Tutorial Membuat Nasi Gegok Khas Trenggalek Super

Nasi Gegok Khas Trenggalek. Dalam hal kuliner, kota Trenggalek selain memiliki nasi tiwul yang sudah lama terkenal, ternyata trenggalek memiliki kuliner khas lainnya, yaitu nasi gegok atau masyarakat Trenggalek biasanya menyebutnya sego gegok. Yang menjadi ciri khas dari kuliner khas masyarakat Trenggalek ini adalah rasa pedas dari ikan teri yang menjadi lauk dalam nasi gegok. Trenggalek – Muslimat NU dan Pemkab Trenggalek berhasil memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia) dalam penyajian kuliner lokal nasi gegok terbanyak., nasi gegok adalah makanan khas Indonesia, dan pada dasarnya sama seperti makanan Indonesia lainnya yang mempunyai banyak sekali jenis. Meski telah ada berbagai macam macam, pada dasarnya nasi gegok merupakan nasi yang ditim yang kemudian ditambahi dengan bermacam-macam bumbu untuk kenikmatan yang lebih lagi.

Kecuali itu, masing-masing resep memiliki ciri khas tersendiri. Kau bisa kok mencoba satu atau mungkin segala tipe nasi gegok yang ada. Bahan-bahannya juga gampang diperoleh. Berikut ini merupakan salah satu resep nasi gegok yang dapat kau coba lho.

Nasi Gegok Khas Trenggalek Loveusaha – Ternyata selain Ponorogo, Kabupaten Trenggalek juga memiliki makanan khas yang bernama nasi gegok. Awal terciptanya nasi gegok disini karena hampir semua warganya bekerja sebagai petani di sawah, sehingga para istri membuat nasi gegok untuk bekal makan siang. Trenggalek merupakan salah satu kota yang terletak di wilayah provinsi Jawa Timur. Nah, rupanya memasak Nasi Gegok Khas Trenggalek simpel tapi dengan 5 dan 3 langkah mudah, dengan rasa istimewa rasa resto dapat kau lakukan di rumah. Seperti apa resepnya?

Bahan yang Digunakan untuk Memasak Nasi Gegok Khas Trenggalek

SeAndainya membahas nasi gegok, umumnya akan segera terbayang dengan nasi yang berwarna gelap kecoklatan. Melainkan sebenarnya ada variasi nasi gegok yang berwarna terang sebab tidak mengaplikasikan kecap. nasi gegok ini disebut dengan nasi gegok oriental. Apabila Anda penikmat makanan gurih, Anda mesti mencoba sajian yang satu ini.

Bumbu-bumbu yang dibutuhkan diantaranya yaitu minyak wijen, saos tiram, serta kecap inggris. Sebagai isiannya, Anda dapat menambahkan udang kupas, bakso ikan, dan telur ayam. Atau juga dapat mengaplikasikan daging ayam, sosis, dan otak-otak tim, serta sayuran seperti wortel, kacang polong, dan jagung pipil. Kecuali menyehatkan, tampilan nasi gegok ini malahan akan jadi lebih menarik.

  1. Persiapan dari Nasi putih hangat.
  2. Yang dibutuhkan dari Sambal teri (lihat resep).
  3. Yang dibutuhkan dari Daun kemangi (skip kelupaan ๐Ÿคญ๐Ÿ™).
  4. Yang dibutuhkan dari Daun pisang.
  5. Yang dibutuhkan Tusuk dari gigi/ lidi.

Kota ini terkenal dengan destinasi wisata pantainya yang indah. Makanan khas trenggalek ini mungkin masih belum pernah ditemukan di daerah lain. Nama nasi gegog sendiri merupakan akronim dari "Sego Genem Godhong Gedhang" yang berarti nasi bungkus menggunakan daun pisang.. Nasi gegok memilki cita rasa yang tiada duanya.

Cara Membuat Nasi Gegok Khas Trenggalek

  1. Ambil nasi yang sudah matang, kemudian taruh diatas daun pisang. Taburkan sambal teri dan kemangi yang sudah dicuci (skip) pada bagian tengah nasi. Tutup kembali dengan nasi putih sampai sambal teri tidak terlihat..
  2. Bungkus dan sematkan dengan tusuk gigi/ lidi. Kukus sekitar 20 menit hingga daun berwarna hijau lumut tanda nasi gegok sudah matang..
  3. Nasi gegok sambal teri, siap dihidangkan..

Ratusan nasi gegok disediakan di lapangan itu. Kecamatan Bendungan kan terkenal dengan nasi Gegoknya," katanya. Inilah tampilan sederhana nasi gegok khas Trenggalek.. TRENGGALEK,KOMPAS.com – Selain memiliki sejumlah destinasi wisata alam yang menarik, Trenggalek juga kaya makanan khas. Salah satunya adalah nasi gegog atau biasa dikenal dengan sego gegog.

Sebaiknya kita menggunakan nasi yang kering untuk membuat nasi gegok. Maksud dari nasi kering yaitu nasi yang suadah di masak sehari sebelumnya,sehingga nasi tersebut mempunyai tekstur lebih keringdan mudah di masak. Dan bisa di taruh di dalam lemari es atau kulkas selama beberapa jam gar tekstur nasi tersebut kenyal.

Sebaiknya gunakan wajan yang lebih lebar pada ketika memsak nasi gegok. Ini bertujuan supaya segala bahan atau komposisi nasi gegok dapat tercampur total. Wajan yang lebar tersebut bertujuan untuk mencegah nasi gegok dan isinya berhamburan keluar ketika di aduk.

Dan pakai api besar pada dikala detik Anda ingin mengakhiri memasak nasi gegok. Jikalau semua bumbu telah tercampur dengan nasi,baru api dapat di besarkan dengan mengaplikasikan kompor yang bertekanan tinggi, dan nasi di aduk dengan cepat sampai hmapir gosong. Dengan pertAnda sudah mulai keluar asap dan wewangian bumbu kian tercium.

Sebab tersebut bertujuan agar nasi gegok restaurant rasanya lebih enak dan membuat ketagihan, bebauan dari nasi gegok tersebut benar-benar berbeda dengan nasi gegok lainnya yang di masak dengan kompor rumah. Teknik hampir gosong ini sulit di lakukan bagi Anda, yang sebelumnya belum terbiasa memasak nasi gegok dengan teknik tersebut. Aroma, apabila sedikit saja terlambat, maka nasi gegok akan over cook dan tidak nikmat untuk di makan.

Satu hal yang perlu di ingat, bahwa nasi gegok restaurant terasa lebih sedap, sebab wangi-wangiannya yang sangat khas. Suhu hal yang demikian di hasilkan dari temperatur yang benar-benar panas oleh api dikala pemasakan. Yang tinggi mempunyai tujuan untuk mencegah nasi supaya tak melekat pada wajan dan juga membuat nasi menjadi kering.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *