki ciri khas tersendiri. Anda bisa kok mencoba satu atau mungkin semua jenis nasi briyani yang ada. Bahan-bahannya juga mudah didapat. Berikut ini ialah salah satu resep nasi briyani yang dapat kau coba lho.

Nasi Briyani Simple Ala Mamah Mumtaz Although not originally from Malaysia, "Nasi Briyani" has however found its place in South East Asian countries like Malaysia and Singapore. Nasi Briyani, Cara membuatnya nggak seribet yang dibayangkan kog. Makanan khas timur tengah ini simple dan yang pasti hasilnya lezat dan ena. Nah, terbukti memasak Nasi Briyani Simple Ala Mamah Mumtaz simpel namun dengan 29 dan 25 langkah mudah, dengan rasa istimewa rasa cafe dapat kau lakukan di rumah. Seperti apa resepnya?

Bahan yang Diperlukan untuk Memasak Nasi Briyani Simple Ala Mamah Mumtaz

Kalau membahas nasi briyani, umumnya akan seketika terbayang dengan nasi yang berwarna gelap kecoklatan. Namun sebenarnya ada jenis nasi briyani yang berwarna jelas karena tidak menerapkan kecap. nasi briyani ini disebut dengan nasi briyani oriental. Kalau Anda penikmat makanan gurih, Anda sepatutnya mencoba sajian yang satu ini.

Bumbu-bumbu yang dibutuhkan diantaranya adalah minyak wijen, saos tiram, serta kecap inggris. Sebagai isiannya, Anda bisa menambahkan udang kupas, bakso ikan, dan telur ayam. Atau juga dapat mengaplikasikan daging ayam, sosis, dan otak-otak tim, serta sayuran seperti wortel, kacang polong, dan jagung pipil. Selain menyehatkan, tampilan nasi briyani ini bahkan akan jadi lebih menarik.

  1. Persiapan 500 g dari daging sapi atau ayam atau kambing juga boleh, potong dengan ukuran sedang. Cuci bersih.
  2. Anda butuh 400 g dari Beras Basmati, rendam selama 30 menit, cuci bersih dan tiriskan.
  3. Persiapan 1 Buah dari Bawang Bombay, potong dadu kecil-kecil.
  4. Anda butuh 4 cm dari jahe.
  5. Persiapan Secukupnya dari garam.
  6. Yang dibutuhkan Secukupnya dari minyak samin, bisa diganti dengan mentega.
  7. Persiapan dari Bumbu yang dihaluskan:.
  8. Anda butuh 10 siung dari Bawang putih.
  9. Yang dibutuhkan 1 ruas dari kunyit.
  10. Anda butuh 1/4 biji dari Pala.
  11. Yang dibutuhkan 1 sdt dari ketumbar.
  12. Yang dibutuhkan 1/2 sdt dari jinten.
  13. Persiapan dari Bumbu Langsung Cemplung:.
  14. Persiapan 1/2 sdt dari Bubuk merica.
  15. Anda butuh 1 sdt dari kayu manis bubuk.
  16. Anda butuh 3 btr dari bunga lawang.
  17. Yang dibutuhkan 4 btr dari cengkeh.
  18. Anda butuh 5 buah dari cabe hijau besar, belah.
  19. Yang dibutuhkan 6 buah dari Kapulaga.
  20. Yang dibutuhkan 2 tangkai dari daun mint.
  21. Yang dibutuhkan 1 dari Tomat Merah, belah 2.
  22. Persiapan 2 Cube dari kaldu blok.
  23. Anda butuh 1 ruas dari Lengkuas, geprek.
  24. Persiapan dari Pelengkap Nasi:.
  25. Anda butuh Sejumput dari Saffron.
  26. Yang dibutuhkan Secukupnya dari Kismis.
  27. Yang dibutuhkan dari Acar.
  28. Persiapan dari Daun Parsley, rajang halus.
  29. Anda butuh dari Kacang mede atau kacang goreng.

Resep Nasi Goreng Gurih Ala Kondangan. Bunda udah enggak asing lagi kan sama nasi goreng? Resep Nasi Briyani – Wikipedia Indonesia, nasi briyani atau biriani, beriani Cara membuat nasi briyani ini tak seribet yang dibayangkan loh! Cara masaknya pun cukup Kalau suka bisa ditambakan susu, biar hasilnya mirip Nasi Kebuli yang merupakan salah satu masakan ala Timur Tengah dengan.

Cara Membuat Nasi Briyani Simple Ala Mamah Mumtaz

  1. Siapkan semua bahan-bahannya..
  2. Masak air sekitar 2 liter. Biarkan mendidih. Setelah itu masukan irisan dagingnya. Selanjutnya masukan jahe yang sudah digeprek. Tambahkan sejumput garam. Rebus dengan api kecil hingga daging empuk. Usahakan airnya dijaga jangan sampai terlalu asat ya. Jika air sudah asat dan daging masih kurang empuk, bisa ditambahkan lagi airnya sampai benar-benar empuk. Tapi kalau sudah empuk, pastikan air rebusannya masih tersisa kurleb 1 liter. Jangan lupa test rasa garamnya sudah pas atau belum..
  3. Jangan lupa juga, ulek semua bumbu yang dihaluskan sampai lembut. Sisihkan..
  4. Selanjutnya, di wajan terpisah, panaskan secukupnya minyak samin untuk menumis (kira-kira 3-4 sdm. Tumis bawang bombay dan bawang putih geprek sampai harum..
  5. Masukkan bumbu yang sudah dihaluskan, tumis lagi sampai harum. Lalu masukan semua bumbu yang dicemplung. Aduk sampai tercampur rata. Matikan api..
  6. Setelah itu masukkan bumbu tumisan tadi kedalam rebusan daging tadi. Aduk-aduk kembali sampai rata. Masak lagi dengan api kecil selama kurang lebih 1 jam agar bumbu meresap. Ingat jika airnya mulai menyusut kurang dari 1 liter, maka tambahkan lagi airnya. Jika dirasa sudah meresap dan daging sudah berasa bumbunya, segera matikan api..
  7. Selanjutnya, dengan menggunakan saringan besar, saring rebusan daging tadi. Ambil semua daging, sisihkan. Untuk residu bumbu yang tersisa silahkan dibuang saja ya. Sementara kaldunya dipakai untuk memasak berasnya..
  8. Cara memasak beras: tuang 3 gelas air kaldu tadi ke dalam panci (sekitar 750 ml). Rebus sampai mendidih. Jika dirasa kurang asin. Tambahkan lagi sedikit garam. Karena untuk memasak berasnya, garam harus ditambahkan lagi agar nantinya berasa (sama halnya seperti nasi uduk). Lalu masukkan beras..
  9. Pastikan posisi beras 1 ruas jari lebih rendah dari jumlah air ya (diukur pake ruas jari tangan). Jadi kalau airnya kurang bisa ditambahkan lagi dengan air panas (atau air kaldunya jika masih ada). Dan jika terlalu banyak silahkan dikurangi lagi. Tutup panci. Masak dengan api kecil. Kalau air sudah asat segera buka tutup panci..
  10. Lalu tutup kembali panci rapat-rapat dengan menggunakan alumunium foil. Pastikan jangan sampai ada lubang. Setelah itu baru ditimpa lagi dengan tutup pancinya. Masak lagi dengan api kecil..
  11. Kalau terlihat tutup pancinya sudah sedikit berasap, bisa dipastikan nasinya sudah hampir masak. Nah, kalau sudah hampir masak, kita buka dulu alumunium foilnya sebentar, lalu tepat ditengah-tengah nasi di bagian atas kita gali dengan centong, cukup satu centong saja, nasinya kita ambil. Lalu masukkan kismis dan sejumput Saffron tepat ditengah tadi..
  12. Tutup lagi lubang dengan nasi tadi. Ratakan..
  13. Tutup lagi dengan alumunium foil sampai rapat. Timpa dengan tutup pancinya. Masak lagi sampai nasi benar-benar matang dan pulen. kalau sudah pulen, kita buka, maka nasi yang di tengah itu akan berwarna merah. Kita aduk-aduk menggunakan sendok ya biar rata, tapi tetap ditengah bagian atas aja. Gak perlu diaduk sampai ke bawah. Setelah itu tutup lagi agar tetap hangat. Dan nas sudah siap disajikan..
  14. Note: alumunium foil di sini fungsinya agar tekstur nasi cepat matang dan pulen. Juga tidak membuat tekstur nasi terlalu matang (patah-patah). Selain itu kita tidak perlu repot-repot mengukus nasinya. Kalau nasi sudah matang, waktunya menyajikan nasi Biryani..
  15. Cara menyajikannya. Tempatkan nasi yang sudah matang di nampan besar..
  16. NOTE: untuk nasi yang berwarna kuning kemerahan karena terkena saffron kita tempatkan dulu di piring. Begitu juga kismisnya kita sisihkan dulu..
  17. Lalu taruh semua daging tepat ditengah nampan. Selanjutnya nasi berwarna kuning kemerahan tadi kita taburkan di sekeliling daging sampai habis. Begitu juga kismisnya..
  18. Taburi dengan irisan daun parsley dan kacang mede atau kacang Arab kalau ada. Jangan lupa juga sajikan dengan acar..
  19. Untuk cara membuat acarnya: wortel iris dadu, timun iris dadu, bawang merah iris dadu, cabe iris kecil, sejumput gula halus, sedikit garam, lalu 1 sdm perasan lemon. Aduk rata..
  20. NOTE: Jika menggunakan daging ayam, sebaiknya ayamnya cukup dibelah dua. Karena saat disajikan, akan lebih nikmat jika ayamnya dipanggang dulu sebelum disajikan dengan nasinya. Sebelum dipanggang, lumuri ayam dengan saus tomat. Cara membuat sausnya: 2 sdm pasta tomat dicampur dengan 3 siung bawang putih parut, lalu 1 sdm air perasan lemon, 2 sdm minyak zaitun, aduk rata, jika suka pedas bisa ditambahkan bubuk cabe..
  21. Balurkan ke permukaan ayam sampai rata. Panggang sampai merah kecokletan. Dijamin nampol, nikmat..
  22. Tips and Trik Membuat Nasi Briyani: Memasak nasinya juga bisa menggunakan rice cooker ya. Caranya sama dengan memasak nasi biasa hanya saja air yang digunakan tentu saja air kuah dari rebusan daging. Jangan lupa, rendam dulu selama 30 menit agar hasil lebih enak dan pulen..
  23. Jika ingin lebih cepat saat memasak daging, kita juga bisa menggunakan panci presto. Jadi setelah bumbu ditumis, langsung saja campurkan daging dan bumbu lalu masak dengan panci presto. Masak dengan api kecil selama 20-25 menit. Jika daging ayam, cukup 15 menit saja sudah empuk..
  24. Nasi Briyani dengan menggunakan beras lokal bisa gak? Bisa banget.. cara memasak berasnya sama ya. Direndam dulu juga agar hasilnya cepat matang dan pulen. Ini dia penampakan nasi Briyani dengan beras lokal dan daging Kambing. Nyoos enaknya…
  25. Selamat mencoba….

Nasi briyani merupakan salah satu kuliner timur tengah yang cukup diminati di Indonesia. Yuk simak resep nasi briyani ayam asli Arab tersebut di sini. Briyani merupakan menu kuliner yang berasal dari olahan nasi. Biasanya beras yang digunakan termasuk dalam jenis beras basmati. Nasi Beriani Simple Mudah Dan Sedap Cara Masak Nasi Briyani Briyani Recipe Resepi Hari Raya.

Sebaiknya kita mengaplikasikan nasi yang kering untuk membikin nasi briyani. Maksud dari nasi kering yaitu nasi yang suadah di masak sehari sebelumnya,sehingga nasi hal yang demikian memiliki tekstur lebih keringdan gampang di masak. Dan dapat di taruh di dalam lemari es atau kulkas selama sebagian jam gar tekstur nasi tersebut kenyal.

Sebaiknya gunakan wajan yang lebih lebar pada dikala memsak nasi briyani. Ini bertujuan supaya semua bahan atau komposisi nasi briyani dapat tercampur sempurna. Wajan yang lebar hal yang demikian bertujuan untuk mencegah nasi briyani dan isinya berhamburan keluar ketika di aduk.

Dan pakai api besar pada saat detik Anda berharap mengakhiri memasak nasi briyani. Jika seluruh bumbu sudah tercampur dengan nasi,baru api dapat di besarkan dengan menerapkan kompor yang bertekanan tinggi, dan nasi di aduk dengan kencang hingga hmapir gosong. Dengan tAnda telah mulai keluar asap dan aroma bumbu kian tercium.

Karena hal yang demikian bertujuan agar nasi briyani restaurant rasanya lebih sedap dan membikin ketagihan, bebauan dari nasi briyani hal yang demikian benar-benar berbeda dengan nasi briyani lainnya yang di masak dengan kompor rumah. Teknik hampir gosong ini sulit di lakukan bagi Anda, yang sebelumnya belum terbiasa memasak nasi briyani dengan teknik tersebut. Wangi-wangian, seandainya sedikit saja terlambat, karenanya nasi briyani akan over cook dan tidak sedap untuk di makan.

Satu hal yang perlu di ingat, bahwa nasi briyani restaurant terasa lebih enak, sebab aromanya yang sungguh-sungguh khas. Suhu tersebut di hasilkan dari suhu yang sangat panas oleh api ketika pemasakan. Yang tinggi mempunyai tujuan untuk mencegah nasi supaya tak melekat pada wajan dan juga membikin nasi menjadi kering.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *